» , , » Fitur dan Kelebihan Android Nougat 7

Fitur dan Kelebihan Android Nougat 7

Dunia android akan bahas tuntas Fitur dan Kelebihan Android Nougat 7. Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, akhirnya Google resmi mengumumkan perilisan OS terbarunya yakni Android N. Jika sebelumnya banyak orang menebak kalau OS android ini bernama Android Nutella, ternyata salah. OS Android terbaru ini diberi nama Android Nougat 7.0.

Namun sayangnya untuk perilisan Android Nougat ini baru dilepaskan ke merk dagang andalan google, Nexus. Dengan begitu, bagi anda yang memiliki smartphone selain Nexus diharap bersabar untuk perilisan selanjutnya.

Fitur dan Kelebihan Android Nougat 7

Perilisan Android terbaru oleh perusahaan raksasa teknologi inipun mencuri perhatian masyarakat dunia. Banyak yang bertanya-tanya apa kelebihan Android Nougat ini? Berikut akan kami rangkum beberapa fitur dan kelebihan android Nougat 7.0. 

Kelebihan dan Fitur Android Nougat 7.0

1. Quick Settings Lebih Pintar

Tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya, Android Nougat juga akan tetap memiliki fitur quick settings. Namun quick settings pada android nougat akan dibuat lebih dinamis.

User akan tetap melihat ikon-ikon kecil yang dapat digunakan untuk mengakses langsung ke aplikasi yang sering dibuka. Bedanya, pada Android Nougat pengguna dapat mengatur sendiri setting mana yang akan ditampilkan di menu.


Informasi dalam kotak notifikasi tentang ikon setting dapat diakses hanya dengan menyentuh ikon yang dimaksud. Sedangkan jika anda menyentuh dan menahan ikon, maka anda akan dibawa ke halaman settings untuk diperlihatkan informasi di dalamnya.

Contoh, jika anda menekan dan menahan ikon baterai, maka anda akan melihat informasi tentang sisa daya baterai dalam jam.
2. Menu Recent Apps yang lebih mudah

Pada Android Nougat ini anda dapat melakukan tap 2 kali untuk mengakses aplikasi yang baru-baru ini dibuka. Tombol All Clear juga kembali tersedia untuk menutup seluruh aplikasi yang baru dibuka secara cepat.

OS terbaru ini juga akan membatasi jumlah menu dalam Recent Apps. Aplikasi yang sudah tidak diakses dalam jangka waktu tertentu akan otomatis terhapus atau tidak ditampilkan dalam Recent Apps. Tentunya hal ini sangat baik karena akan menghemat penggunaan RAM atau cache.

Sayangnya tidak ada klarifikasi resmi dari google perihal berapa lama aplikasi yang tidak diakses akan terhapus.

3. Direct Reply

Jika pada Operating System sebelumnya anda harus masuk ke aplikasi dahulu sebelum membalas pesan, maka pada Android Nougat 7.0 anda akan dipermudah.

Anda bisa menjawab pesan langsung dari panel notifikasi yang diterima. Fitur ini tersedia dan dapat diakses untuk seluruh aplikasi messaging yang menggunakan Google API.

Bahkan pada aplikasi tertentu, anda dapat menampilkan kembali pesan yang masuk yang masuk beberapa waktu lalu. Atau anda juga dapat mengabaikannya untuk dibaca lain kali.

4. Dukungan Multi-Window

Dukungan Multi-Window merupakan hal baru dan sangat memudahkan dari Android Nougat ini. Memang fungsi multi window atau multi tasking ini sudah dikenal sejak versi-versi android sebelumnya, namun jika pada versi sebelumnya kita hanya bisa menjalankan satu aplikasi dan aplikasi lainnya disembunyikan, maka pada android nougat kita dapat menjalankan 2 aplikasi secara berdampingan.

Untuk mengakses fitur ini, anda cukup menyentuh dan tahan aplikasi yang diinginkan pada menu Recent Apps. Ketika prompt muncul, seret aplikasi tersebut ke bagian atas layar. Ulangi langkah ini untuk aplikasi lain dan anda akan mendapatkan dua aplikasi yang bisa berjalan dan diakses bersamaan.

Pada komputer tablet, pengguna bahkan bisa menyesuaikan dan mengatur sendiri ukuran jendela aplikasi yang sedang berjalan sesuai keinginan.

Sayangnya tidak semua aplikasi dapat menjalankan fitur ini. Maka dari itu anda diharuskan untuk bereksperiman pada aplikasi anda untuk mengetahui aplikasi mana saja yang dapat menjalankan fitur multi window ini.

5. Panel Settings lebih informatif

Dari segi tampilan, menu settings pada android nougat tidak jauh berbeda dari versi-versi android sebelumnya. Namun perbedaan paling mencolok dari android nougat adalah informasi-informasi singkat yang terdapat di bagian bawah setiap kategori yang dapat dipilih.

Informasi ini akan sangat membantu anda untuk mengetahui status atau hal lain yang berhubungan dengan smartphone anda. seperti contoh jika anda memilih ketegori network, maka akan ada info tentang banyaknya data yang sudah anda pakai dalam GigaByte.

6. Redesigned Notification

Bagi anda yang memiliki kesibukan chatting dan memiliki banyak akses ke berbagai sosial media, mungkin sering dibuat resah dengan notifikasi terlalu banyak. Oleh sebabt itu Android Nougat mencoba memperbaiki masalah ini salah satunya dengan menghadirkan Redesigned Notification. 

Sekarang pengguna dapat lebih tenang pasalnya notifikasi dari satu aplikasi akan disatukan atau dibundel hanya pada satu baris. Misalnya jika anda menerima banyak notifikasi dari BBM, maka sistem akan meringkasnya menjadi satu notifikasi saja. Jika anda ingin membersihkannya, cukup usap notif tersebut ke kiri.

7. Beefier Doze

Fitur Doze adalah fitur yang digunakan untuk menghemat penggunaan baterai agar lebih tahan lama. Sebenarnya fitur ini sudah diperkenalkan pada versi android sebelumnya, Marshmallow. Namun, pada Android Nougat fitur ini lebih dikembangkan.

Layar smartphone akan otomatis mati jika sedang tidak digunakan pada waktu tertentu. Istimewanya lagi, layar smartphone akan otomatis mati ketika ponsel dimasukkan ke dalam kantong, dan layar akan kembali hidup saat smart phone dikeluarkan dari kantong.

8. Night Mode

Setelah sempat dikenalkan pada Android M Preview, Night Mode tiba-tiba tidak dihadirkan dalam android versi Marshmallow. Nah, pada versi Android Nougat ini, google akan kembali menampilkan fitur night mode ini.

Fitur ini memungkinkan sistem mengubah layar smartphone menjadi sedikit kemerahan ketika keadaan kurang cahaya agar mata pengguna lebih nyaman dan tidak terlalu silau saat menggunakannya.

Nampaknya perilisan kembali fitur night mode ini tak lepas dari aroma persaingan Google dengan perusahaan iPhone yakni Apple yang juga menghadirkan fitur serupa.

9. Data Saver

Fitur ini sangat berguna bagi anda yang sering merasa boros kuota internet. Karena fitur ini dapat menekan penggunaan data pada seluruh aplikasi berbasis internet di android. Misalnya jika anda menggunakan browser google chrome sebagai browser default, anda dapat mengaktifkan fitur ini di menu settings , klik data saver, lalu klik ON. Data saver akan menekan penggunaan data anda hingga 50 persen.

10. Gambar dalam gambar

Fitur gambar dalam gambar atau picture in picture (PIP) memungkinkan pengguna untuk menonton atau sekedar menampilkan popup video sambil membuka aplikasi lain. Menurut Google, aplikasi ini nantinya sangat beruna untuk perangkat TV.

11. Lebih Immersive

Pada Android Nougat hadir dukungan baru untuk VulkamTM atau render terbaru untuk API 3D dan platform Daydream atau yang lebih dikenal dengan platform mobile untuk virtual reality.

Dengan VulkamTM, game-game 3D pada smartphone anda akan terasa lebih hidup dari sebelumnya. Tentunya hal ini akan lebih memberi pengalaman menarik bagi anda yang suka berpetualang dengan game-game android.

12. Keamanan

Keamanan pada OS android terbaru ini sudah jauh lebih baik dari versi-versi sebelumnya. Ada fitur bernama File-Based Encryption yang memungkinkan pengguna menentukan file-file pribadi yang dapat disembunyikan dan tidak bisa diakses pengguna lain.

Selain itu, adanya fitur seamless update yang dapat memasang langsung update terbaru sebelum anda melakukan optimasi aplikasi.

Ada pula aplikasi direct boot yang berfungsi untuk membantu smartphone menyala lebih cepat dari posisi mati. Dengan begitu, aplikasi-aplikasi dalam ponsel akan berjalan lebih aman sebelum anda membuka kunci.

Itulah fitur dan kelebihan yang ada pada Android versi terbaru Nougat 7.0 , namun sekali lagi versi ini baru hadir pada merk tertentu saja. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...