*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» , , , » Cara Flash Ulang Lenovo A516 Bootloop

Cara Flash Ulang Lenovo A516 Bootloop


Pemilik Smartphone Lenovo seri A516 yang tiba-tiba terjadi bootloop, tidak bisa masuk ke menu atau kerusakan software sejenisnya tentu hal yang paling mudah dilakukan dan menurut admin aman dengan melakukan flashing ulang. Paling sering terjadi kerusakan sistem operasi di lenovo atau smartphone android umumnya hanya tampilnya logo dan tidak mau masuk ke menu sistem ketika pertama kali dinyalakan.



Pengguna Lenovo seri A516 Sebenarnya bisa melakukan hard reset untuk mencoba memperbaiki ponselnya, namun bila hal tersebut tidak bisa dilakukan ddan selalu gagal, maka langkah paling tepat yaitu melakukan flash ulang dengan firmware yang fresh. Seperti diketahui, firmware suatu produk biasanya hanya tersedia di alamat vendor yang bersangkutan, namun dengan banyaknya user yang mengunggah berbagai macam firmware atau yang biasa disebut sebagai Custom ROM, semakin banyak pula pilihan firmware yang bisa dimanfaatkan ketika ingin melakukan flashing gadgetnya.

flash lenovo a516

Disini, Admin Dunia android akan memberikan sedikit tips cara flashing Lenovo A516 dengan memanfaatkan software yang sudah jamak digunakan yaitu Flash Tool. Di tutorial kali ini Admin mengalami sendiri bagaimana cara melakukan flash Lenovo dan bagaimana mudahnya meng-install ulang firmware A516 dengan beberapa klik di layar Komputer. Hasilnya tentu memuaskan dengan ditandai menyalanya smartphone Lenovo A516 milik tean saya.

Bagimana cara melakukan flashing Lenovo A516 Dengan benar ?, silahkan simak tutorialnya di bawah ini.

1. Pertama kali silahkan siapkan Semua Driver yang diperlukan, Kabel data dan tentu saja Komputer yang sudah dinyalakan...hehe. Dalam tutorial kali ini saya menggunakan Windows 8, untuk pengguna windows lainnya sama saja lho.


2. Siapkan driver MTK, Serta software flashing bernama Flash Tool ( kalau bisa versi 5 keatas ), anda bisa mencarinya di google pasti banyak deh... ( maaf tidak mencantumkan link download )

3. Silahkan download firmware untuk lenovo A516, Custom ROM dengan nama 'A516_ROW_S120_140228' ( cari di mbah google ya...hehe )

4. Install dulu driver MTK agar smartphone terdeteksi oleh windows, Kemudian Buka alat flashing-nya yaitu Flash Tool.

5. Setelah aplikasi terbuka, cari file scatter lenovo A516 di folder yang anda unduh.

a516 flashing

6. Siapkan ponsel dalam keadaan off ( mati ), siapkan pula kabe datanya.

7. Di antarmuka aplikasi flash Tool hilangkan centang pada opsi 'preloadder', yang lainnya biarkan saja opsi yang lainnya dalm keadaan tercentang.

8. Setelah semuanya siap, klik tombol Download. Lalu koneksikan Ponsel dengan PC ( ingat !, ponsel dalam keadaan off )

9. Tunggu sampai PC mendeteksi Ponsel, setelah terdeteksi tunggu sampai proses berlangsung sempurna dan menunjukkan notifikasi success ( lihat contoh di bawah ).


10. Ketika proses selesai tunggu sampai ponsel menyala untuk pertama kalinya. Bila berhasil maka ponsel akan menyala Normal kembali. Selamat.

Bagi sobat yang ada pertanyaan seputar Flashing Lenovo A516 bisa share komentarnya, Semoga ulasan dan tips diatas bermanfaat.

loading...

2 komentar:

  1. hpnya mati / ada tulisan lenovonya kak

    ReplyDelete
  2. udah gan , tapi pas ganti kartu kena lagi . tu gimana ngatasi nya gan ?

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...