*Popular Topic*

Apakah Virus Ransomware WannaCry menginfeksi HP Android ?

» , , , » Cara salin teks situs yang tidak bisa copas di Android

Cara salin teks situs yang tidak bisa copas di Android


Pernahkah anda suatu waktu ingin melakukan copy (menyalin) teks dari halaman situs yang anda kunjungi namun tidak bisa dilakukan ?. Alih-alih ingin menyalin teks di tampilan layar browser smartphone, menyorot teks-pun tidak bisa dilakukan. Apa yang terjadi ? Apakah ponselnya yang rusak atau situsnya yang rusak ?. Tidak, tidak ada yang salah dengan smartphone atau situs yang anda kunjungi, namun memang ada setelan khusus pemilik situs yang ingin artikelnya tidak dapat disalin oleh pembacanya, baik via PC maupun via smartphone.

Salin teks situs

Teks yang tidak bisa dicopy bahkan disorot-pun tidak bisa, itu merupakan pengaturan pemilik situs yang telah meng-utak atik kode HTML situsnya dengan script khusus sehingga pembaca tidak bisa melakukan copy paste seenaknya. 

Lalu apa yang harus pembaca situs lakukan agar tetap dapat melakukan copy paste (menyalin) isi situs tersebut dengan mudah ?. Dunia android akan memberikan tipsnya untuk anda di bawah ini. 


Berikut ini Cara menyalin (copy) teks di situs yang tidak bisa dicopy paste. Dalam tutorial ini saya khususkan bagi pengguna smartphone android walau pada dasarnya semua langkah di bawah ini nanti bisa dilakukan di gadget lain maupun PC. Kali ini yang akan kita jadikan bahan percobaan adalah menyalin isi teks situs di browser Chrome android.

1. Sayaa beranggapan anda sudah membuka browser chrome dan membuka situs yang tidak bisa disorot / disalin isinya.

2. Klik menu dan pilih opsi setelan
Setelan situs chrime

3. Setelah masuk ke menu setelan, pilih opsi 'setelan situs'

4. Di menu setelan situs ada beberapa opsi yang bisa digunakan untuk menentukan bagaimana nantinya browser bertindak sesuai setelan yang kita tentukan. Silahkan pilih opsi 'java script'

Setelan java script chrome

5. Setelah opsi java script terbuka, anda akan melihat slider dalam keadaan aktif, nonaktifkan fungsi java script tersebut.

Java script chrome

6. Setelah itu kembali ke halaman dimana situs yang tidak dapat anda copy (salin ) isinya. Lakukan refresh page (muat ulang halaman) situs dan mulailah menyorot teks yang ingin anda salin.

Dengan cara diatas pengunjung situs di smartphone akan mudah melakukan opsi copy paste terhadap isi situs. Namun anda harus mengembalikan setelan java script pada browser tersebut kedalam keadaan aktif karena beberapa situs saat ini memerlukan fungsi java script untuk berjalan di browser pengunjung. 

Semoga tips diatas bermanfaat. Jangan lupa baca juga tips dan ulasan seputar android lainnya yang tentu menarik untuk dibaca. Terima kasih.

1 komentar:

  1. wahh cara diatas ga mempan kalo blognya css seleksinya yg dinonaktifkan

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...