Home » , » Cara mudah Hindari Baterai Ponsel Melembung

Cara mudah Hindari Baterai Ponsel Melembung


Bagi pengguna smartphone seperti halnya android atau dengan sistem lainnya tentu Kinerja Baterai sangat berpengaruh terhadap durasi arus yang mensuplai komponen agar tetap dapat menyala dengan sempurna. Salah satu problem pemilik smartphone dalam hal kinerja baterai adalah berubahnya bentuk fisik baterai menjadi tidak normal alias melembung. Disini Dinia android akan membahas tentang bagaimana cara agar baterai smartphone tidak lekas melembung dan bagaimana pula agar umur baterai bisa bertahan lama.



Perlu diketahui, bahwa baterai merupakan peripheral yang sangat vital dalam sebuah kinerja prangkat elektronik dalam hal catu daya. Di dalam baterai sebuah smartphone sendiri terdiri dari sel-sel yang bisa menyimpan arus sedemikian rupa untuk digunakan sebagai suplai daya terhadap perangkat ponsel.

menghindari baterai ponsel melembung

Baterai yang saat ini sudah umum digunakan untuk mensuplai arus smartphone adalah berjenis Lithium ion (Li-ion) dan Lithium polymer (Li-po). dan saat ini masih banyak sekali smarphone yang menggunakan baterai bertipe li-ion sebagai sumber arusnya. Dari jaman dulu, baterai ponsel memang memberi standart tegangan sebesar 3,7volt namun dengan kapasitas Ampere yang berbeda. Semakin besar ampere maka semakin lama pula arus bisa membuat 'hidup' sebuah ponsel.

Kembali ke topik diatas, Kebanyakan para pengguna smartphone melakukan beberapa kesalahan yang tidak disadarinya ketika beraktifitas dengan ponsel pintarnya, dimana berakibat semakin mempercepat menurunnya kinerja baterai sebelum waktu Lifetime-nya terlampaui. Kebanyakan pengguna ponsel mengeluhkan kalau baterainya cepat melembung padahal baru beberapa bulan diganti atau keluhan lain yang intinya ada perubahan terhadap fisik baterai serta menurunnya kinerja dan masa pakai baterai itu sendiri.

Nah, di bawah ini adalah beberapa tips agar baterai smartphone anda tidak cepat melembung :


1. Jangan melakukan panggilan keluar atau menerima panggilan masuk dalam keadaan ponsel melakukan pengisian arus dari charger. Mengapa ?, karena tegangan dan arus yang keluar dan masuk ketika anda menerima dan melakukan panggilan saat baterai sedang melakukan charging tidak seimbang. penyebab inilah yang sering menjadikan penyebab utama baterai cepat melembung. Jadi hentikan kebiasaan melakukan panggilan masuk dan keluar ketika anda sedang melakukan charge, lebih baik copot dahulu alat charging daripada nantinya baterai anda berpotensi rusak dan melembung.

2. Jangan melakukan aktifitas dari aplikasi yang 'berat' seperti bermain game, video call, atau mengolah video ketika anda sedang melakukan charge terhadap baterai.

3. Jangan sering bergonta-ganti alat charge yang tidak anda ketahui kualitasnya. Terkadang alat charge tidak sesuai dengan yang dispesifikasikan oleh pabrikan ponsel anda, entah itu ampere yang terlalu besar atau output tegangan yang teralu besar bisa semakin mempercepat baterai melembung.



4. Jangan tergoda dengan alat charge yang super cepat dalam pengisian daya. mengapa ?, karena sudah pasti output yang keluar dan masuk ke dalam baterai anda akan tidak sebanding dengan spesifikasi baterai di ponsel anda.

5. Walau saat ini baterai sudah sedemikian canggih dan ada pemutus arusnya ketika sudah full charging, tidak salahnya tetap membiasakan untuk mematikan smartphone ketika melakukan pengisian daya. Kalaupun tidak mematikan ponsel, setidaknya matikan dahulu koneksi data sehingga arus yang masuk akan optimal dan cepat dalam pengisian daya.

6. Jangan sering-sering melakukan charging ke sumber arus dari tegangan yang tidak stabil seperti di mobil dengan menggunakan penurun tegangan yang banyak beredar di pasaran. Anda tidak akan tahu berapa tegangan output yang dihasilkan.

Nah, dari beberapa tips agar baterai ponsel tidak ccepat melembung diatas tentunya masing-masing penggunalah yang tahu seberapa seringnya pengisian daya dan keperluan terhadap aktifitas di gadget kesayangannya. Namun Lebih berhati-hati dan selalu mematuhi aturan pengisian yang disyaratkan vendor ponsel akan lebih membuat daya tahan Baterai anda semakin panjang dan tidak rusak sebelum waktunya. Semoga bermanfaat.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

2 komentar:

  1. Ahaa, baterai ponsel melembung, banyak nih punyaku. Asyik nih jadi tahu cara mencegah baterai HP melembung. Makasih mas atas pencerahannya.

    ReplyDelete
  2. Mantavv, jadi hati2 rawat hp masalah baterai. Makasih kakakk

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...