*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» , , » Cara Kirim Dokumen File selain PDF dari aplikasi Whatsapp

Cara Kirim Dokumen File selain PDF dari aplikasi Whatsapp


Mungkin ada yang bertanya-tanya tentang menu kirim dokumen di whatsapp yaitu perihal file dokumen yang hanya mensupport file format PDF. Selanjutnya mungkin pengguna aplikasi ini juga akan bertanya-tanya apakah bisa melakukan kirim dokumen dalam format lain seperti file excel ( xlsx ), Word ( Docx ), Compressed file dan lain sebagainya. Jawabannya bisa, Namun ada trik khusus untuk bisa melakukan kirim dokumen format selain PDF dari aplikasi whatsapp. Mau tahu caranya ?, silahkan simak tipsnya di bawah ini.

Sebelum menginjak ke tutorial, terlebih dahulu kita harus mengerti apa itu ekstension file. Dalam bahasa yang mudah, file ekstension adalah format dokumen tertentu agar sistem dapat mendeteksinya. Contohnya, Format gambar dengan ekstensi file jpg, Bmp, tiff dan sebagainya. Lalu format video dengan ekstensi populer seperti mp4, 3Gp, Avi dan lain sebagainya. Begitu juga format file word, excel, file kompresi, file presentasi dan sebagainya.

kirim file dokumen whatsapp


Begitu juga dengan aplikasi whatsapp, ketika pengguna ingin mengirim dukumen maka hanya format berkas PDF saja yang akan ditapilkan dari pentimpanan berkas. File lain tidak akan bisa ditampilkan karena aplikasi sudah membatasi ekstensi file yang seharusnya ditampilkan. 

Ada cara yang sangat mudah untuk mengirim dukumen file selain pdf dari aplikasi whatsapp, silahkan disimak caranya di bawah ini.

1. Silahkan buka aplikasi pembuka berkas di samrtphone anda, aplikasi bisa seperti File Manager, File explorer, Manager Berkas dan lain sebagainya bisa anda gunakan.

2. cari file dokumen yang ingin anda kirim nantinya, dalam contoh kali ini saya akan mengirim file Word dengan ekstensi file Doc.

mengganti nama dokumen


3. Setelah ketemu file-nya, silahkan ganti namanya ekstensinya dengan kata 'pdf' ( tanpa tanda petik ) di akhir nama file setelah tanda titik. Di contoh kali ini saya mengganti kata doc dengan kata pdf.

rename file doc ke pdf


4. Setelah mengganti akhiran ekstensinya silahkan klik Ok dan akan keluar peringatan bahwa nantinya file tersebut tidak akan bisa terbuka. Biarkan dahulu peringatan tersebut dan jawab saja dengan ok / yes.

5. Kembali ke aplikasi whatsapp, silahkan masuk ke obrolan dan pilih salah satu teman yang ingin anda kirimi file. Klik tanda ikon Paper clips pada pojok kanan atas, lalau pilihh Dokumen.

kirim file di whatsapp

6. Nantinya akan tampak nama file yang tadi sudah anda ganti akhiran ekstensinya menjadi PDF, pilih lalu kirimkan.

7. Setelah terkirim dan teman anda menerima dokumen tersebut, maka sekarang tugas teman anda adalah mengganti akhiran ekstensi file tersebut seperti pada awalnya yaitu dengan kata 'doc' ( karena pada contoh diatas file aslinya adalah file word dengan ekstensi doc )

Dengan cara diatas maka dokumen akan kembali bisa dibuka walau pada saat pengiriman dari aplikasi whatsapp namanya sudah diganti dengan ekstensi PDF. Nah, mudah sekali kan ? semoga tips diatas bermanfaat.

loading...

6 komentar:

  1. oohh.. cuma diganti ekstensinya, ya? aku coba. thanks..

    ReplyDelete
  2. Iya mas, cuma diakali dengan mengganti ekstensinya saja..

    ReplyDelete
  3. gan pas ganti ekstensinya tiba tiba muncul notifikasi kalo ganti ekstensi filenya bisa rusak...gimana gan aman gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman sekali mas, setelah ganti ekstensi file dan file sudah dikirim maka ganti lagi ke ekstensi seperti semula agar bisa dibaca...

      Delete
  4. Setelah gnti ekstensi, file tetp gk muncul, gmna y ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau penulisan format ekstensinya benar pastinya muncul mbak.... unutk memastikan coba refresh ulang dahulu file Explorer untuk melihat file dan letaknya di folder mana...

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...