» » Bagus mana Prosesor Snapdragon, MediaTek atau Exynos ?

Bagus mana Prosesor Snapdragon, MediaTek atau Exynos ?


Dalam menentukan sebuah smartphone yang bagus, stabil dan performa oke tentu hal yang paling menentukan adalah otak di dalam Ponsel tersebut yang dinamakan Prosesor. Dimana Unit pengolah data (CPU) ini menjadi satu-satunya titik kunci terhadap semua kinerja hardware dan Operating System. Untuk memilah dari ketiga jenis prosesor diatas yang paling unggul yang mana tentunya pengguna harus mengetahui beberapa kriteria ketiga prosesor ini yaitu Exynos, Snapdragon dan MediaTek.

Ketiga Prosesor ini mampu bersaing di berbagai level pasar gadget dengan keunggulan masing-masing yang ditawarkan. Untuk perbandingan tentang kinerja prosesor salah satunya konsumen harus mengetahui dahulu tentang tipe dan seri Prosesor yang ditanam di perangkat ponsel pintar. memang semua produk prosesor saat ini semakin memantapkan diri untuk menjadi yang paling unggul satu dengan yang lain dengan inovasi yang mereka tawarkan.

Sebelum mengetahui Prosesor mana yang paling baik dan mempunyai performa yang oke silahkan simak sekilas penjelasan ketiga Prosesor di bawah ini.

1. Prosesor Snapdragon

snapdragon prosesor

Prosesor yang menjadi pesaing ketat dari Exynos ini hampir semua level pasar dia rambah. mulai dari ponsel Low end sampai kelas High end banyak yang menggunakan jenis Snapdragon sebagai dapur pacunya.

Snapdragon sendiri juga membuktikan dirinya sebagai Prosesor dengan harga murah yang diadopsi berbagai pabrikan gadget. Dengan inovasi yang selalu muncul selang beberapa waktu menjadikan Snapdragon mempunyai beberapa varian yang banyak sekali.

Untuk saat ini Prosesor Snapdragon memiliki 3 tipe menurut level entry-nya yaitu vERSI 400, 600 dan entri tertinggi yaitu 800. Dimana untuk versi 800-an banyak diadopsi oleh berbagai gadget mahal.

Qualcomm sebagai pabrikan snapdragon juga terkenal sebagai pembuat prosesor dengan kualitas, kinerja dan efisiensi yang bagus. Terlebih untuk prosesor jenis ini juga ramah terhadap penggunaan asupan daya baterai dan kelebihan dalam memproses pengolahan grafis yang tinggi.

2. Exynos

exynos prosesor

Otak gadget yang satu ini banyak dijumpai dalam smartphone kelas wahid seperti pada jajaran produk samsung, contohnya Galaxy S7 dan Note 7.

Exynos terkenal dengan harga yang mahal dibanding pesaingnya. Namun dibalik mahalnya harga itu sebanding dengan performa yang ditawarkan. Hampir tiada ccelah kelemahan yang ada pada exynos ini semakin menguatkan citra exynos sebagai prosesor mahal yang layak dimiliki.

3. MediaTek

mediatek prosesor

Sudah banyak diketahui bahwa prosesor mediaTek menjadi Prosesor sejuta ponsel pemakainya. Bila anda membedah gadget dengan harga murah kebanyakan menggunakan prosesor ini sebagai otak prosesnya.

Namun jangan salah, MediaTek semakin menunjukkan kedigdayaannya dengan berbagai jenis tipe Prosesor terbarunya seperti Chipset Helio X20, X30 dan X30. Dimana Helio X30 yang akan diluncurkan tahun depan ini mempunyai core 10 yang pertama kali di dunia.

Untuk varian MediaTek yang saat ini mempunyai kesamaan keunggulan diantara pesaingnya adalah dengan seri P dan X. Dimana anda yang ingin membeli gadget dengan prosesor mediaTek didalamnya pastikan yang mempunyai salah satu varian tersebut.



Walau tidak setenar dan sehebat kedua rivalnya yaitu Exynos dan Snapdragon namun MediaTek saat ini masih mampu menunjukkan taringnya di pangsa gaddget di beberapa level pengguna.

Nah dengan mengetahui beberapa ulasan tentang 3 jenis prosesor smartphone diatas anda pasti sudah mempunyai sedikit gambaran prosesor mana yang 'paling bagus ?

jawabannya memang tergantung dari pemilihan jenis dan tipe prosesor. Dimana bila anda ingin membandingkan antara 2 prosesor yang saat ini paling tangguh tentu anda harus memilih antara Exynos atau Snapdragon. Namun bila bicara masalah kantong, tentu mediaTek menjadi pilihan tepat untuk level ponsel bagus dengan dana yang pas-pasan.

Ingat, tidaklah benar kinerja smartphone dipengaruhi oleh Prosesor saja namun juga dipengaruhi oleh beberapa komponen penyertanya seperti berapa besar RAM, apa jenis chipset pengolah grafisnya dan komponen pendukung lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...