» , , , » Pengaruh Boros Baterai Game Pokemon Go

Pengaruh Boros Baterai Game Pokemon Go



Pengguna Smartphone saat ini digegerkan dengan adanya game bergenre Realitas tertambah (augmented reality) bernama Pokemon Go. Dimana game yang dikembangkan oleh developer Niantic dengan penyalur resmi The Pokemon Company ini telah membuat berbagai kalangan mulai anak-anak sampai orang dewasa ingin mencoba memainkannya. Lalu apa dan bagaimana sebenarnya yang menjadi daya tarik game dengan karakter lucu-lucu ini didalamnya ? dan apa pula pengaruhnya terhadap kinerja smartphone pemainnya ?, Dunia android akan sedikit membahasnya untuk pembaca semua, yuk disimak.

( Baca : Cara Hemat baterai bermain Pokemon Go )

Sebuah perusahaan sempalan Google yaitu Niantic telah sukses mencipta game yang belum pernah ditemui pengguna android ataupun iPhone saat ini dengan menciptakan permainan yang asik, seru, membutuhkan aktifitas fisik pemain dan tentu saja menarik untuk dimainkan. Charecter kartun Pokemon yang hampir saja punah tiba-tiba melejit kembali berkat game Pokemon Go ini.

game pokemon go

Walau sampai saat artikel ini saya buat, hanya beberapa negara saja yang resmi bisa memainkan permainan menangkap monster-monster lucu yang sudah familiar di dunia seperti Pikachu dan kawan-kawannya. Rilis resmi Pokemon Go saat ini tersedia di Amerika SSerikat, Jerman, Selandia Baru dan Australia. Bahkan karena server yang belum stabil dan seringkali tidak bisa diakses membuat peluncuran di beberapa negara lainnya ditunda sampai saat yang belum ditentukan oleh pihak Niantic.

Pokemon Go mengusung game bergenre Augmented Reality, apa sih artinya ?, game realitas tertambah ini merupakan permainan yang menggabungkan antara dunia nyata dan benda maya ( baik itu 2 dimensi atau 3 Dimensi ). Dengan pembahasan dan bahasa yang mudah dicerna, augmented reality bisa menampilkan sosok atau gambar maya di layar dengan visual yang nyata. Contoh di dalam game pokemon Go itu sendiri, Bila anda mengarahkan kamera ke arah tertentu maka di sana bisa saja akan tampak sosok maya yang digambarkan seperti pikachu atau monster yang sebenarnya di dunia nyata tidak ada sosok tersebut. Itulah gambaran game pokemon dengan genrenya Realitas Tertambah.


Dalam permainannya, Game pokemon pada dasarnya mengharuskan pemain untuk membuat suatu character, menangkap, melatihnya dan melakukan pertarungan ddengan character lain di setiap character yang ada. Jadi semakin anda hebat dalam melatih setiap monster pokemon yang ada maka anda akan semakin kuat dan tidak terkalahkan oleh pihak lain.

Game pokemon Go sendiri bisa dimainkan secara single maupun multi player. Pemain dapat terhubung dengan pemain lain di dekatnya melalui koneksi Bluetooth. alur permainannya secara singkat adalah pihak pemain memilih karakter seperti gaya rambut, warna kulit, mata dan pakaian yang disandangnya. Disini posisi pemain sebagai pelatih sekaligus penagkap Pokemon. 

Setelah itu pemain akan disuguhkan peta atau tampilan di sekitar lingkungan anda sebagai latar permainan nantinya. ingat, Pokemon Go mengharuskan pemainnya mengaktifkan GPS untuk memindai secara jalanan atau tempat tertentu sebagai arena permainan. Di dalam pete tersebut ada yang namanya PokeSttops dan Pokemon Gym, dimana fungsi Pokemon Gym adalah tempat melatih para monster pokemon dan bisa digunakan untuk mempertarungkan dengan pemain lainnya. Sedangkan PokeStops digunakan untuk mendapatkan beberapa item yang digunakan di dalam game.Asiknya, setiap monster pokemon yang ditemui setiap pemain akan selalu berbeda-beda sesuai dengan lingkungan tempat dia berada, seperti di tempat yang penuh air disana akan tampak monster pokemon berjenis air dan lain sebagainya. 

Game pokemon Go ini telah menjadi viral di berbagai media di seluruh dunia, Bukan hanya karena seringnya terjadi beberapa hal konyol yang terjadi pada pemainnya seperti kecemplung selokan, menabrak pohon, kesasar ke tempat yang belum dia ketahui dan lain sebagainya, Namun dipihak lain game ini ternyata sangat rakus akan konsumsi daya baterai smartphone.

Pokemon Go dalam kinerjanya membutuhkan daya tahan baterai yang cukup baik karena banyak hardware yang digunakan untuk melancarkan geme ini seperti GPS, Bluetooth, Kamera, Suara, Getar, GPU, sambungan Data dan sensor Giroskop yang akan selalu aktif di smartphone pemainnya.

Penggunaannya yang mengharuskan layar selalu dalam keadaan terjaga menjadikan kinerja seluruh komponen di ponsel bekerja secara terus menerus dan maksimal. Dimana komponen atau perangkat yang paling rakus menyedot daya baterai di permainan Pokemon Go ini adalah GPS, sambungan data aktif dan Kamera yang selalu menyala. Jadi bagi anda yang memiliki smartphone dengan spesifikasi rendah atau juga baterai tidak mumpuni ( gampang habis ) sebaiknya urungkan saja niat untuk memainkan game ini. Namun bila anda masih ngebet ingin bermain Pokemon Go dengan spesifikasi pas pasan di daya baterainya maka siap-siap saja membawa kesana kemari Powerbank sebagai sumber daya cadangan.

Lalu bagaimana dengan para pengguna smartphone di Indonesia yang ingin memainkan Pokemon Go ? tentu anda bisa mencoba mengunduh versi apk-nya di beberapa situs market apk yang tersebar di internet walau nantinya akan ada fitur tertentu yang tidak bisa digunakan secara penuh karena memang versi rilis resminya belum tersedia di Playstore. O iya, apakah game ini gratis nantinya ? tentu saja gratis walau ada yang namanya app in purchase ( pembelian dalam aplikasi ) untuk beberapa item tertentu seperti item menambah kekuatan, item karakter dan lain sebagainya.
loading...

1 komentar:

  1. Seru tuh pokemon go, tapi jd makin banyak tuh orang yang sibuk sama hpnya di jalan

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...