Home » , » Mengatasi Sinyal Android sering Hilang

Mengatasi Sinyal Android sering Hilang


Pernahkah tiba-tiba tanda sinyal di salah satu kartu selular yang ada di smartphone anda berranda silang alias no signal ?, padahal kondisi sinyal selular operator yang bersangkutan tidak mengalami masalah dan teman di samping anda tetap bisa menggunakan layanan operator tersebut di gadget-nya. Kalau hal tersebut sering terjadi maka ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian dan perlu solusi untuk mengatasinya. Simak ulasannya di bawah ini.


Tanda sinyal di ponsel yang tiba-tiba hilang atau bertanda silang bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya sebagai berikut :

sinyal android hilang

1. Faktor simCard, maksudnya kartu selular bisa saja sudah mengalami malfungsi atau ada tanda-tanda akan mengalami kerusakan. Di dalam simcard ada semacam chip khusus berukuran kecil dimana ada beberapa sebab yang dapat membuat kinerjanya semakin melemah seperti usia pemakaian, arus dari komponen yang mensuplay simcard tidak stabil, sering mencopot kartu, menekuk kartu dannlain sebagainya. Bila simcard mengalami gejala malfungsi maka bisa dipastikan kinerjanya tidak akan maksimal bahkan cenderung membuat sinyal naik turun.


2. Faktor hardware ponsel, hal inilah yang juga sering terjadi. Trouble pada hardware bagian jalur simcard bisa memicu kegagalan sinyal.

3. Faktor sistem, Bila faktor system yang mengalami masalah maka penanganannya akan lebih mudah dan akan saya jabarkan pada tutorial kali ini.

4. Faktor jaringan operator, kalau hal ini yang terjadi maka anda tidak perlu khawatir karena semua perangkat simcard yang bersangkutan akan normal kembali ketika jaringan sudah stabil.

Bagi anda yang mengalami permasalahan tentang sinyal selular tiba-tiba hilang atau menunjukkan tanda silang maka coba lakukan langkah di bawah ini.
1. Untuk langkah pertama, ketika sinyal tiba-tiba bertanda silang padahal tidak ada masalah pada jaringan dari operator selular dan anda tiddak ingin mematikan ponsel untuk merestart-nya maka coba lakukan mode terbang atau airplane mode kemudian nonaktifkan kembali mode terbang-nya. Dengan langkah ini ponsel akan kembalu melakukan refresh sinyal dari simcard yang terpasang di smartphone anda.

2. Bila langkah pertama tanpa mematikan ponsel dan dengan mode terbang tidak berhasil, coba restart ponsel. Bila setelah restart tetap mengalami tanda silang pada tanda sinyal lanjutkan ke cara ketiga.



3. Langkah ketiga, bila terjadi sinyal hilang dan sulit muncul walau sudah melakukan restart padahal tidak ada masalah pada simcard dan ponsel anda, untuk memastikannya tentu pinjamlah simcard dengan operator sejenis untuk dipasang di ponsel sobat. Nyalakan dan lihat apa yang terjadi, bila tetap tidak bisa lakukan dengan menanam simcard dengan jenis operator lain. Bila berhasil maka anda perlu melakukan setting pencarian manual terhadap kartu simcard yang tadinya tidak terdeteksi atau bermasalah.

4. Untuk sebagian pengguna smartphone tentunya beberapa langkah diatas terlalu menyita waktu dan terkadang tidak tahu mana yang harus dilakukan terlebih dahulu, maka apabila anda yakin bukan hardware atau simcard yang bermasalah tentu cara paling mudah agar kejadian sinyal tiba-tiba hilang tidak muncul lagi sebaiknya anda melakukan reset ulang atau factory reset terhadap sistem ponsel android. 

5. Dan bila dengan melakukan reset tidak mengatasi masalah coba cara terakhir yaitu melakukan flashing agar firmware kembali fresh dan sistem berjalan dengan normal.

Semoga tips troubleshooting masalah hilangnya sinyal di ponsel android diatas bermanfaat. Bagi anda yang punya tips lain untuk mengatasi masalah signal hilang karena sistem yang bermasalah silahkan share opini sobat di kolom komentar di bawah artikel ini. terima kasih.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

1 komentar:

  1. Tanya gan asus zen5 tmen ane stelah ganti lcd sering gitu (ilang sinyal) kira2 knapa gan?

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...