» , , » Cara yang Benar Uninstall Aplikasi di Android

Cara yang Benar Uninstall Aplikasi di Android


Dengan banyaknya aplikasi yang beredar saat ini, Pengguna android terkadang seringkali melakukan proses pencopotan atau uninstall terhadap aplikasi yang terpasang, entah karena memang tidak menyukai aplikasi tersebut atau mungkin juga karena ada trouble aplikasi sehingga mengharuskan user untuk menginstall ulang program agar kembali normal seperti sedia kala. Namun tahukah anda bagaimana cara melakukan pencopotan aplikasi secara benar ?



Android sebagai sistem yang bisa dikatakan sangat User Friendly, bahkan pengguna yang masih awam-pun dengan cepat dapat menguasai berbagai menu yang ada memang menjadikan sistem ini sangat digemari dan paling populer. Seperti pada pembahasan kali ini, proses uninstall terhadap suatu aplikasi bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan menekan tombol 'copot pemasangan' dengan sekali sentuh dan hilanglah aplikasi dari antarmuka smartphone sobat.

cara uninstall aplikasi android

Namun, proses pencopotan ( uninstall ) terhadap aplikasi sebenarnya tidak sedemikian sederhana, Memang tidak salah sih kalau melakukan pencopotan terhadap suatu program dengan perantara tombol yang tersedia karena memang diperuntukkan untuk itu. Tapi ada suatu proses tertentu yang mana aplikasi tidak dapat sempurna bersih dari proses pencopotan karena adanya script setiap aplikasi yang masih menyimpan berbagai settingan dan data aplikasi yang bersangkutan di penyimpanan smartphone sobat.

Sebagaimana diketahui, Ketika aplikasi terpasang ada item penting yang tercatat di penyimpanan ponsel android seperti Total besar aplikasi, Penyimpanan telepon Apl, Data dan penyimpanan Telepon data. Dimana data-data tersebut terkadang tidak akan terhapus secara permanen ketika anda melakukan proses uninstall.


Lalu bagaimana cara yang benar ketika kita ingin melakukan pencopotan pemasangan terhadap aplikasi sehingga ruang penyimpanan data bersih dari sisa data yang masih ada ?, silahkan simak tips mudah di bawah ini.

1. Silahkan buka pengaturan APL (Aplikasi) dan pilih aplikasi mana yang ingin dicopot pemasangannya.

2. Setelah masuk ke antarmuka menu info apl, jangan langsung menekan tombol 'copot pemasangan' tapi eksekusi dahulu tombol 'Hapus data'. 

cara tepat uninstall aplikasi android

3. Setelah menghapus data yang ada, lakukan penghapusan cache data dengan menekan tombol 'Hapus cache'

4. Nah, setelah selesai menghapus data dan clear cache selanjutnya lakukan proses uninstall dengan menekan tombol 'copot pemasangan'. 

Dengan cara diatas semua data yang terkait dengan aplikasi yang telah dicopot dari smartphone anda akan bersih. Namun perlu diingat, apabila anda tidak ingin kehilangan data cadangan seperti halnya data pada aplikasi game atau semisal whastapp maka jangan lakukan proses hapus data ketika melakukan uninstall, karena nantinya setelah anda menginstall aplikasi tersebut kembali maka cadangan data yang ada di ruang penyimpanan tidak akan bisa dikembalikan lagi.

1 komentar:

  1. hmm begitu ya Mas, pantas makin lama hp makin berat,... karena kebiasaan kalau menghapus tanpa memperhatikan "hapus cache" dulu, tips yang bermanfaat Mas.. trims infonya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...