Home » , » Tips Beli HP Bekas yang masih Normal dan Murah

Tips Beli HP Bekas yang masih Normal dan Murah


HP second atau ponsel bekas bagi sebagian orang memang menjaddi lahan bisnis yang masih menjanjikan untuk dilakukan disela maraknya ponsel baru dan semakin murah. Di Indonesia sendiri gerai-gerai yang menjajakan ponsel second lebih banyak daripada toko Resmi penjual ponsel baru. Calon pembelinya juga tak kalah banyak peminatnya, dengan tujuan untuk mencari merek HP yang bagus namun dengan harga semurah mungkin menjadi tujuan utama pembeli yang mempunyai uang 'pas-pasan'.


Walau pada hakikatnya membeli HP bekas ( second ) bagai membeli kucing dalam karung, namun yang namanya ingin memiliki ponsel walau bekas pakai-pun tetap menjadi idaman bagi sebagian orang. Tidak seperti membeli motor bekas yang bisa diteliti lebih seksama beberapa komponennya, Membeli ponsel bekas pakai tentu calon pembeli tidak akan bisa melihat jeroan komponen karena memang jarang atau tidak ada yang namanya calon pembeli ingin beli ponsel harus membongkar seluruh cassing hanya untuk melihat beres tidak-nya komponen didalamnya.

HP second yang normal dan murah

Nah, Ada pengalaman dari Admin Dunia android yang dulu juga pernah mempunyai konter HP dan menjual Ponsel bekas Pakai. Dimana admin akan memberikan tips bagi para pembeli tentang cara aman membeli ponsel second agar tidak kecewa di kemudian hari.

1. Ketika anda ingin mengunjungi gerai penjual HP bekas, sebaiknya terlebih dahulu anda harus punya gambaran ponsel apa yang anantinya ingin dibeli. Contoh, anda membayangkan dengan budget 500 ribu ingin membeli ponsel samsung galaxy J atau Cross a7, maka cari informasi tentang merek ponsel tersebut di beberapa media seperti koran ponsel atau situs-situs ponsel second, Cari kriteria batas harga perkiraan dan cari juga berapa harga ponsel tersebut bila dalam kondisi masih baru.

2. Bila sudah siap dengan beberapa info HP yang menjadi rujukan, silahkan datangi gerai penjual HP bekas pakai. Ingat, kunjungi gerai penjual yang memajang banyak barang dagangan dengan berbagai tipe HP, jangan yang barang dagangannya sedikit..hehe

3. Ketika anda menemukan ponsel second yang menjadi idaman, Tanya dahulu berapa harganya dan mulailah menawar serendah mungkin. Sesudah deal dan anda merasa cocok maka saatnya melakukan pengetesan ponsel.

4. Dalam melakukan uji coba ponsel second anda harus ekstra teliti, jangan sungkan untuk menelusuri setiap sudut bodi dan kondisi fisik dari HP second tersebut. Copt cassing penutup baterai dan lihat apakah baterai melembung atau tidak. Bila baterai tidak melembung ada kemungkinan masih normal.


5. Setelah mengecek kondisi fisik ponsel dan fisik baterai, lanjutkan memasang simcard anda. Kalau anda punya 2 simcard akan lebih baik , masukkan saja keduanya dan mulailah menyalakan ponsel.

6. Ketika ponsel dinyalakan lihat dengan seksama, bagaimana kecepatan loading bootingnya, lihat pula apakah ada bintik-bintik pixel di layar yang mati atau tidak. Intinya perhatikan proses pertama kali ponsel loading itu dahulu.

7. Setelah ponsel siap digunakan, telusuri setiap menu yang ada, cek seluruh menu utama seperti settingan pada pengaturan suara, kualitas suara, dan beberapa settingan yang ada.

8. Setelah itu cobalah melakukan panggilan ke nomor laing, lebih mudahnya lakukan panggilan ke costumer service operator selular, biar gratis gitu...hehe. Ketika melakukan panggilan jangan hanya speaker yang anda dengarkan namun lakukan panggilan suara juga agar nentinya anda mengetahui fungsi tidaknya microphone ponsel bekerja atau tidak.

9. Setelah mengetahui kualitas suara panggilan, sekarang saatnya anda melakukan ujicoba menjalankan beberapa aplikasi. Coba buka satu aplikasi dengan terlebih dahulu mengaktifkan sambungan data. Buka saja aplikasi facebook atau browser. Bila lancar dan tidak ada kendala lanjut ke proses pemeriksaan selanjutnya.



10. Silahkan cek fungsi Bluetooth, fungsi wifi, bahkan fungsi konektor usb di lobang pengisian daya. Saya sarankan agar anda membawa ponsel lain entah itu punya teman atau siapa saja yang fungsinya sebagai alat penerima atau pengirim data via Bluetooth maupun Wifi. Bahkan bila anda membawa laptop untuk mencoba sambungan data via kabel itu sah-sah saja, walau jarang yang melakukan hal tersebut namun hal ini untuk memastikan segala fungsi koneksi dan konektor bekerja sebagaimana mestinya. 

11. Bila semua cara diatas sudah terlampaui, saatnya mematikan ponsel, setelah itu hidupkan kembali.

12. Lihat apakah indikator baterai menurun drastis dari awal mula anda mencoba HP tersebut ataukah tidak. Bila indikator daya baterai terlihat menurun secara tidak wajar maka urungkan niat untuk membeli ponsel bekas tersebut dan pilih yang lainnya. pada pemakaian normal tentu dalam hitungan menit indikator baterai tidak akan turun lebih dari 20 persen. mungkin pembeli yang terlalu teliti akan mencoba ponsel tersebut lebih dari setengah jam untuk memastikan normal tidaknya kinerja dan fungsi baterai.

13. Nah, bila semua sudah anda pastikan dan tentu saja feeling anda merasa yakin ponsel tersebut 'sehat' lakukan transaksi pembelian. cek kelengkapan seperti headset, alat charge ataupun dose book-nya sekalian.

Semoga tips jeli dalam membeli HP second diatas bermanfaat bagi anda yang ingin memiliki ponsel bekas pakai yang murah dan tentu saja Normal kinerjanya. Tips yang terakhir bila ingin membeli ponsel bekas, jangan sungkan untuk berlama-lama dalam menelusuri setiap seluk beluk HP yang ingin dibeli daripada nantinya dirumah anda kecewa dibuatnya.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...