*Popular Topic*

Apakah Virus Ransomware WannaCry menginfeksi HP Android ?

» , , » Bagaimana Konsep Umum aplikasi Android Berjalan ?

Bagaimana Konsep Umum aplikasi Android Berjalan ?


Dalam Implementasinya, Aplikasi yang ada di tangan pengguna smartphone android memang menjadi sesuatu program yang sudah dianggap fix alias jadi. Pengguna aplikasi jarang berfikir bagaimana sebuah aplikasi bisa berjalan dengan beberapa perintah dari user Interface bawaan aplikasi itu sendiri. namun bagi seorang Developer atau pembuat aplikasi android, tentu menjadi tantangan tersendiri bagaimana mengetahui proses demi proses dan apa yang terjadi ketika aplikasi tersebut dijalankan nantinya oleh end user ( pengguna ).

Di sesi artikel kali ini Dunia android akan membahas secara sederhana tentang Konsep Umum ketika sebuah aplikasi dijalankan oleh pengguna android. Maksudnya, Agar pengguna tahu bagaimana sebenarnya alur sebuah aplikasi itu bisa berjalan dan apa saja proses yang terjadi di dalamnya. Bagi Seorang programer atau developer aplikasi, tentunya memahami konsep umum berjalannya aplikasi di suatu sistem ( android ) harus yang pertama kali dijadikan pedoman untuk melangkah ke dalam sesi pembuatan aplikasi itu sendiri.


cara kerja aplikasi android berjalan

Admin tidak akan membahas tentang bagaimana membuat sebuah aplikasi, tapi hanya ingin memberikan gambaran umum bagaimana aplikasi android itu berjalan dan apa yang proses yang terjadi didalamnya. Insya Allah Admin akan secara berkelanjutan membuat artikel tentang Pemrograman android dengan segala keterbatasan pengetahuan admin Dunia android yang masih dalam tahap belajar pula.
Lanjut ke pembahasan tentang konsep Umum sebuah aplikasi android berjalan. Ada suatu istilah yang tentu sudah sangat familiar terdengar ketika sebuah program dieksekusi, seperti istilah foreground Process dan Background Proccess. Dimana secara sederhana, istilah background di sebuah sistem dianalogikan sebagai proses yang berjalan di balik layar tanpa pengguna ketahui karena proses yang berjalan untuk mendukung segala aktivitas aplikasi. Lalu bagaimana dengan Foreground ? ini yang akan admin bahas sebenarnya, yuk disimak terus ulasannya.

Sebuah perangkat pintar android hanya mempunyai satu layar sebagai alat interaksi antara pengguna dan sebuah sistem atau aplikasi yang berjalan. Layar utama yang dilihat oleh pengguna inilah yang disebut sebagai foreground. Di tampilan utama ketika anda menghidupkan android tentu secara umum anda akan disuguhi dengan interface HOME. Kemudian, ketika sebuah aplikasi dijalankan, sebagai contoh aplikasi game puzzle, maka apa yang terjadi ? User Interface dari aplikasi tersebut akan menumpuk di atas layar Home ( layar sebelum aplikasi dibuka ). lalu ?


Kemudian ketika suatu contoh di dalam aplikasi puzzle tersebut anda masuk ke menu about maka yang terjadi layar tampilan utama puzzle akan berada di balik tampilan about tersebut, begitu juga seterusnya. Jadi segala opsi yang anda buka dan anda lihat tampilannya di sebuah aplikasi akan menumpuk di atasnya. Itu teori konsep umum antar layar di sebuah program yang berjalan.

Semua proses bertumpuknya antar satu layar dengan layar yang lain tersebut direkam dalam sebuah APPLICATION STACK oleh system activity manager. Jadi dengan menekan tombol Back hanya akan membuat anda kembali ke halaman atau layar yang tertimpa sebelumnya. Hal tersebut sams persis ketika anda sedang melakukan browsing di sebuah browser, tentunya dengan menekan tombol kembali maka halaman yang terbuka sebelumnya akan ditampilkan.

Tampilan demi tampilan yang anda lihat tersebut dinamakan User Interface, dan setiap User interface diwakili oleh aktivitas program yang dinamakan ACTIVITY ( Activity class ). Dimana setiap activity yang menjalankan setiap User Interface tersebut mempunyai siklus yang berjalan seperti Siklus ( akan admin jabarkan di sesi artikel selanjutnya...hehe ). Dimana setiap siklus di dalam sebuah aktivity bisa secara sederhana saya contohkan seperti Start, Resume, Stop, Restart, pause dan lain sebagainya.

Bagaimana, sudah makin gamblang bukan konsep umum sebuah aplikasi dapat berjalan di smartphone android ?, atau malah bingung dengan penjelasan admin diatas ?, Semoga di sesi artikel-artikel selanjutnya ( tentang pemrograman aplikasi android ) saya akan sedikit demi sedikit memperjelas bagaimana sebuah aplikasi android dibangun mulai dari awal sampai pada tangan pengguna itu sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...