Trending Topic

Mengatasi HP restart sendiri ketika buka Facebook

» » Respon yang sering Terjadi ketika Ponsel terlalu panas alias Overheat

Respon yang sering Terjadi ketika Ponsel terlalu panas alias Overheat


Pada beberapa ulasan sebelumnya, admin Dunia Android telah membahas tentang panas yang dihasilkan oleh kinerja ponsel pintar. Dan kali ini admin kembali mengulas tentang apa saja respon yang sering terjadi bila ponsel terlalu panas atau terjadi overheat pada komponen didalamnya.

Walaupun panas yng ditimbulkan oleh kinerja smartphone tidak berdampak buruk dan dianggap normal oleh pabrikannya, namun tidak ada rambu atau tanda khusus yang dipatok oleh vendor ponsel tentang seberapa titik maksimum panas yang bisa ditoleransi oleh smartphone yang sedang menyala atau digunakan beraktifitas. 


Tidak adanya patokan suhu yang pasti itulah yang menyebabkan beberapa pengguna hanya menggunakan feeling dan naluri perasa di telapak tangan tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Mungkin saja anda yang terbiasa memegang ponsel dalam keadaan panas akan bilang kalau ponsel seseorang yang menganggap gadgetnya overheat bahwa hal itu sudah biasa.

Admin tidak akan membicarakan tentang batasan panas yang ditimbulkan oleh kinerja hardware smartphone, namun akan fokus pada ciri-ciri yang umum terjadi ketika ponsel melebihi ambang panas yang bisa ditoleransi oleh hardware. Apa saja ciri-cirinya ?, Simak jawabannya dk bawah ini.

1. Tanda yang sering terjadi ketika HP atau gadget anda terlalu panas adalah tiba-tiba ponsel restart dengan sendirinya. Seperti halnya di PC, kinerja processor yang terlalu panas akan memantik sistem agar melakukan restart ulang secara paksa. Bila setelah perangk menyala dan kondisi masih overheat maka sistem akan restart lagi karena mendeteksi panas yang berlebih. 

Tentu kejadian restart tiba-tiba tersebut bukan karena gagalnya aplikasi, sistem atau adanya aktivitas virus. Namun hal umum pertama ini juga bisa dijadikan patokan apakah ponsel terlalu panas atau tidak.

2. Pons tiba-tiba melambat kinerjanya, hal ini sering terjadi ketika banyak aplikasi yang berjalan dan gadget terlalu panas.

3. Adanya notifikasi dari aplikasi pihak ketiga yang sering muncul. Maksudnya, apabila anda menanam aplikasi baterai meter seperti DU Batery dan sejenisnya maka akan selalu ada popup yang tampil dan mengganggu tampilan ketika suhu ponsel mulai naik. Tapi hal ini menurut saya malah menguntungkan bagi pengguna agar selalu memperhatikan suhu yang ditampilkan oleh aplikasi tersebut.

4. Respon gerakan pada layar sedikit melambat, tentunya hal ini terkait dengan kinerja hardware yang tinggi dan berakibat menurunnya kinerja pada sebagian komponen ponsel.

5. Signal dan kualitas suara menurun. Sama seperti halnya nomor 4, kinerja perangkat didalam ponsel yang tinggi yang berimbas pada kenaikan suhu hardware akan membuat kinerja sebagian perangkat menurun bahkan bisa Not Responding sama sekali.

Mungkin itu saja yang bisa admin bahas pada sesi kali ini, semoga ulasan tentang beberapa ciri atau tanda yang kerap terjadi dikala ponsel terlalu panas diatas bisa bermanfaat untuk pembaca setia Dunia Android. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...