Trending Topic

Mengatasi HP restart sendiri ketika buka Facebook

» , , » Cara Zoom Halaman situs di Smartphone hanya dengan 1 jari

Cara Zoom Halaman situs di Smartphone hanya dengan 1 jari


Melakukan aktifitas browsing di smartphone android memang layaknya memiliki Komputer mini yang ada di genggaman tangan. Berbicara tentang browsing via smartphone tentu saja ada kaitannya dengan aktifitas zoom halaman situs. Maksudnya apa ?, pernahkah anda berselancar ke sebuah alamat situs dari smartphone dan ketika halaman tersebut terbuka teks yang tampak tidak bisa terbaca atau terlalu kecil ?, kalau jawabannya pernah maka apa yang anda lakukan ?, tentu jari tangan akan melakukan aktifitas pitch alias cubitan pada layar untuk memperbesar dan memperkecil tampilan.

Bicara istilah pitch atau mencubit layar pada halaman situs umumnya bertujuan untuk menyesuaikan besar dan kecil tampilan agar mudah dibaca oleh penggguna. Sebenarnya saat ini banyak sekali situs atau blog yang sudah responsif dalam mengadopsi segala ukuran layar, namun banyak pula situs yang melakukan pengaturan tertentu agar tampilannya tidak support dengan versi mobile dan mengharuskan pengguna berinteraksi dengan layar ponselnya untuk melakukan perbesaran (zoom).

Melakukan zoom dengan mencubit atau menggunakan dua buah jari sudah biasa kita lihat. Pertanyaannya, apakah bisa melakukan zoom atau perbesaran hanya dengan menggunakan 1 jari ?. Tentu bisa dong, mungkin sebagian pengguna smartphone android sudah terbiasa melakukan zoom halaman sebuah situs hanya dengan satu jari tanpa ada aksi cubit atau geser dengan 2 pasang jari.

Bagaimana cara melakukan perbesaran halaman sebuah situs hanya dengan menggunakan satu jari ? simak caranya di bawah ini.

1. silahkan buka halaman situs yang inginkan, dengan catatan halaman situs tersebut tampilannya tidak terkunci alias bisa dilakukan interaksi zoom.

zoom halaman situs

2. untuk memperbesar halaman caranya ketuk 2 kali dan tahan, lalu geser ke arah bawah atau ke arah diagonal bawah.

3. Untuk memperkecil halaman caranya ketuk 2 kali dan tahan, lalau geser ke arah atas atau ke arah diagonal atas.

Lalu apa beda mengetuk dua kali tanpa digeser dengan mengetuk dua kali dengan cara ditahan dan digeser seperti cara diatas ?, Mengetuk dua kali pada layar ponsel umumnya dilakukan untuk melakukan perbesaran maupun kebalikannya dengan batasan dari sistem. Semoga tips singkat cara zoom halaman dengan satu jari di ponsel android diatas bermanfaat buat sobat semua, terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...