» , , » Aplikasi Screen Test Pixel Layar Android

Aplikasi Screen Test Pixel Layar Android


Layar atau screen LCD merupakan alat visual untuk perantara antara pengguna dan operating system. Di smartphone seperti android, layar LCD yang baik tentu yang mempunyai performa dan kepadatan pixel yang tinggi. Pixel itulah yang membangun sebuah warna sehingga menjadi gambar visual yang bisa dilihat oleh mata manusia. di layar atau screen LCD ada suatu istilah dead pixel, apa itu dan bagaimana cara mengetahui adanya dead pixel ( pixel yang mati ) di smartphone android ? dan apa rekomendasi aplikasi untuk mengetahui adanya dead pixel ? simak yuk ulasannya di bawah ini.


test pixel layar android

Dead pixel pada layar LCD smartphone dalam bahasa mudahnya adalah suatu titik ( warna ) yang tidak tampak. maksudnya disini, layar tidak menampilkan titik warna yang seharusnya ada, sehingga yang tampak hanyalah titik hitam. Semakin banyak adanya dead pixel di layar smartphone maka semakin buruk pula tampilan warna yang dihasilkan. Bahkan, bila terlalu banyak pixel yang mati bisa dipastikan di layar anda akan terlihat seperti adanya noda hitam yang menempel.
Bagi anda yang ingin melakukan screen test terhadap gadget miliknya sebenarnya banyak aplikasi yang beredar di Google Play ( palystore ) untuk dijadikan bahan tester. Namun bila anda bingung aplikasi mana yang harus atau layak digunakan untuk melakukan pengetesan screen LCD maka pilih aplikasi yang pengembangnya sudah Populer. Umumnya pengembang aplikasi Populer di playstore ditandai dengan icon khusus berwarna biru di samping nama developernya.


Kali Ini dunia android merekomendasikan aplikasi screen test yang ringan digunakan dari pengembang yang sudah dinilai populer oleh pihak google yaitu Aplikasi Screen Test milik developer amberlog. Bagimana cara melakukan screen test ?, silahkan simak caranya di bawah ini.

1. silahkan unduh aplikasi Screen Test LCD smartphone ( aplikasi Free ), anda bisa mengunduhnya disini.

2. Lalu jalankan aplikasi dan sentuh tulisan ' tap the screen to start'

3. anda akan mendapati warna-warna yang bergantian ketika jari anda menyentuh layar, setiap sentuhan pada layar akan menunjukkan kualitas warna, garis, serta pixel yang tampak di layar.


test screen layar android

4. Bila pada posisi layar tertentu ada kejanggalan warna, garis atau titik pixel yang tidak semestinya maka dipastikan pada area itulah ada kerusakan pada layar anda.

5. Untuk menghentikan aplikasi, anda tinggal menyentuh tombol kembali ( back ) di perangkat anda.

Dengan mengetahui kualitas warna dan juga kualitas pixel yang ditampakkan dalam screen test anda bisa lebih yakin tentang kondisi layar smartphone kesayangan. Screen test juga bisa anda lakukan ketika ingin membeli ponsel bekas ( second ) untuk lebih meyakinkan tidak adanya kerusakan pada layar LCD yang akan dibeli. Semoga tips diatas bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...