Home » , , , , , , » Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab J Terbaru

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab J Terbaru


Salah satu pabrikan smartphone terbesar di dunia, Samsung, belum lama ini kembali merilis varian tablet terbarunya yang bertajuk Samsung Galaxy Tab J. Tablet yang dipasarkan menyasar kelas menengah ke bawah ini mengusung spesifikasi yang cukup menjanjikan dengan berbagai fitur canggih yang disematkan ke dalamnya.


tablet galaxy tab J terbaru
Dengan dukungan koneksi jaringan 4G LTE serta jeroan chipset Spreadtrum, Samsung Galaxy Tab J menawarkan akses internet yang cepat serta performa komputasi yang handal. Ditambah lagi kinerja kamera bawaan Samsung yang terkenal mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi menjadi fitur unggulan dari tablet ini.

Tablet yang direncanakan akan dirilis resmi pada Agustus 2016 ini diklaim dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif di kelasnya. Nah, daripada penasaran, lebih baik kita menyimak ulasan spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab J terbaru berikut ini.

  • Desain Bodi Bermaterial Metalik
Dari segi tampilan eksternal, Samsung Galaxy Tab J hadir dengan dimensi 186.9 x 108.8 x 8.7 mm serta bobot mencapai 289 gram. Keempat sudut bodinya didesain membulat dengan material metalik di bagian depan serta finishing micro texture di bagian belakang yang membuatnya terasa nyaman saat digenggam.

Tablet besutan pabrikan Korea Selatan ini mengusung layar berukuran 7.0 inci berteknologi panel PLS (Plane Line Switching) 16 juta warna bawaan Samsung yang setara dengan teknologi IPS (In-Plane Switching). 

Sayangnya layar ini masih beresolusi WXGA 1280 x 800 dengan fitur multitouch dengan kerapatan mencapai 216 ppi. Meskipun belum berkualitas HD, layar ini mampu menghasilkan tampilan gambar yang tajam dan cukup responsif terhadap sentuhan. Untuk melindunginya dari goresan, Samsung telah melapisi layar ini dengan lapisan antigores Scratch Resistant Glass. 

  • Dapur Pacu Chipset Spreadtrum
Beralih ke sektor dapur pacu, Samsung membekali produk tabletnya ini dengan chipset Spreadtrum SC8830 berprosessor empat inti Cortex –A7 dengan kecepatan maksimal 1.5 GHz. Kinerja chipset yang super cepat ini semakin mumpuni ketika dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 1.5 GB serta kartu pengolah grafis GPU Mali-400MP2. 

Perpaduan hardware berspesifikasi tinggi tersebut mampu menghasilkan tampilan visual yang mulus serta kinerja yang optimal ketika tablet digunakan untuk aktivitas multitasking dan memainkan game bergrafis tinggi.

  • Software Sistem Operasi Android Lollipop
Sistem operasi yang digunakan Samsung Galaxy Tab J bisa dibilang sedikit tertinggal dari pesaingnya karena masih menggunakan Android OS v5.1 Lollipop. Namun, walaupun tablet ini belum menggunakan platform sistem operasi Android terbaru, tampilan visualnya tetap tampak menarik dengan antarmuka TouchWiz UI.

  • Ruang Penyimpanan
Demi mendukung aktivitas pengelolaan file sistem dan penyimpanan data penggunanya, Samsung menyediakan ruang penyimpanan internal berkapasitas 8 GB pada tablet ini. Ruang penyimpanannya masih bisa diperluas lagi hingga mencapai 256 GB dengan menggunakan slot microSD.

  • Performa Kamera Beresolusi 8 MP



Beralih ke sektor selanjutnya yakni sektor fotografi. Samsung Galaxy Tab J mengusung kamera utama beresolusi 8 MP yang terletak di belakang bodinya. Kamera utama ini memiliki aperture f/1.9 sehingga mampu menyerap cahaya dengan maksimal walaupun berada di tempat bercahaya redup sekalipun. 

Selain itu, kamera utama ini dilengkapi dengan fitur tambahan seperti autofocus, LED Flash, Gesture Shot, Touch Focus, Face Detection, HDR, Geo-tagging, Panorama serta modus perekaman video berkualitas Full HD 1080p@30fps yang mampu menghasilkan video berkualitas jernih dan cukup baik.

Sebagai kamera sekunder, di bagian depan disematkan kamera beresolusi 2 MP yang mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik ketika digunakan untuk foto selfie maupun video call.

  • Jaringan dan Konektivitas Mendukung 4G LTE
Fitur konektivitas dan akses jaringan tablet keluaran Samsung ini bisa dibilang cukup lengkap. Untuk akses internet berkecepatan tinggi, Samsung Galaxy Tab J sudah mendukung koneksi jaringan 4G LTE Cat4 berkecepatan 150/50 Mbps, 3G HSPA berkecepatan 42.2/5.76 Mbps, serta jaringan 2G GSM.

Tersedia juga fitur kelengkapan konektivitas standar lainnya seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Hotspot, sistem navigasi A-GPS, GLONASS, Bluetooth v4.0, microUSB v2.0 dan USB On-The-Go.

  • Fitur Tambahan Beragam
Selain hardware dan software berspesifikasi tinggi, Samsung juga menambahkan beberapa fitur untuk meningkatkan performanya seperti fitur Kids Mode 4.0, Player S-Bike Mode, FM Radio, MP3 dan MP4 Player, sensor Accelerometer dan Proximity serta teknologi VoLTE untuk kelancaran berkomunikasi secara online.

  • Baterai
Samsung menanamkan baterai Non-removable Lithium-Ion berkapasitas 4.000 mAh untuk menyuplai daya tablet ini. Mengingat kapasitasnya yang cukup besar, Samsung juga menambahkan fitur Quick Charge agar proses pengisian daya baterainya bisa lebih cepat dan tidak memakan waktu. Selain itu, tersedia juga fitur Power Saving Mode untuk konsumsi daya yang lebih hemat dan efisien.

  • Harga Samsung Galaxy Tab J
Tablet yang diluncurkan dalam dua varian warna emas dan putih ini rencananya akan dipasarkan di kisaran harga 185 US dollar atau sekitar Rp. 2.4 jutaan. Bila anda berminat membeli tablet ini, maka Anda harus bersabar karena Samsung Galaxy Tab J baru dipasarkan di Taiwan. Samsung belum mengumumkan secara resmi kehadiran tablet entry level ini di pasaran Indonesia. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

2 komentar:

  1. Sangat berminat memiliki tab j ini, tapi sayang pasa baca di akhir, ternyata belum masuk pasar indonesia ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar bang...ntar lagi mesti nongol di Indonesia galaxy Tab J nya...hehe

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...