» , » Peringatan Tegangan Pengisian daya terlalu Tinggi

Peringatan Tegangan Pengisian daya terlalu Tinggi


Melakukan charge ponsel memang wajib dilakukan bagi pemilik ponsel untuk menjamin asupan daya agar ponsel selalu dapat aktif dan melakukan kinerja sebagaimana yang diharapkan. Namun ada saja hambatan dari beberapa pengguna ketika ingin melakukan charging pada smartphone-nya. Salah satu contohnya bila ada peringatan di layar ponsel yang menyatakan ' Tegangan Pengisian daya terlalu Tinggi'. Lalu apa yang harus anda lakukan ? apakah tetap melakukan charge dengan sumber daya tersebut atau mengganti dengan yang lain ?. Mengapa timbul peringatan seperti tampak pada contoh gambar di bawah ini ?


charge attentions

Peringatan dilayar ponsel yang menyatakan bahwa tegangan pengisian daya terlalu tinggi memang suatu fitur khusus yang disematkan oleh sistem android dimana sensor atau perangkat keras yang bersinggungan langsung dengan fungsi filter tegangan mendeteksi adanya arus daya yang tidak sebagaimana mestinya.

Umumnya peringatan tentang tegangan yang terlalu tinggi dikarenakan adanya kerusakan pada sirkuit atau komponen alat charge ponsel. Dimana tegangan output yang dikeluarkan oleh dongle sumber charge terlalu besar dan mencapai batasan yang tidak bisa ditoleransi oleh perangkat keras ponsel.



Apabila charge tetap dilakukan maka resiko yang bisa dialami oleh ponsel adalah kerusakan komponen ponsel, kerusakan baterai sampai ponsel mati total. Walau dalam beberapa kasus proses charge dalam kondisi kelebihan tegangan b=masih bisa ditoleransi oleh ponsel namun tidak dalam jangka waktu lama pula ponsel akan terkena dampak yang tersasa. Ingat, resiko ledakan yang tidak anda bayangkan sebelumnya bisa dialami oleh ponsel kesayangan sobat semua.

Jadi apa yang sebaiknya kita lakukan ketika ingin melakukan charging namun di layar ada tulisan peringatan ' Tegangan pengisian daya terlalu tinggi' ? Segeralah berganti alat charge daripada ponsel kesayangan yang akan menjadi korban dari aksi coba-coba sekedar ingin melakukan charging. Berhati-hati dengan arus listrik tentu lebih baik walau sekecil apapun tegangan yang dihasilkan, karena kecerobohan sekecil apapun bisa menimbulkan ledakan pada komponen ponsel anda. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

6 komentar:

  1. gan nanya peringatan itu selalu muncul padahal hp nya nggak di charge, knapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa kemungkinan sebab bisa terjaddi peringatan tegangan terlalu tinggi walau posisi tidak dicharge yang salah satunya adalah baterai ponsel sudah mengalami kerusakan cell sehingga tegangan yang dihasilkan melebihi 3,7volt, dan juga bisa disebabkan komponen tahanan di dalam ponsel yang rusak...

      Delete
  2. Bang kemaren HP saya , saya charge di mobil . trus keluar tulisan kayak gitu . lalu saya pilih matikan . pas sampe rumah HP nya saya charge kok gak bisa kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba copot baterai terlebih dulu beberapa saat kemudian pasang dan coba charge lagi. Bila tetap tidak bisa, coba pinjam atau pakai charge yg amperenya lbih besar. Bila ternyata tidak bisa charge namun ponsel masih bisa menyala biasanya masalah ada pada jalur komponen yg menuju ke baterai, ada yg bocor/rusak krena tingginya tegangan tidak stabil di mobil

      Delete
  3. gan kalo d peringatan nya higi "pengisian di jeda. suhu batre terlalu rendah" ada solusikah posisi d hp samsung note 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sering ada peringatan baterai seperti itu silahkan coba pakai charge yang mempunyai ampere lebih tinggi mas...

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...