» » Tips Memilih Prosesor android Smartphone terbaik

Tips Memilih Prosesor android Smartphone terbaik

Dalam kinerjanya, sebuah smartphone akan bergantung sepenuhnya dengan kualitas hardware didalamnya. Seperti halnya Prosesor, Otak smartphone yang satu ini adalah jeroan ponsel paling vital dan menentukan untuk sebuah kinerja ponsel pintar. Dimana Prosesor merupakan inti segala proses input output ketika operating system berjalan.

Banyak sekali pertanyaan seputar smartphone ketika ingin membeli sebuah ponsel cerdas yang memang harus diketahui jawabannya oleh semua orang yang ingin mendapatkan kualitas smartphone yang diinginkannya. Setidaknya calon konsumen yang ingin membeli ponsel pintar harus tahu apa dan bagaimana memilih hardware smartphone yang memang pas dengan keinginan dan kegunaannya.


tips memilih prosesor android

Di bawah ini ada tips simple memilih jenis prosesor smartphone yang terbaik, apa saja tipsnya ?, silahkan simak jawabannya yuk.
1. CHIPSET

Dimana komponen yang satu ini merupakan base dari prosesor untuk mengatur segala komunikasi antar perangkat yang ada. Banyak sekali jenis dan tipe chipset yang beredar dimana sudah terkenal dengan ketangguhannya seperti Chipset MediaTek, Qualcomm Snapdragon, Helio, Intel dan lain sebagainya. semakin tinggi nilai seri dan tipe yang dikeluarkan oleh vendor maka semakin baik pula kinerja setiap chipset tersebut.

2. FREKUENSI KECEPATAN


Tentunya anda pernah melihat dalam bundle atau kotak penjualan smartphone ada tulisan prosesor x,xGHz bukan ?, disitulah letak frekuensi kecepatan dari sebuah prosesor. Kalau pada awal mula smartphone pintar dahulu prosesor dengan frekuensi 512KHz sudah terlihat begitu bagus namun sekarang ini beberapa vendor telah mengeluarkan jenis prosesor dengan frekuensi kecepatan yang diatas rata-rata mulai dari 1GHz sampai 8Ghz sudah tersedia. 

3. CORE
Jumlah Core dalam sebuah prosesor juga sangat berpengaruh terhadap kinerja multitasking sebuah smartphone. dalam bahasa sederhana apabila semakin banyak core maka alur tugas bisa diatasi di setiap core yang ada tanpa harus menunggu dalam satu jalur core. Contoh sederhana, apabila ada pawai lalu tersedia 4 jalan yang bisa dilalui maka akan semakin bagus untuk trafik daripada hanya ada 1 jalan dengan jumlah pejalan yang sama banyak bukan ?. Nah, total core dalam smartphone sendiri saat ini mulai dari tingkat bawah sampai core teratas seperti Single core ( 1 core ), Dual core ( 2 core ), Quad Core ( 4 core ), Hexa core ( 6 Core ) dan Octa Core dengan 8 core didalamnya. Semakin banyak core maka semakin bagus juga kinerja sebuah smartphone.



4. GPU ( Graphics Processing Unit )

Untuk perangkat yang satu ini juga harus anda perhatikan bila ingin membeli smartphone baru, karena fungsi GPU menentukan seberapa kualitas visual yang dihasilkan pada layar. Semakin bagus GPU maka semakin bagus pula tampilan yang dihasilkan. Banyak pecinta aplikasi game berat dengan kualitas 3D selalu melirik GPU dengan kualitas terbaik untuk hasil maksimal dalam proses rendering gambar.

Nah, dari gambaran diatas tentunya peminat smartphone sendirilah yang bisa menentukan ponsel pintar mana yang harus dipilih, karena semakin tinggi kualitas dan tipe prosesor ( chipset ) serta kualitas GPU maka semakin melambung tinggi pula harga smartphone tersebut. Semoga ulasna diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca Dunia android semuanya.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...