» , » 2 Cara Bedakan Memori Asli dan Palsu

2 Cara Bedakan Memori Asli dan Palsu


Memori Eksternal saat ini memang tidak dapat dipisahkan oleh beberapa pengguna smartphone. Walau dari jaman ponsel jadul sampai sekarang Memori eksternal sangat dibutuhkan, adakalanya pengguna tidak tahu apakah Memori yang dimilikinya asli atau replika alias palsu. Mau tahu bagaimana cara membedakan memori Asli atau palsu di Ponsel android anda ?, Yuk disimak caranya di bawah ini.

Sebelum membahas cara melihat palsu atau aslinya memori ponsel anda, sebaiknya anda perlu tahu dahulu apa akibat menggunakan memori palsu bagi smartphone. Dari beberapa kerugian menggunakan memori palsu adalah Ponsel akan lemot karena spesifikasi dan transfer rate pada memori tidak setara dengan yang tertera pada label box aslinya. Selain itu ponsel anda akan berpotensi untuk kehilangan data, kartu tidak terdeteksi dan kerusakan permanen pada memori.

memori asli

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan apakah memori ponsel anda asli atau palsu. salah satunya dengan cara melihat secara fisik dan yang kedua adalah melihat dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang nantinya akan saya bahas caranya dibawah.

Untuk cara pertama membedakan memori ponsel asli atau tidak, misalnya kartu memori MicroSD, anda bisa melihat dari label fisiknya. Untuk memori asli umumnya cetakan akan timbul dan melekat rapi di boci atas memori. Untuk yang replika atau palsu cetakan biasanya diganti dengan bentuk Hologram saja. Namun ada Beberapa jenis memori yang asli namun memakai Hologram tapi di baliknya tetap ada cetakan yang menempel di bodi memori.

Untuk cara kedua membedakan memori ponsel asli atau palsu adalah memalui aplikasi pihak ketiga yang salah satunya adalah menggunakan aplikasi SD Insign. Aplikasi ini bisa memberikan detail memori dari mulai tanggal produksi, kode produksi, serial number sampai keterangan detail lainnya. bagi yang ingin mencobanya di Ponsel android, silahkan simak caranya di bawah ini.


1. Pertama kali Unduh aplikasi SD Insign dari playstore. atau boleh juga masuk ke link tautannya disini.

2. Setelah anda Install, silahkan buka aplikasinya dan lakukan scan terhadap memori anda.

3. Anda akan melihat hasil scan memori tersebut dan melihat informasi detail didalamnya.


4. Silahkan cocokkan semua informasi di memori tersebut pada label atau kotak pembelian memori, apakah sama serialnya, tanggal manufacture-nya, kapasitasnya dan informasi terkait lainnya.

Bila dengan cara diatas memori anda tidak terdeteksi maka ada 2 kemungkinan yang terjadi, pertama memori anda palsu atau kemungkinan kedua adalah memori belum masuk ke daftar database aplikasi. Semoga tips dan ulasan cara membedakan memori eksternal asli atau palsu diatas bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya seputar Dunia smartphone android di bawah postingan ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...