» , , » Solusi Masalah ketika Mengakses StreetView di Ponsel

Solusi Masalah ketika Mengakses StreetView di Ponsel

Pengguna google maps saat ini sudah semakin dimanjakan dengan adanya mode streetview yang hampir merambah ke pelosok desa sekalipun. Di beberapa halaman social media, para netizen seringkali mengunggah detail tempat beserta screenshoot tempat yang dijelajahi untuk sekedar saling berbagi dengan teman lainnya. Di Artikel terdahulu Dunia Android sudah membuat tutorial tentang cara menggunakan fitur Streetview di smartphone android dan sekarang admin akan mengulas apa saja yang menjadi kendala dalam mengakses streetview itu sendiri.

Bagi sebagian pengguna yang masih baru mengenal apa itu google maps dan apa itu streetview tidak jarang menemukan kendala dalam menjalankan mode streetview di smartphone kesayangannya. Banyak pembaca Dunia android yang memberikan pertanyaan tentang mengapa streetview tidak bisa diakses dan jala tidak tampak ketika digunakan. Nah, disini Dunia android akan mengulas berbagai kendala ketika menggunakan mode streetview di google maps.

streetview maps google
Mobil Streetview Maps Google

Berbagai kendala yang mungkin terjadi ketika mengakses google maps beserta jawabannya saya jabarkan di ulasan berikut ini.
1. Mengapa ketika mengakses google maps di layar yang tampak bukan tempat saya berada ?

Jawaban : Silahkan aktifkan dahulu fitur GPS pada ponsel anda, kemudian tunggu beberapa detik agar GPS bekerja mendeteksi lokasi akurat anda saat itu. Setelah Posisi terdeteksi maka secara otomatis nantinya tempat atau tanda lingkaran akan bergeser secara otomatis dari posisi sebelumnya.

Bila anda tidak menggunakan GPS namun tetap saja ingin beraktifitas dengan google maps tentu bisa dan sah-sah saja, namun keakuratan tempat ditentukan oleh jaringan yang anda gunakan saat itu. Contoh, bila anda menggunakan jaringan data selular maka deteksi lokasi Peta akan merujuk pada tempat terdekat antena BTS tempat anda saat itu. Begitu juga Bila anda menggunakan sambungan data melalui Wifi maka deteksi lokasi akan merunut padda dimana penyedia wifi tersebut berada.

2. Mengapa saya tidak bisa mengakses mode jalan atau mode streetview padahal di peta ada tempat dan lokasi saya ?

Jawaban : ada beberapa sebab ketika seseorang gagal mengakses mode jalan atau streetview dari google maps yang sedang dijalankan antara lain :



a. Belum terinstall-nya aplikasi Steetview di ponsel anda. Bila di PC atau browser komputer pengguna tidak perlu menginstall aplikasi tambahan namun di smartphone lain lagi, selain menanam aplikasi google maps pengguna ponsel harus menginstall aplikasi streetview agar dapat memanfaatkan fitur jalan yang tersedia.

b. Bila aplikasi streetview sudah terinstall namun belum bisa menggunakannya, pastikan anda dalam mode 'Google Earth' bukannya mode Satellite atau mode lainnya. Ketika anda ingin memanfaatkan fitur Jalan silahkan ganti pilihan tampilan ke Google earth lalu perbesar (zoom) peta sampai ada icon boneka berwarna kuning yang siap digeser ke tempat yang ingin anda lihat mode jalannya.

3. Mengapa ketika mengakses mode jalan gambar selalu meloncat ke tampilan Peta bukannya menampilkan jalan yang ingin saya akses ?

Jawaban : Tidak semua jalan di belahan dunia ini yang telah direkam oleh pihak google untuk diabadikan di streetview, Kemungkinan besar jalanan yang sempit atau tidak bisa diakses oleh petugas google maps ketika perekaman gambar dilakukan. jadi bagi anda yang ingin melihat mode jalan pada area tertentu asal bukan tempat terpencil seperti ditengah sawah atau di belakang pelataran rumah sabar saja kemungkinan besar di waktu yang akan datang akan dilakukan perekaman oleh pihak google.

4. Mengapa saya tidak bisa belok ke jalan tertentu padahal sudah berhasil masuk ke mode jalan ?

Jawaban : Seperti pada kasus nomor 3 diatas, ketika suatu jalan tidak bisa diakses maka kemungkinan besar jalan tersebut belu terlacak oleh pihak google ketika melakukan perekaman jalan.

5. Mengapa tampilan jalan tidak jelas dan lama sekali untuk berjalan dari area tertentu ke tempat lainnya ?

jawaban : Kondisi tampilan dan kecepatan tergantung padda akses data yang anda gunakan, Semakin cepat akses data internet maka semakin cepat pula anda bisa mengakses gambar sehingga tidak perlu waktu lama untuk berselancar dengan google maps.

Dari beberapa permasalahan tentang penggunaan google maps dalam mode streetview diatas dan jawaban yang admin berikan semoga dapat bermanfaat dan menjadi problem solving terhadap permasalahan pengguna aplikasi peta google. Untuk pertanyaan lainnya silahkan tuangkan dalam komentar di kolom komen di bawah artikel ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...