» , , , » Cara Reboot Router via HP Android

Cara Reboot Router via HP Android

Ponsel pintar Android memang sudah membuktikan dirinya bisa menggantikan perangkat Personal Computer dalam segala hal. Banyak pengguna smartphone yang memanfaatkan ponsel pintar tersebut untuk pekerjaan yang umum dilakukan di PC. Salah satu yang akan Dunia android bahas kali ini adalah melakukan remote Router dari smartphone android. Kali ini saya akan fokus dahulu dengan tutorial bagaimana melakukan reboot router dengan mudah dari ponsel android.



Sebenarnya inti tutorial yang akan saya bahas kali ini bukan hanya sekedar masalah cara reboot router yang umum dilakukan di perangkat PC, namun lebih luas lagi anda setelah membaca tips kali ini akan lebih mengerti tentang cara melakukan remote router jaringan dari perangkat ponsel pintar dengan segala kelebihan yang sama persis dimiliki oleh perangkat komputer.

Tentu saja syarat utama anda melakukan remote Router haruslah perangkat anda ( smartphone ) harus sudah terhubung ke dalam jaringan router tersebut. Layaknya Komputer, Ponsel akan melakukan remote jaringan ( router ) via jaringan wifi yang tersedia pada router tersebut. Dengan begitu anda bisa melakukan apa saja terhadap perangkat router asal akses masuk ke perangkat sudah anda ketahui sebelumnya seperti password dan username dari Perangkat router.


Pada pembahasan kali ini, fokus tutorial hanya membahas tentang cara melakukan reboot router via smartphone android. Fungsi reboot bagi suatu perangkat adalah untuk melakukan booting ulang perangkat karena kebutuhan tertentu, seperti ketika melakukan perubahan terhadap settingan maupun ingin membuat perangkat tersebut refresh kembali dalam menjalankan sistem.

Lalu bagaimana cara reboot router via ponsel android dilakukan ?, simak caranya di bawah ini.

1. Pastikan anda sudah terhubung ke jaringan wifi di tempat anda ( jaringan router berada )

2. Setelah terhubung, silahkan buka browser di ponsel, anda bisa menggunakan browser seperti chrome, mozilla, opera atau browser bawaan android, terserah anda.

Login router di android

3. Setelah browser terbuka, masukkan Internet Protocol ( IP ) address dari Router, umumnya dalam keadaan default router mempunyai IP address seperti '192.168.1.1' atau '192.168.1.254. untuk merek tertentu biasanya tertera pada label yang ada di balik perangkat router.


4. Setelah mengetikkan alamat IP router silahkan tekan masuk ( enter ), bila benar maka anda akan disuguhi login page di beranda awal. silahkan masukkan username dan password router dan masuklah dengan menekan tombol login

Router menu

5. Bila anda sudah berhasil masuk ke dalam menu-menu yang ada di router, silahkan cari menu 'administration' atau 'system management' atau yang seistilah dengan kata tersebut ( lain merek lain istilah dalam menu ), yang intinya kita akan mencari tombol tombol 'reboot'

6. Setelah anda menemukan tombol reboot maka segera tekan tombol tersebut, akan ada konfirmasi apakah anda sungguh akan melakukan reboot atau tidak. tekan saja tombol 'confirm' untuk melakukan reboot router.

Reboot router di android

7. Ketika router melakukan reboot maka koneksi jaringan di ponsel anda juga akan ikut mati, namun tenang saja karena hanya sementara. Setelah router berhasil booting ulang maka jaringan wifi dari router anda akan tersambung kembali di Ponsel.

Bagaimana, mudah sekali bukan ?, semoga tips tentang cara melakukan reboot router via HP android diatas bermanfaat untuk sobat semua. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...