» , » Cara Reset Baterai Ponsel secara Manual - Kalibrasi

Cara Reset Baterai Ponsel secara Manual - Kalibrasi

Penggunaan smartphone tentu berkaitan erat dengan penggunaan asupan daya dari baterai sebagai penyuplai arus komponen agar bekerja maksimal. Penggunaan gadget setiap hari juga akan berdampak pada penurunan daya baterai. Dari beberapa kasus, baterai yang digunakan di smartphone perlu untuk dilakukan kalibrasi ulang agar informasi yang disampaikan software dengan fisik baterai tidak terjadi kesalahan. Nah, kali ini Dunia android akan membahas tentang apa itu kalibrasi baterai pada smartphone, apa untungnya dan bagaimana cara mudah melakukan kalibrasi baterai tanpa menggunakan software atau aplikasi apapun. Yuk ikuti ulasannya di bawah ini.



Pada sebagian pengguna smartphone mungkin pernah mengalami dimana informasi status baterai yang ditunjukkan pada layar ponsel tidak sejalan dengan daya yang ada pada baterai itu sendiri. Terkadang ada kasus anda pernah melakukan charging baterai dan sudah menunjukkan status 100 persen, namun pada kenyataannya isi baterai tidak pada kenyataannya. ada juga yang melakukan charging sedimikian lama namun di status smartphone tidak juga nampak penuh dan beberapa kasus kesalahan informasi baterai lainnya.


kalibrasi baterai smartphone

Kesalahan informasi status baterai apakah sudah full atau belum karena ada sistem yang mendeteksi hal tersebut di smartphone. Namun adakalanya sistem ada kesalahan deteksi, walau pada deteksi ststus daya tersebut baterai juga bisa yang mengalami masalah. Jadi bukan karena sistemnya saja yang salah tapi baterai juga bisa memicu kesalahan informasi tersebut.

Untuk mengatasi masalah kesalahan informasi deteksi charging yang tidak sempurna tersbut maka perlu dilakukan yang namanya Kalibrasi ulang. Dimana kalibrasi baterai dilakukan untuk membuat normal dan mensinkronkan antara sistem dan baterai itu sendiri. 

Pertanyaannya, bilamanakah kalibrasi baterai tersebut dilakukan ?, dalam kondisi bagaimana kita perlu melakukan kalibrasi baterai ?
  • 1. Kalibrasi baterai sebaiknya dilakukan apabila anda baru saja mengganti baterai dengan daya yang lebih besar maupun yang lebih rendah dari spesifikasi baterai ponsel.
  • 2. Kalibrasi juga bisa dilakukan apabila pengguna merasa ada yang tidak beres dengan sistem operasi smartphone padahal baterai masih 'dianggap' masih baru dan jarang bermasalah.
  • 3. Kalibrasi juga bisa dilakukan apabila pengguna merasa informasi yang ditampilkan di smartphone dianggap tidak sesuai dengan 'perkiraan' waktu charging baterai.

Kalibrasi bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi maupun tidak sama sekali. pada kenyataannya, kalibrasi yang menggunakan aplikasi kebanyakan menggunakan akses root dan untuk kasus bila sistem sudah salah dalam deteksi daya baterai. Menurut pengalaman saya, Kalibrasi yang paling jitu dilakukan adalah kalibrasi manual tanpa campur tangan aplikasi apapun. Kalibrasi manual bisa anda lakukan apabila anda yakin bahwa sistem operasi di smartphone tidak ada masalah sama sekali dan anda beranggapan baterai yang salah dalam melakukan asupan daya sewaktu proses charging.

Lalu bagaimana cara melakukan kalibrasi baterai secara manual dan mudah ?, Silahkan simak caranya di bawah ini.

1. Silahkan nyalakan ponsel anda, dan lakukan proses charging sampai tanda 100 persen

2. Setelah terlihat full atau penuh, silahkan lakukan reboot, dan bila sudah menyala kembali silahkan pakai ponsel anda sampai daya baterai habis sama sekali dan mati dengan sendirinya.

3. Copot baterai dari ponsel dan tunggu sekitar 1 menit sebelum anda menancapkan kembali ke ponsel.



4. Setelah baterai tertancap, silahkan lakukan charging tanpa menyalakan ponsel

5. Tunggu sampai proses charging menunjukkan presentase 100 persen alias full.

6. pastikan charging yang anda gunakan bisa memutus arus dengan sendirinya ketika proses charging penuh, anda bisa meraba apakah alat charge masih bekerja atau tidak dengan merasakan panas dari alat charging. 

7. Bila anda sudah yakin penuh, silahkan nyalakan ponsel secara normal dan kembali habiskan daya baterai sampai kosong dan ponsel mati dengan sendirinya.

8. Lakukan charging ulang dalam keadaan ponsel mati.

9. Setelah full, maka Baterai anda sudah terkalibrasi secara sempurna. Silahkan gunakan kembali seperti sediakala.

Semoga tips tentang cara kalibrasi baterai ponsel secara manual diatas bermanfaat dan menambah ilmu bagi sobat Dunia android semua. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...