» , , » Mengapa Charge Baterai masuk namun tidak terisi ?

Mengapa Charge Baterai masuk namun tidak terisi ?

Baterai smartphone didesain khusus dan berbeda-beda spesifikasinya berdasarkan besarnya kinerja perangkat. Untuk ponsel dengan layar kecil dan chipset kelas low entry tentu membutuhkan daya baterai yang tidak terlalu besar daripada ponsel dengan layar besar disertai processor dan chpset yang berkinerja tinggi. Begitu juga dengan cara pengisian daya, semakin besar ampere maka charge baterai juga membutuhkan waktu yang semakin lama dan dengan daya yang semakin tinggi pula sebagai pendorongnya.


Walaupun pada perjalanan teknologi baru pengisian daya baterai semakin efisien dari segi waktu dan daya, tapi ada saja permasalahan yang kemudian timbul seiring seringnya melakukan charge baterai seperti yang akan admin bahas kali ini, yaitu melakukan charging baterai namun tidak juga penuh malah semakin habis.

charging sukses namun malah drop

Untuk masalah ketika melakukan charge daya baterai, terkadang pengguna mendapati kondisi bar atau tanda di layar menunjukkan sedang berjalannya proses charging. Namun ketika ditunggu beberapa menit atau bahkan jam bukannya baterai terisi penuh malah sebaliknya, baterai semakin habis bahkan mati karena kehabisan daya. Apa yang terjadi ?, apakah ponsel yang rusak, baterai yang rusak atau alat charging yang mengalami masalah ?. Yuk simak ulasannya di bawah ini.
1. Bila anda mengalami hal diatas yaitu tidak masuknya daya ke dalam baterai ketika dilakukan pengisian, walaupun tanda di layar bergerak naik turun maka bisa jadi alat charging sudah terjadi penurunan kualitas pengisian. Dimana voltase maupun daya yang dihasilkan sudah menurun. Langkah untuk memastikan apakah alat charging yang bermasalah atau tidak urutannya sebagai berikut :
  • a. Pastikan apakah dengan alat charging yang lain memang berhasil mengisi baterai ataukah sama saja ?, bila dengan alat charge lainnya, entah itu anda pinjam teman atau memang punya yang lain, ponsel anda berhasil di charge tentu 'tersangka' utama masalah ini ada pada dongle charge anda. Namun bila dengan perangkat lainnya juga terjadi yang demikian bisa jadi baterai ponsel anda memang sudah mengalami penurunan kualitas komponen baterai seperti sel baterai rusak, IC ataupun komponen tahanan di baterai rusak atau bahkan jalur harware yang menuju baterai terjadi kerusakan.
Baca : Solusi Baterai habis tidak bisa diisi
  • b. Lakukan pengosongan isi baterai, Langkah ini sebagai kalibrasi ulang. Caranya dalam keadaan ponsel hidup biarkan sampai kehabisan daya dan mati dengan sendirinya. Setelah itu lakukan charge dan jangan nyalakan ponsel anda. Bila dalam hitungan menit tanda baterai terjadi kenaikan maka biarkan saja sampai baterai penuh, baru kemudian nyalakan kembali smartphone.


2. Rasakan atau sentuh ponsel dan alat charging, maksudnya apabila alat charge dalam kondisi dingin dan ponselpun demikian bisa dipastikan pengisian daya tidak berhasil walau dilayar ada tanda pengisian daya. Alat charge akan mengeluarkan panas begitu juga ponsel, bila terjadi proses pengisian dan itu normal.

3. Langkah ketiga yang memang admin sarankan untuk mengatasi masalah diatas yaitu mengganti atau mencari alat charge yang output atau ampere-nya lebih tinggi. Contoh, kalau sebelumnya anda menggunakan charge dengan ampere 800mAh maka ganti dengan yang mempunyai output ampere misalnya 1000mAh atau diatasnya. Hal tersebut bertujuan untuk mendorong laju pengisian agar lebih kuat ke dalam baterai.

4. Namun bila setelah mengganti alat charge dengan ampere yang lebih tinggi juga tidak berhasil ada kemungkinan baterai anda yang mengalami masalah. Solusinya, bila baterai smartphone tergolong lepas tanam atau Removable silahkan pinjam dahulu ( tidak usah beli ) baterai teman untuk dipasang di ponsel anda. Bila setelah melakukan pengisian dan berhasil tentu anda harus mengganti baterai lama dengan yang baru.

5. Nah, Bila dengan cara-cara diatas, seperti baterai sudah diganti ataupun alat charge sudah diganti dengan ampere yang lebih tinggi namun belum juga mengatasi masalah pengisian daya, saya sarankan untk membawa ke tukang service ( service center ) untuk melakukan pengecekan jalur komponen pengisian yang rusak.

Umumnya masalah charging yang tidak bisa masuk walau sudah berjam-jam melakukan pengisian disebabkan oleh alat charge itu sendiri. Ada tips dari Admin untuk mengakali alat charge yang sudah menurun kinerjanya yaitu matikan ponsel dan lakukan pengisian daya. Namun bila anda tidak ingin mematikan smartphone dengan alasan tertentu maka ada opsi lain yang bisa anda lakukan, matikan sambungan data internet. Mengapa demikian ?, karena sambungan data apalagi dengan kualitas 3G memerlukan asupan daya yang tinggi sehingga ketika melakukan pengisian, daya yang masuk dan keluar akan lebih banyak daya yang keluar dan menyebabkan baterai tidak akan cepat penuh bahkan semakin berkurang.

2 komentar:

  1. Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, semoga tipsnya baterai diatas bermanfaat :)

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...