» , , » 10 Tips Hemat Daya Baterai Android tanpa Aplikasi

10 Tips Hemat Daya Baterai Android tanpa Aplikasi


Baterai sebagai sumber arus utama smartphone tentu sangat vital fungsinya. Bila Pengguna ponsel pintar seperti Android, Blackberry, iPhone atau ponsel pintar lainnnya hanya memfungsikan gadgetnya dengan settingan default tentunya daya tahan baterai akan cepat terkuras habis. Sebenarnya ada trik sederhana untuk menghemat daya baterai di smartphone ( dalam contoh kali ini android ) agar hemat daya tanpa aplikasi apapun. Mau tahu caranya ? simak ulasannya di bawah ini.


Sebenarnya anda pengguna gadget android tidak perlu repot-repot untuk mencari dan memasang aplikasi penghemat daya baterai. Pada dasarnya asupan baterai yang digunakan oleh smartphone bekerja menurut beberapa banyak proses yang dilakukan oleh sistem yang berkaitan dengan hardware smartphone itu sendiri. Contoh sederhana, anda menerima pesan BBM secara berkala dari teman yang pada intinya ada proses berjalan sebelum Pesan tersebut sampai dan ditampilkan dilayar. Ada sinkronisasi data dari server BBM dengan smartphone pengguna yang realtime selama ada sambungan data Internet. Di setiap tahap proses itulah daya baterai akan selalu digunakan untuk menunjang kinerja hardware serta aplikasi yang bersangkutan.

tips dan cara menghemat daya baterai android

Lanjut ke pembahasan tentang cara menghemat daya baterai tanpa aplikasi apapun diatas. Ada tips sederhana yang saya yakin pengguna awam pun bisa melakukannya, silahkan simak caranya di bawah ini.

1. Matikan Getar pada smartphone. Getaran di smartphone dihasilkan dari dinamo kecil sebagai medianya. Tentu anda dapat menghemat beberapa persen daya baterai hanya dengan mematikan fitur getar di ponsel pintar bila tidak dibutuhkan. Bayangkan saja, dalam satu hari bila fitur getar tersebut diaktifkan, berapa banyak getar dan putaran dihasilkan yang tentu saja akan menyedot daya baterai smartphone anda.

2. Persingkat masa TimeOut layar. Melakukan pengaturan timeOut layar seminimal mungkin bisa menghemat sepersekian persen dari daya baterai android sobat.



3. Mengatur kecerahan layar seminimal mungkin. Dalam pengaturan kecerahan layar tentu setiap pengguna akan berlainan settingan. Ada yang suka layar reddup dan ada yang suka layar dengan kecerahan yang maksimal. Namun sebisa mungkin lakukan setting kecerahan seminimal mungkin tanpa menyebabkan mata anda lelah. Kecerahan layar berefek besar terhadap asupan daya baterai smartphone.

4. Matikan sambungan data internet Bila tidak dibutuhkan. Seperti diketahui, sambungan data dengan kualitas 3G atau HSPA akan berpotensi besar menyedot daya baterai ponsel anda.

cara hemat baterai android

5. matikan Sambungan WIFI maupun Tethering apabila sudah tidak digunakan. Pengguna bisa melakukan setting terhadap perangkat WIFI di smartphone agar mati dengan jangka waktuyang telah ditentukan bila tidak ada sambungan yang terkait. 

6. Lebih baik NonAktifkan sinkronisasi otomatis dari aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Sinkron data secara otomatis akan secara simultan menyerap daya baterai karena adanya sambungan data internet aktif yang tanpa anda sadari bekerja di balik layer sistem operasi.

7. Biasakan menggunakan Headset ketika melakukan panggilan. Apa bedanya melakukan panggilan dengan headset dan tanpanya ?, ketika anda melakukan panggilan tanpa menggunakan headset daya baterai akan mengcover kinerja microphone dan speaker di ponsel, sedangakan dengan menggunakan headset maka daya yang dibutuhkan untuk mensuplai arus output ke headset lebih kecil.



8. Matikan Bluetooth ketika tidak digunakan. Umumnya pengguna smartphone yang suka melakukan transfer data via bluetooth suka lupa mematikan sambungan ketika tidak digunakan lagi.

9. Aktifkan airplane Mode ( mode pesawat ) ketika sinyal minim atau sulit didapat. Ingat, signal yang minim akan berpotensi menguras daya baterai smartphone karena kinerja hardware akan selalu melakukan searching dan tuning signal agar selalu stabil.

10. Jangan memaksa melakukan panggilan telepone ketika sinyal operator minim.

Dari beberapa ulasan tips menghemat daya baterai smartphone diatas tentu masing-masing pengguna gadget-lah yang berpotensi besar untuk mengetahui berapa besar aktifitasnya terhadap ponsel yang dimiliki. Semoga sedikit tips diatas bermanfaat, terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...