» , , , » Mengatasi Aplikasi Error setelah Update dari playstore

Mengatasi Aplikasi Error setelah Update dari playstore


Pernahkah anda mengalami kegagalan proses berjalannya aplikasi di android sesudah melakukan update atau pembaruan terbaru ?, atau mungkin setelah melakukan update aplikasi malah program tidak berjalan seperti yang kita kehendaki, aplikasi tidak bisa dibuka dan berbagai problem lainnya. apa yang terjadi sebenarnya ?, apakah ada yang salah dengan software yang baru diunduh atau ada sebab lainnya ?, yuk ikuti ulasannya di bawah ini.



Seperti diketahui, bahwa pengembang atau developer melakukan update terhadap project app dengan tujuan utama menyempurnakan segala kekurangan yang ada pada aplikasi buatannya. Banyaknya Bug atau banyaknya laporan kekurangan dari para reviewer bisa menjadikan patokan untuk pengembang aplikasi agar semakin menyempurnakan program buatannya. Intinya, program yang diluncurkan sebagai pembaruan (update) terhadap aplikasi sebelumnya ditujukan untuk memperbaiki masalah, meningkatkan performa, menambah fitur dan banyak lagi yang lainnya.

app error
Di balik itu semua, terkadang developer yang telah meluncurkan update aplikasi terbarunya tidak serta merta bisa menganggap aplikasinya sudah fix dan jauh dari masalah. Tidak mungkin pihak developer akan mencoba satu persatu jenis smartphone yang jumlahnya ribuan untuk sekedar menccari bug atau kesalahan program ketika dijalankan. Lagi-lagi para penggunalah yang akan memberikan testimoni dan ulasan melalui review yang telah disediakan pengembang.


Kembali ke topik diatas, ada beberapa pengguna smartphone yang mengalami trouble terhadap aplikasi yang baru saja diperbarui (diupdate). Bukannya menyelesaikan masalah, malah aplikasi error dan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Untuk mengembalikan ke versi sebelumnya terkadang ada beberapa versi OS android yang tidak mendukung untuk melakukan hal itu. Nah, untuk mengatasi dan memilah apa yang terjadi pada aplikasi yang error tersebut silahkan coba beberapa tips di bawah ini agar aplikasi biasa berjalan dengan sempurna.

1. Bila ada kejadian setelah melakukan update aplikasi dan ternyata aplikasi error, coba bersihkan dahulu cache dan data yang ada. Caranya : masuk ke pengaturan aplikasi, kemudian cari aplikasi yang mengalami error tadi, setelah itu lakukan pembersihan cache dan hapus data. ( lihat gambar di bawah.

hapus cache dan hapus data appp

2. Bila setelah melakukan pembersihan data dan cache namun aplikasi tetap tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya silahkan unnistall (copot) app dari smartphone anda dan unduh kembali aplikasi. coba jalankan sekali lagi, apakah app sudah berjalan sempurna atau masih mengalami error.

3. Bila tetap mengalami masalah, silahkan unnistall lagi aplikasi dan tugas anda adalah mencari aplikasi dari versi sebelumnya. contoh, bila versi aplikasi saat ini memakai kode angka misal 1.0.2 maka cari apk aplikasi dibawahnya misal versi 1.0.1.

4. Cari installer (apk) aplikasi dari market atau tempat-tempat download yang menyediakan berbagai versi apk dari aplikasi yang bersangkutan. coba unduh dan lakukan instalasi di smartphone anda.

5. Bila app sudah bisa berjalan sebagai mana mestinya berarti versi OS android anda tidak support atau bisa jadi tidak didukung oleh versi app yang terbaru. 

Kejadian tidak support-nya sebuah aplikasi terhadap versi android sesudah melakukan update bisa anda laporkan ke pihak pengembang (developer app) agar dilakukan perbaikan kode program. Para developer aplikasi biasanya sangat berterima kasih kepada beberapa pihak yang melaporkan adanya error pada software buatannya.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...