» » Pengaruh Memory Card Terhadap Kinerja Ponsel

Pengaruh Memory Card Terhadap Kinerja Ponsel



Walaupun sudah banyak smartphone saat ini yang membekali dirinya dengan memori internal berkapasitas besar, Namun tetap saja para pengguna ponsel pintar ingin kapasitas penyimpanan tambahan untuk kebutuhan penyimpanan data. Dengan adanya slot kartu memori yang banyak mendukung kapasitas besar semakin menggoda penggunanya menanam memori eksternal berkapasitas besar pula sebagai media penyimpan data.


Pada pembahasan kali ini admin Dunia android tidak akan membahas tentang berapa besar kapasitas memori Card yang tertanam di smartphone, Namun admin akan sedikit membahas hubungan antara ponsel dan kartu memori terhadap kinerja ponsel itu sendiri.

pengaruh MMC terhadap kinerja ponsel

Perlu diketahui, bahwa semua hardware atau peripheral yang tertancap di smartphone yang mempunyai fungsi khusus memerlukan adanya asupan daya yang diperoleh dari dari baterai ponsel itu sendiri. Selain itu, Perangkat yang tertancap ( dalam hal ini adalah memori card ) juga memerlukan resource khusus di dalam sistem yang berjalan. Sebagai contoh, Di smartphone besar kecilnya memori akan berdampak pada kinerja keseluruhan sistem yang sedang berjalan, Semakin besar kapasitas memori eksternal yang anda punya dan semakin banyak data yang tersimpan di kartu memori tersebut maka sistem akan semakin 'sibuk' mendeteksi semua keberaddaan file tersebut setiap Byte-nya.

Semakin banyak anda melakukan penyimpanan data pada memori eksternal maka sistem secara realtime akan melakukan index dan monitoring secara berkala terhadap semua file yang ada. Ditambah lagi bila di smartphone terinstall aplikasi antivirus, maka kinerja ponsel akan semakin berat mengingat sistem kerja antivirus adalah selalu memonitir secara realtime semua file yang terbaca di memori sistem, memori internal maupun memori eksternal.


Lalu bagaimana dampak bila memori card mengalami trouble atau sering bermasalah dan tetap digunakan di ponsel ?, Tentu dampaknya akan semakin terasa, dimana kinerja smartphone semakin lambat (lemot) padahal tida banyak aplikasi yang sedang dijalankan. Mengapa hal ini terjadi, karena operating sistem dan hardware seperti prosesor akan meningkat kinerjanya untuk selalu memonitor kinerja kartu memori yang bermasalah tersebut. memori eksternal yang sering bermasalah atau bisa juga 'hampir' rusak bisa menyebabkan borosnya asupan daya, Aplikasi yang dijalankan dari memori eksternal akan sering mengalami malfunction atau bahkan ponsel bisa sering macet karena kegagalan baca tulis di media penyimpanan.

Nah, Bila suatu saat ponsel anda sering mengalami masalah seperti kinerja melambat, membuka aplikasi begitu terasa berat bahkan sering not responding maka cobalah solusi pertama yaitu Lepas kartu memori dan nyalakan kembali ponsel anda. Bila kinerja membaik tanpa kartu memori eksternal maka jalan satu-satunya adalah sesegera mungkin mengganti memory Card dengan yang lebih baik.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...