» , , » Cara Restart Otomatis Android tanpa aplikasi

Cara Restart Otomatis Android tanpa aplikasi


Melakukan Restart ulang smartphone ( booting ulang ) memang bermanfaat untuk membuat sistem Fresh kembali serta meminimalkan kegagalan berjalannya berbagai aplikasi di dalamnya. Smartphone android dengan berbagai menu yang bisa dioptimasi sedemikian rupa oleh penggunanya menjadikan setiap user bisa membuat keputusan dan cara tersendiri dalam mengoptimasi gadget kesayangannya. Disini Dunia android akan membahas cara melakukan restart Otomatis tanpa bantuan aplikasi apapun, maksudnya apa ?, yuk simak ulasannya di bawah ini.



Pengguna gadget android umumnya melakukan restart dengan menekan tombol Power atau menggunakan shortcut khusus di layar. Namun cara Manual diatas tentu harus ada interaksi antara pengguna dan smartphone itu sendiri. Ada aplikasi khusus yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan perintah-perintah pengguna dengan timer yang disetting menurut kemauan. Namun cara restart ddengan memanfaatkan aplikasi tentunya semakin menambah asupan memori penyimpanan dan RAM. Apakah ada cara melakukan restart secara otomatis tanpa bantuan aplikasi ?, tentunya ada dan mudah sekali, bahkan tanpa membebani sistem ponsel anda. Mau tahu caranya bagaimana, simak caranya di bawah ini.


1. Silahkan Buka pengaturan atau setelan di smartphone android sobat.

2. cari Menu atau opsi di pengaturan dengan nama 'Jadwalkan Pengaktifan/Penon-aktifan' atau nama sejenisnya sesuai versi sistem android anda.

3. Setelah masuk ke menu diatas, akan ada 2 opsi yang tampak yaitu tanda timer ON dan timer OFF. Maksudnya tanda opsi ON adalah penjadwalan ponsel anda dihidupkan oleh sistem secara otomatis sesuai hari dan waktu yang sudah disetting dan tanda OFF berarti sistem akan melakukan off atau mematikan ponsel secara otomatis sesuai timer yang disetting oleh pengguna.


penjadwalan sistem

4. Karena tujuan kita untuk melakukan restart secara otomatis bukan untuk mematikan ponsel maka menu diatas bisa kita optimalkan penggunannya, caranya adalah Setting dahulu waktu dan hari agar ponsel bisa mati dengan sendirinya, contoh anda menyetting pada waktu 04.30 dan hari dibuat senin sampai minggu alias 7 hari penuh. Maka settingan selanjutnya anda harus menyetting opsi ON pada waktu kurang lebih 04.35 dan setingan hari harus sama selama 7 hari penuh.

penetapan jadwal restart

5. Mengapa ada jarak 5 menit dalam settingan diatas antara opsi on dan off ?, Logikanya sebagai berikut, ketika waktu menunjukkan 04.30 maka ponsel akan melakukan proses mematikan sistem, dan itu membutuhkan waktu bukan ?, makanya penjadwalan ON pada ponsel dilakukan pada jeda 5 menit agar ponsel benar benar sempurna mematikan dirinya. Ketika waktu sudah menunjukkan 5 menit berlalu baru ponsel akan bisa hidup dengan sendirinya. Mudah dan semuanya dilakukan secara otomatis oleh sistem timer android itu sendiri.

Cara penggunaan timer untuk penjadwalan pengaktifan dan penonaktifan ponsel diatas sangat bermanfaat apabila anda ingin melakukan penjadwalan restart otomatis pada ponsel anda daripada harus memanfaatkan aplikasi pihak kedua. Semoga tips diatas bermanfaat.

1 komentar:

  1. Om.. Gw pake sony xperia t2 ultra, androidnya udah lollipop.. Kok menunya gw cari ga ada ya? Help me please!

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...