*Popular Topic*

Cara Melihat Kode batang QR akun WhatsApp

» , , , » Tips Aman Menghindari Malware Aplikasi Android

Tips Aman Menghindari Malware Aplikasi Android



Malware tidak saja ada dalam dunia PC tapi juga merambah dalam sistem operasi di smartphone. Seperti gadget dengan OS android yang menjadi sasaran serangan beberapa malware yang menumpang pada beberapa aplikasi tentu saja membuat sebagian besar pengguna ponsel pintar ini was-was ketika akan menginstall aplikasi. Sebenarnya ada tips mudah untuk menghindari serangan malware di smartphone android, apa saja tipsnya ?, simak ulasannya d bawah ini.

malware di aplikasi android

Sebelum menginjak ke tips mencegah malware menjangkiti smartphone android, ada info menarik yang patut pangguna smartphone android ketahui yaitu dari beberapa kasus yang terjadi ternyata infeksi malware banyak diakibatkan oleh aplikasi permainan atau Game. Mengapa demikian ?, sebab aplikasi permainan notabene pengguna dan pemakainya hanya menginginkan permainan tanpa mempedulikan apa saja yang terjadi ketika menginstall aplikasi game secara sembarangan. Rata-rata pecinta game android adalah kalangan anak-anak dan remaja, disitulah para hacker ( cracker ) melihat celah untuk memasukkan malware ke dalam aplikasi.


Di google play sendiri, walau terkenal dengan market yang aman dan dijamin bersih koleksi aplikasinya, ternyata ada saja aplikasi yang lolos masuk mengandung malware, walau pada akhirnya beberapa aplikasi tersebut 'ditendang' dari playstore. kebanyakan aplikasi yang disingkirkan dari playstore adalah aplikasi game seperti yang ada pada lis di bawah ini.

aplikasi yang mengandung malware

Nah, bagi anda yang tidak ingin ada malware yang menyusup ke smartphone android kesayangan silahkan simak tipsnya di bawah ini.

1. Bila menginginkan aplikasi dari market-market seperti playstore dan sebagainya sebaiknya periksa dahulu siapa pengembang ( developer ), berapa ratingnya, berapa banyak pengguna yang telah mengunduh aplikasi tersebut dan simak beberapa testimono dari beberapa pengguna yang telah mengunduhnya. 


2. Lebih aman mengunduh aplikasi adalah dari market resmi yang sudah terkenal ketat dalam menyaring masuknya aplikasi seperti halnya market playstore. Seperti diketahui, segala aplikasi yang ada di playstore tidak akan bisa memanipulasi berapa jumlah pengunduh aplikasi, jumlah ratingnya dan testimono pengguna, karena google sebagai pemilik playstore melakukan pengamanan serta menyeleksi beberapa aplikasi yang disinyalir mengandung malware.

3. Berhati-hati menginstall aplikasi dari file bentuk file apk. Beberapa aplikasi unduhan dari market yang menawarkan file berbentuk apk rawan terhadap malware. 

4. Yakinkan dahulu bahwa aplikasi yang ingin diunduh tidak mengandung malware dengan cara memanfaatkan mesin pencari. maksudnya adalah cari beberapa pengalaman pengguna yang telah menginstall aplikasi tersebut, umumnya aplikasi yang baik maupun bermasalah akan muncul sebagai topik pembicaraan di dunia maya.

5. jangan sembarangan melakukan klik iklan popup yang muncul di sela-sela aplikasi yang berjalan. Kebanyakan masuknya malware adalah dari iklan berbentuk popup.

Beberapa tips diatas memang tidak sepenuhnya mewakili aman tidaknya pengguna android dari serangan malware, namun sekali lagi pengalaman dan kejelian penggunalah yang bisa menentukan apakah aplikasi yang ingin ditanam di gadget disinyalir mengandung script jahat malware atau tidak. Semoga sedikit tips dan ulasan diatas bermanfaat.
loading...

1 komentar:

  1. Handphone saya sepertinya terkena virus, ketika layar terkunci lalu dibuka tiba2 langsung lompat ke iklan2 yg harus di download. Di tekan tombol 'back' tidak fungsi, terpaksa harus menekan tombol 'home'.. discan dengan antivirus bawaan handphone tidak ada apa2 (virus).. bagaimana solusinya untuk mengatasi hal ini ? Terima kasih.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...