*Popular Topic*

Cara Melihat Kode batang QR akun WhatsApp

» , , , » Sebab Gagal Charge di HP dan cara mengatasinya

Sebab Gagal Charge di HP dan cara mengatasinya



Beberapa pengguna android atau ponsel lain tentu pernah mengalami masalah ketika melakukan charge HP. Dalam keadaan tertentu ponsel gagal untuk dilakukan charge atau bahkan tidak bisa di charge sama sekali. Lalu apa yang harus dilakukan dan apa penyebab ponsel tidak bisa dicharge ? simak ulasannya di bawah ini.

gagal ces / charging baterai ponsel

Pengisian daya ke ponsel beberapa perangkat yang bekerja seperti perangkat yang ada di sumber arus ( alat charge ) dan perangkat atau komponen yang ada di ponsel itu sendiri. Bila Ponsel ddalam keadaan Normal tentu saja Alat charge yang harus dijadikan tujuan pebaikan atau bahkan diganti dengan charge yang normal. Namun bila charge dalam keadaan normal dan bisa melakukan charge terhadap ponsel lain tentu saja ponsel yang harus menjadi perhatian dan dicari penyebabnya di bagian mana arus tidak masuk dan memecahkan permasalahan.

Bagi para pengguna awam yang tidak tahu menahu tentang sirkuit dan komponen kelistrikan tentu saja sangat berbahaya melakukan perbaikan terhadap komponen yang ada di ponsel. Disini saya tidak akan membahas tentang cara bongkar pasang dan service komponen HP namun akan menjelaskan urutan troubleshooting ( pemecahan masalah ) bila ponsel tidak bisa diisi daya.

Apa yang harus dilakukan dan di cek ketika ponsel tidak bisa diisi daya padahal charge dalam keadaan normal /, berikut ini beberapa pemecahan permasalahan yang bisa anda lakukan.

1. Silahkan Lepas baterai ponsel untuk beberapa saat, kurang lebih satu menit-an. setelah itu pasang kembali dan cobalah untuk melakukan charge. Umumnya cara ini bisa mengatasi masalah pengisian daya yang gagal yang disebabkan bukan karena kerusakan komponen HP.

2. Bila cara diatas tidak bisa mengatasi masalah pengisian daya, coba ganti baterai dengan baterai yang lain. Mengganti baterai disini bukan berarti anda harus membeli yang baru, Pinjamlah baterai dari ponsel yang sejenis dari Teman atau kerabat. 


3. Bila setalah mencoba mengganti baterai ponsel tetap tidak bisa diisi daya maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan terhadap socket pengisian. Umumnya salah satu dari kaki-kaki socket pengisian daya putus, tertekuk atau patah. Untuk cara yang ketiga ini saya berasumsi anda bisa melakukan pembongkaran atau pengecekan Komponen ponsel. Bila tidak bisa dan tidak yakin sebaiknya serahkan semua pada service center atau orang yang sudah berpengalaman.

4. Bila socket pengisian daya bagus, baterai juga tidak bermasalah dan sumber charge juga tidak bermasalah maka langkah terakhir tentu saja tersangka ada pada komponen pengisian daya, Bisa tahanan, dioda atau komponen lainnya yang berkaitan langsung dengan masuknya daya yang bisa menjadi masalah. Untuk cara terakhir ini sebaiknya serahkan pada ahlinya.

Dari beberapa urutan pemecahan masalah Ponsel tidak bisa dicharge diatas semoga dapat membantu sobat-sobat yang sedang mengalami masalah Pengisian daya di gadgetnya. Semoga bermanfaat.
loading...

2 komentar:

  1. Knapa di vivo y28 sll ada notip "pengisian daya tidak normal..harap hubungi purna jual" bisa kasih sokusi mas..udah fctory riset jg bersihiin soketnya..mash ttp..
    Mkash sblmby

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah udah dicoba mengganti charge dengan yang lain, ada kemungkinan alat chargenya yang bermasalah atau kelebihan daya

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...