Home » , » 5 Sebab Boros Kuota Internet yang jarang pengguna Android sadari

5 Sebab Boros Kuota Internet yang jarang pengguna Android sadari


Banyak sekali para Pengguna smartphone android yang merasa kuota data Internet miliknya cepat habis. umumnya karena ketidaktahuan tentang koneksi datalah yang kemudian membuat para user android yang masih awam menyalahkan operator selular. Ternyata boros kuota data internet sebenarnya tidak jauh dari kebiasaan pengguna dalam melakukan aktifitas berselancar di dunia maupun social media di pperangkat pintarnya tersebut.

Ada beberapa kalimat yang sering admin dengar ketika pengguna selalu kehabisan kuota data padahal menurutnya tidak pernah melakukan aktifitas yang 'menurut pendapatnya' membikin boros data internet, ternyata beberapa kalimat yang terlontar intinya menyalahkan operator selular dan menyalahkan virus yang menjangkiti ponsel pintarnya. Padahal dengan sistem yang canggih saat ini saya yakin operator selular tidak akan berbuat curang dengan 'mencuri' data internet yang sudah jadi hak pelanggannya. Begitu pula virus, apabila pengguna tidak mendapati hal-hal yang mencurigakan di ponselnya tentu borosnya kuota bukanlah akibat virus yang menjadi terdakwa.


Boros kuota internet data di android

Ada beberapa kebiasaan pengguna smartphone android yang sering menjadikan kuoata data internet tersedot habis tanpa disadari, apa saja itu ?, simak beberapa penyebab boros kuota yang sering luput dari perkiraan sebagian besar pemilik android di bawah ini.
1. Streaming Video dan Music

Nah, kebiasaan melakukan streaming video seperti melihat youtube atau penyedia streaming lainnya sangat berpotensi menyerap kuota data yang anda miliki. Selain streaming video, mendengarkan music online atau radio Online juga berpotensi besar membuat boros kuota data.

2. Banyak aktifitas Social media dan messenger

Memasang berbagai aplikasi social media maupun messenger seperti Facebook, twitter, Google plus, instagram, Line, whatsapp dan lain sebagainya tanpa pengguna sadari akan menyedot banyak kuoata data internet. Ada sistem update secara realtime di balik background layer sistem yang membutuhkan koneksi data internet agar aplikasi tersebut selalu menampilkan notifikasi seccara realtime pula.


boros kuota data internet

3. Video Call

Nah, aktifitas video call ini juga yang menjadi momok bagi pengguna android yang ingin berhemat kuoata data. Melakukan streaming video call sangat berpotensi menyerap kuota internet anda seperti layaknya streaming video di youtube.


4. Game online

Seberapa banyak game online yang anda mainkan ?, semakin banyak aplikasi game online yang anda tanam dan mainkan di smartphone maka dipastikan kuota data kamu akan semakin banyak tersedot. 

5. Update Otomatis

Apakah smartphone anda melakukan update aplikasi secara otomatis tanpa campur tangan anda asebagai pemilik smartphone ?, kalau iya maka sebaiknya matikan saja updata aplikasi otomatis dari playstore agar kuota data anda semakin irit. Walau update otomatis dianjurkan untuk menjaga performa setiap aplikasi namun ada beberapa pengguna yang tidak ingin aplikasi tertentu menerima update karena tidak terlalu sering digunakan.

Nah dari kelima penyebab borosnya kuota data internet yang sering pengguna android kesampingkan diatas tentu harus menjadi perhatian khusus sebelum menyalahkan operator ataupun virus sebagai penyebab utama borosnya kuota data di smartphone anda. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...