» » Apa Hubungan Kinerja RAM dan Prosesor di Sebuah Smartphone ?

Apa Hubungan Kinerja RAM dan Prosesor di Sebuah Smartphone ?


Jumpa lagi dengan Dunia Android yang akan mengulas tentang Hubungan RAM dan Prosesor di sebuah Ponsel Smartphone. Banyak diantara penikmat ponsel pintar belum negetahui bagaimana sebenarnya kinerja Prosesor dan RAM dalam menentukan kerja multitasking yang cepat. Begitu Pula bagi seseorang yang ingin membeli smartphone namun merasa bingung dengan kenyataan bahwa di spesifikasi yang umum yang tertera selalu ada gambaran tentang besaran CPU serta RAM yang didukung sehingga pembeli kebingungan dengan apa beda keduanya dan apa kaitannya dengan kinerja smartphone itu sendiri.
Dalam sebuah perangkat elektronik seperti Smartphone, Kinerjanya tidak jauh dari sebuah PC (komputer) yang terlebih dahulu diketahui oleh masyarakat. Dimana didalamnya ada sebuah perangkat utama sebagai otaknya yaitu Prosesor atau yang sering kali dikenal dengan nama CPU. Padahal CPU (Central Processing Unit) sendiri merupakan sebuah kumpulan dari berbagai peripheral yang bertugas untuk melakukan proses Input Output sehingga menghasilkan suatu keluaran yang bisa diterjemahkan ke dalam bahasa manusia (visual maupun audio).

Hubungan Ram dan prosesor di smartphone android

Sebelum membahas tentang hubungan Prosesor dan RAM di ponsel pintar, sebaiknya kita kenalan dulu secara singkat apa itu Prosesor dan apa itu RAM. Prosesor (Processor) merupakan alat (chip) yang terdiri dari jutaan sampai milyaran komponen berukuran mikro/nano yang dipadu menjadi satu, dimana tugasnya adalah melakukan proses dari setiap alat dan input yang masuk sehingga menghasilkan suatu intruksi ke beberapa perangkat lain untuk diproses lebih lanjut. Kegagalan dalam perosesan di prosesor dapat menyebabkan ketidak stabilan sistem yang sedang berjalan.
Sedangkan pengertian singkat RAM atau kepanjangan dari Random Acces Memory merupakan peripheral pendukung (tambahan) yang juga harus ada untuk membantu kinerja Prosesor. Pengertian sederhananya, RAM memfungsikan dirinya untuk menampung setiap input untuk nantinya diserahkan tugasnya kepada Prosesor sebagai alat pemroses inputan tersebut.
Masih bingung dengan dengan RAM dan prosesor ?, tenang saja, Saatnya kembali ke topik semula dimana admin Dunia android akan membahas tentang apa hubungan kedunya terhadap kinerja smartphone dan sekaligus menjadi tolok ukur konsumen dalam memilih gadget idamannya.


Ketika Ponsel pintar pertama kali dihidupkan, maka tugas berat yang prtama kali dilakukoan oleh Prosesor. Di proses booting Otak CPU ini melakukan tugasnya untuk mempersiapkan segala pernagkat yang menancap di Mainboard (MotherBoard) serta memastikan seluruhnya berjalan dengan baik, Mulai dari VGA, RAM, Layar, ROM dan lain sebagainya di check tanpa satupun terlewatkan oleh prosesor.

Ketika Prosesor menemukan adanya perangkat yang bermasalah, biasanya booting tidak dapat dilanjutkan untuk pembacaan proses selanjutnya sehingga sistem operasi tidak akan diproses lebih lanjut. Dan ketika segalanya sudah FIX dan tidak ada masalah, maka proses pembacaan sistem dari ROM akan dilakukan dengan bantuan RAM sebagai Buffer utamanya. Prosesor sendiri juga bisa memiliki singgle core ( prosesor tunggal) ataupun beberapa core ( prosesor bertingkat) seperti Dual Core ( dua prosesor ), QuadCore ( 4 prosesor), hexacore, dexacore dan lebih tinggi lainnya yang akan membuat proses semakin cepat.



RAM melakukan tugasnya untuk memperingan pekerjaan prosesor ketika ada proses baca dan tulis dari ROM maupun perangkat penyimpanan Eksternal. Proses pembacaan ribuan file akan ditampung di RAM kemudian dengan urutan yang sudah ditentukan akan masuk ke dalam unit Proses (prosesor) untuk dieksekusi sehingga menghasilkan Output yang diinginkan dari sebuah sistem.

Dalam bahasa sederhana, bisa dicontohkan kalau RAM itu adalah sekumpulan Karyawan yang membantu atasannya untuk menyelesaikan berbagai tugas sehingga tugas cepat selesai. Semakin banyak jumlah karyawan maka semakin cepat pula pekerjaan diselesaikann sehingga tugas lain yang menunggu terasa ringan dilakukan.

Diatas adalah gambaran bagaimana Prosesor dan RAM menentukan kinerja sebuah ponsel pintar. Jadi bila pembaca melihat ada spesifikasi ponsel dengan ukuran RAM misal 3GB dan Processor QuadCore 2GHz maka akan lebih cepat yang mempunyai RAM 4GB dengan prosesor QuadCore 2GHz, hal tersebut dikarenakan buffer dari RAM lebih tinggi walaupun prosesor sama dalam segi kecepatan.

Nah, jadi semakin tahu kan mengapa RAM dan Prosesor itu berkaitan erat satu sama lain dalam menentukan sebuah kinerja smartphone ?, Semoga ulasan DUNIA ANDROID diatas bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...