» , » Sebenarnya inilah Fungsi Earphone ketika memainkan Radio FM di Ponsel !

Sebenarnya inilah Fungsi Earphone ketika memainkan Radio FM di Ponsel !


Sudah banyak diketahui bahwasanya ketika kita ingin memutar Radio FM di ponsel rata-rata diharuskan untuk menancapkan kabel EarPhone agar aplikasi radio bisa digunakan. Apabila tidak menancapkan jack Headset atau earphone maka akan ada notifikasi yang memberitahukan kalau headset belum terpasang. Pertanyaannya, mengapa harus menancapkan jack earphone di ponsel, toh ada speaker yang bisa digunakan untuk mendengarkan siaran Radio di Ponsel ?

fungsi earphone radio fm ponsel

Sebenarnya ada sebab mengapa harus ada seperangkat headset yang harus terpasang di ponsel untuk memainkan Radio FM di ponsel, yaitu bukan pada letak jack yang tertancap namun pada kabel panjang sebagai penala atau sebagai antena tambahan untuk memperkuat daya tangkap signal dari Pemancar FM.

Jadi kabel di earphone itulah sebagai fungsi utama pengganti antena Luar penangkap gelombang radio agar sinyal yang didapat dari pemancar yang masuk ke dalam smartphone semaki kuat. Sebenarnya anda kita bisa saja hanya menancapkan jack yang terpotong atau sudah rusak ke lobang earphone ponsel tanpa disertai kabel yang menjulur. Namun akibat yang ditimbulkan adalah daya tangkap gelombang radio akan lemah dan cenderung tersendat-sendat.

Semakin panjang kabel dan semakin bagus kualitas tembaga kabel earphone akan semakin bagus pula tangkapan sinyal FM yang didapat. Terkadang ketika anda kesulitan mendapat signal FM yang bagus di ponsel dan suara cenderung tersendat-sendat, biasanya dapat diatasi sangat mudah dengan cara menggerakkan dan meninggikan kabel earphone dan mencari signal yang bagus tangkapannya.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan bagi pemilik Ponsel yang biasa memutar radio FM di ponselnya dan signal yang ada di tempatnya sangat sulit didapat atau timbul tenggelam. adapun trik yang biasa digunakan untuk menstabilkan signal tangkapan FM adalah sebagai berikut:


1. Gunakan kabel headset yang lebih panjang dari yang anda punya sebelumnya. Namun bila anda kesulitan mendapatkan kabel yang panjang dan anda tetap ingin kualitas tangkapan sinyal FM di ponsel bagus dan jernih maka jalan satu-satunya adalah dengan memberi tambahan kabel (menyambungnya) agar lebih panjang.

Contoh: bila anda punya headset yang sudah tidak terpakai dan hanya ingin mendengarkan radio hanya melalui speaker ponsel maka lebih baik Potong saja kabel headdset di ujung-ujung kanan kiri earphonenya, lalu sambung dengan kabel lain sekitar 1 atau 2 meter (terserah anda) lalu gantungkan kabel secara vertikal. dengan jalan menambah panjang kabel maka antena ponsel untuk menangkap signal FM dari pemancar akan semakin kuat.

2. Bila anda masih sayang dengan headset kesayangan dan ingin tetap memutar radio FM di Ponsel maka jalan satu-satunya untuk menambah cakupan tangkapan sinyal adalah dengan mencari arah dan letak sinyal paling kuat dengan jalan meninggikan ujung headdset sambil mendengarkan hasil sinyal yang didapat. Setelah suara yang didapat sudah dinilai jernih maka jangan banyak melakukan gerakan atau bisa juga mengakalinya dengan menggantung kabel headset sesuai kreatifitas anda.

Nah, dengan penjelasan singkat diatas pembaca Dunia Android sudah tahu kan apa fungsi sebenarnya kabel headset ketika ingin memutar raddio FM di ponsel ? Bukan karena hanya berfungsi untuk mendengarkan namun fungsi utamanya adalah sebagai antena penguat tangkapan signal dari pemancar radio FM di ponsel.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...