*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» » Cara cepat mendinginkan HP yang terlalu panas

Cara cepat mendinginkan HP yang terlalu panas


Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, Smartphone tidak lepas dari permasalahan panas atau overheat. Sebuah rangkaian komponen-komponen penting yang dialiri oleh arus dan bekerja untuk menjalankan sebuah sistem tentu akan menimbulkan panas sesuai dengan tingkat kinerjanya itu sendiri.



Panas pada HP atau ponsel tidaklah membahayakan dan membuat kerusakan pada fisik gadget. Panas yang ditimbulkan karena kinerja seluruh komponen adalah wajar karena ada Pusat pemrosesan data (CPU) yang bekerja secara intensif untuk menjaga agar sistem tetap tetap terjaga.

Sebuah Prosesor yang menjadi pemicu utama panasnya ponsel saat ini sudah disertai dengan lempeng serta sistem pendingin dengan batasan tertentu. Layaknya pada komputer desktop, Prosesor akan menimbulkan panas semakin meningkat sejalan dengan banyaknya aktifitass program yang dijalankan. Pendinginan yang baik pada bagian prosesor akan membuat sistem tetap terjaga kestabilannya.

ponsel terlalu panas

Di smartphone juga seperti itu, Ketika banyak aktifitas yang berjalan dan seluruh resource digunakan maka akan terjadi peningkatan perintah secara besar-besaran yang harus diproses oleh CPU yang mengakibatkan semakin tingginya suhu yang dihasilkan.

Anda tentu akan bisa membandingkan sebuah antara satu ponsel yang selalu terhubung ke sambungan data dengan kualitas 3G atau 4G dengan ponsel yang tidak mengaktifkan sambungan data, tentunya panas yang dihasilkan kedua gadget tersebut akan berbeda walau dengan tipe dan merek yang sama.

Nah, dari sedikit ulasan diatas lalu timbul pertanyaan, Bagaimana cara yang paling cepat mendinginkan ponsel yang panas namun tidak ingin mematikan ponsel atau bahkan tidak ingin mematikan seluruh aplikasi yang kita jalankan ?. Silahkan ikuti beberapa trik Unik namun tepat guna di bawah ini.


1. Ketika anda ingin sesegera mungkin agar ponsel yang terlalu panas cepat dingin maka salah satu cara paling efektif yang admin anjurkan adalah dengan mematikan sambungan data antara 1-2 menit. Kemudian angin-anginkan agar suhu panas di dalam ponsel cepat merambat keluar.

2. Bila anda tidak ingin memutuskan sambungan data karena alasan tertentu namun ingin selalu bermain dengan gadget anda maka cara paling cepat melakukan pendinginan adalah membuka cassing (penutup) belakang ponsel anda. walau cara ini tidak lazim tentunya hal ini jalan paling mudah menghilangkan panas berlebih pada komponen-komponen dai dalam ponsel

3. Cara efektif ketiga untuk mendinginkan ponsel dengan cepat tanpa mematikannya adalah dengan menghentikan seluruh aplikasi berjalan di balik background sistem. Ketika anda hanya beraktifitas dengan satu aplikasi saja bukan berarti aplikasi yang sebelumnya anda buka berhenti total. Banyak aplikasi yang masih berjalan ketika pengguna selesai menggunakannya. agar tidak ribet, pilih aplikasi yang berjalan dari pengaturan aplikasi. Masuklah ke setting ponsel, Pilih menu APL dan buka pada tab 'Menjalankan'. Silahkan pilih aplikasi mana saja yang mempunyai potensi kinerja tinggi untuk dimatikan dengan menekan tombol 'paksa hentikan' (force close).

Pilihan dari keetiga cara diatas bagi admin paling manjur adalah nomor 1, mengapa ?, ketika kita tidak ingin mematikan ponsel dan ingin menutup aplikasi yang sedang berjalan maka cara paling cepat mendinginkan ponsel addalah dengan mematikan sambungan data. Sebab kinerja komponen untuk memperoleh signal 3G atau bahkan 4G secara terus menerus memerlukan kinerja komponen yang tinggi daripada aktifitas aplikasi itu sendiri.

Namun jangan khawatir tentang panas yang dihasilkan smartphone anda karena pabrikan ponsel telah membekali smartphone sekarang ini dengan sistem pendingin yang bagus dan kualitas prosesor yang mampu menahan panas pada level diatas normal. Tapi, bila anda khawatir akan kesehatan gadget yang terlalu panas maka tidak salahnya melakukan tips diatas untuk menjaga agar kinerja ponsel tetap stabil. Semoga bermanfaat.

loading...

5 komentar:

  1. Kang makasih infonya, nanti saya kembali kesini untuk memperaktekkan ini sedang otw kang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas otewe hati2 pas HPnya panas lho kang....haha

      Delete
  2. Manteb.. tutorialnya..
    Aplikasi pendingin gak di ulas ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ada kok pembahasannya...silahkan si search di archive dunia android atau sitemap...ada aplikasi pendingin android disana gan

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...