Home » » Efek mencabut paksa baterai ponsel

Efek mencabut paksa baterai ponsel


Banyak pertanyaan dari beberapa pembaca Dunia android mengenai masalah cabut baterai secaraa paksa ketika ponsel masih hidup, apakah bisa berbahaya bagi sistem android ataukah tidak ada masalah ?. Untuk menjawab tentang permasalahan diatas admin Dunia android akan membahasnya kali ini, walau dalam artikel sebelumnya saya pernah mengulasnya dengan singkat. Yuk disimak ulasan tentang cabut paksa baterai di bawah ini.

Efek mencabut baterai

Sudah menjadi suatu hal yang sering dan bahkan harus dilakukan ketika suatu saat ponsel dalam keadaan tidak merespon setiap tidakan penggunanya, layar menyala namun sentuhan dan tekanan tombol pada perangkat ponsel tidak membantu sedikitpun mengatasi masalah. Ketika dihadapkan pada kondisi tersebut maka kebanyakan pengguna smartphone atau pengguna ponsel pada umumnya akan melakukan aksi cabut baterai (melepas baterai) dalam keadaan sistem masih menyala dengan tujuan mematikan paksa ponsel untuk dilakukan reboot ulang.

Padahal ada cara paling mudah mematikan dan mereboot ulang smartphone yangvtidak merespon aktifitas penggunnya tanpa melepas paksa baterai yaitu dengan menekan secara terus menerus tombol power sekitar 7 sampai sepuluh detik, seketika itu pula sistem akan mati dan reboot ulang secara otomatis. 

Namun banyak diantara pengguna smartphone yang tidak sabaran ingin mematikan gadgetnya yang diam membisu hanya dengan aksi cabut baterai paksa. Walau pada beberapa kasus hal tersebut tidak menjadi masalah dan dianggap aman-aman saja bagi sistem, namun ada hal yang perlu diwaspadai dan harus jadi perhatian ketika aksi cabut baterai paksa tersebut sering dilakukan. Apa saja akibat atau efek mematikan ponsel paksa dengan cara mencabut baterai ?, Jawabannya salah satunya ada di bawah ini.


1. Bisa merusak sistem, dimana mematikan ponsel paksa dengan mencabut baterai bisa membuat beberapa file sistem corrupt atau rusak. Perlu diketahui, bahwa ada ribuan file sistem yang bekerja ketika ponsel menyala, bila salah satu file tersebut rusak atau hilang maka sistem akan bekerja abnormal.

2. Kehilangan data, dimana dalam kasus ini semua data yang belum sempat anda simpan akan terbuang atau hilang tanpa ada kesempatan menyimpannya terlebih dahulu.

3. Media penyimpanan bermasalah, maksudnya apa ?, Walau bukan berupa kepingan berputar layaknya hardisk di komputer dan mengandalkan chip IC sebagai media penyimpanan bukan berarti memori di ponsel anda tidak bisa rusak. Bahkan media berupa chip tersebut sangat rentan terhadap arus yang tidak stabil. Dalam kasus ini, ketika anda mencabut baterai secara paksa maka akan ada tegangan atau arus yang terputus secara tiba-tiba dan rentan terhadap seluruh komponen yang sedang bekerja ( dalam hal ini media penyimpanan ).

4. Ponsel bisa mati alias gagal reboot. Disini berkaitan dengan hal nomor 1 diatas yaitu ketika file sistem rusak maka smartphone akan gagal booting.

Dari beberapa efek cabut baterai diatas memang beberapa user bisa saja tidak mengalami masalah, namun sebagai bahan pertimbangan bahwa ada dampak buruk ketika anda sering melakukan hal diatas. Semoga bermanfaat.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...