» , , , » Cara Aman upgrade Android via OTA

Cara Aman upgrade Android via OTA

Memperbarui atau Upgrade Sistem operasi Android memang mudah dilakukan tanpa skill khusus. Namun banyak diantara pengguna yang belum mengetahui akibat dari Upgrade yang gagal, tidak tuntas dan terputus sambungan data ditengah proses upgrade OS. Melakukan Upgrade OS Android walaupun mudah tetap ada resiko yang tidak bisa dianggap enteng. Mulai ponsel tidak bekerja sebagaimana mestinya sampai ponsel mati Total karena kegagalan proses tersebut.


update android

Ada beberapa persiapan yang harus diketahui pengguna Smartphone android sebelum melakukan upgrade sistem. Hal ini dilakukan agar proses upgrade sempurna dan tanpa kesalahan sedikitpun. Ada 2 cara melakukan upgrade sistem yang umum dilakukan para pengguna saat ini yaitu via Software khusus dan via OTA alias langsung tersambung ke internet. Untuk upgradde OS android via software khusus terlalu beresiko bila tidak ditangani oleh para ahli flashing. Pembaruan via OTA sangat disarankan bagi pengguna umum tanpa skill khusus.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan agar proses upgrade sistem operasi android Over The Air ( OTA ) berhasil sukses tanpa terkendala ?, silahkan simak tips singkatnya di bawah ini.


1. Pastikan sambungan data Internet anda berada pada jaringan sebaik mungkin. maksudnya adalah seandainya anda berada pada kondisi menggunakan sambungan internet via WIFI maka pastikan signal yang didapat sebaik mungkin. Bila anda berada pada kondisi menggunakan jaringan operator selular maka pastikan berada pada area 3G dengan signal yang bagus pula. Urungkan nita untuk melakukan pembaruan sistem bila anda beradda pada kondisi signal GPRS atau EDGE.

pembaruan sistem

2. Pastikan kuota data anda masih ada. jangan melakukan upgrade android bila kuota data sudah hampir habis.

3. Matikan atau tutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan memanfaatkan koneksi internet untuk sambungan latar belakang aplikasi.

4. Backup semua data penting anda. Hal ini untuk berjaga-jaga bila suatu saat nanti upgrade sistem tidak berhasil secara sempurna dan anda kehilangan data.

5. Ketika proses upgrade sedang berjalan, pastikan kondisi Baterai dalam keadaan optimal. Lebih baik anda mencolokkan ke sumber arus ( charge ) agar lebih aman.

6. Jangan menghentikan proses upgrade bila sedang berjalan karena sangat berbahaya bila kegagalan karena interupt dari pengguna.

Dari beberapa tips aman Upgrade sistem android diatas semoga dapat membantu sobat semua agar tidak terjadi beberapa kesalahan yang diinginkan. Walaupun saat ini jarang terjadi kegagalan fatal saat Upgrade sistem operasi via OTA, hal tersebut karena sistem ini 'pintar' menjaga beberapa kesalahan yang dilakukan pengguna awam sekalipun. Semoga tips singkat diatas bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...