» » Cara Tepat Mengatasi Baterai Penuh Tapi HP tiba-tiba mati sendiri

Cara Tepat Mengatasi Baterai Penuh Tapi HP tiba-tiba mati sendiri


Pernah mengalami indikator baterai masih banyak namun tiba-tiba Ponsel mati sendiri ?, Tentunya bagi beberapa pengguna ponsel pintar mengalami hal tersebut. Sebenarnya apa yang terjadi, apakah baterai sudah rusak atau waktunya diganti, atau sistem yang bermasalah, atau mungkin hardwarenya yang mengalami kerusakan ?. Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut mari simak ulasan Dunia Android di bawah ini.

Pada artikel terdahulu admin pernah mengulas juga masalah ini dan banyak pertanyaan dari para pembaca karena memang admin hanya menukilkan garis besarnya saja dalam trouble shooternya. Di artikel ini admin akan memperjelas beberapa pembahasan artikel sebelumnya tentang baterai ponsel dan permasalahannya.

Tentu sangat menjengkelkan dan bikin aktifitas bersama ponsel pintar kesayangan menjadi terganggu bila tiba-tiba HP mati sendiri padahal prosentase baterai di indikatornya masih menunjukkan angka yang masih dikatakan bisa mensuplai arus. Contoh, ketika enak berselancar dan indikator baterai menunjukkan angka 30 persen (umpamanya), tiba-tiba HP mati sendiri, tentu membuat berbagai tanda tanya bukan ?, apalagi kalau si empunya ponsel yakin bila baterai masih sehat karena beli ponsel saja masih dalam hitungan bulan...nah lho..

prosentase baterai penuh hp mati

Ada beberapa kriteria yang biasa terjadi dan menjadikan masalah tersendiri untuk pemilik ponsel dalam kasus baterai masih 'dianggap' penuh oleh indikator prosentase baterai namun tiba-tiba ponsel mati dengan sendirinya. Adakalanya Indikator meunjukkan adanya false indikator maupun adanya sistem yang sedang bermasalah bisa menjadi kendala tersendiri bagi yang salah dalam mendeteksi beberapa trouble diatas.
Beberapa kasus Ponsel mati sendiri karena arus Baterai :

1. Ponsel tiba-tiba Mati, namun bisa dihidupkan kembali.

2. Ponsel restart ulang, secara terus menerus.

3. Ponsel tiba-tiba mati, namun tidak bisa dihidupkan kembali.

Dari ketiga kasus yang serint terjadi diatas, ada beberapa sebab dan cara mengatasinya. Di bawah ini admin akan membedah satu-persatu problem yang sering dihadapi ponsel berhubungan dengan indikator baterai yang menyebabkan ponsel mati dengan sendirinya.

1. Untuk menjawab kasus yang pertama diatas, ketika indikator baterai masih menunjukkan angka yang tinggi namun ponsel mati dan bisa dihidupkan kembali setelahnya maka ada beberapa sebab yang bisa terjadi diantaranya :



a. Sistem Bermasalah

Perlu diketahui bahwa sebenarnya ponsel tidak dapat mengetahui seberapa persis isi arus yang ada di baterai tanpa melalui berbagai alur bahasa sistem operasi yang menghandle perangkat keras.

Disinilah fungsi sistem itu sendiri sebagai jembatan bagi user dan hardware agar bisa dilihat oleh penggunanya.

Sistem yang bermasalah bisa menunjukkan adanya notifikasi palsu yang tidak sesuai dengan alur program didalamnya, sehingga menyebabkan 'missing communication' antara baterai, hardware dan baterai itu sendiri.
b. Hardware bermasalah

Urusan baterai yang menyuplai daya ke ponsel semuanya diatasi oleh beberapa komponen seperti tahanan, kondensator, IC, maupun dioda yang mana ukurannya telah ditetapkan oleh vendor si pembuat smartphone.

Adanya salah satu saja hardware yang mengurusi keluar masuknya arus ke ponsel dari baterai tentu akan membuat kinerja keseluruhan sistem bermasalah, baik itu dari sisi perangkat maupun sistem yang sedang berjalan sehingga ponsel bisa mati dengan sendirinya meskipun indikator prosentase arus masih tinggi.

c. Baterai bermasalah

Nah, untuk yang satu ini memang yang sering terjadi pada kasus nomor 1, dimana baterai yang terlihat masih bagus, ponsel masih dianggap baru saja beli namun tiba-tiba mati dengan sendirinya.

2. Untuk permasalahan ponsel dengan indikator baterai masih banyak namun selalu restart ulang (reboot) dengan sendirinya maka bisa terjadi masalah dengan poin a dan b diatas.

3. Untuk kasus ponsel yang tiba-tiba mati namun tidak bisa dihidupkan kembali setelahnya sebelum melakukan charging ulang meskipun indikator masih penuh, maka problem tersebut bisa terjadi seperti poin a, b, maupun c. Dan seringkali cara penggantian baterai merupakan solusi yang paling tepat (poin c)

Dari semua penjelasan diatas, admin akan rangkum bagaimana cara mengatasi hal tersebut dengan urutan yang tentunya harus dilakukan secara tepat dan fokus pada permasalahan baterai ? silahkan simak terus yuk ulasannya di bawah ini.



Cara mengatasi ponsel mati sendiri walau prosentase baterai penuh :

1. cara pertama yaitu cobalah meminjam (jangan langsung beli) baterai milik teman atau kerabat yang sejenis dengan ponsel anda.

Pastikan baterai pinjaman tersebut masih penuh, kemudian pasang dan nyalakan gadget serta lakukan aktifitas seperti biasanya.

Bila dengan baterai tersebut ponsel tidak lagi mati tentu 'tersangkanya' pasti baterai anda yang harus diganti.

2. Namun bila cara nomor 1 tidak mengatasi masalah, lanjutkan dengan melakukan soft reset atau mengembalikan setelan ke pengaturan awal (reset factory) untuk memastikan sistem yang tidak bermasalah dalam hal ini.

3. Apabila sesudah langkah nomor 2 dilakukan dan tidak membuahkan hasil, coba lakukan proses flashing ulang firmware gadget anda. Bila tidak mempunyai skill untuk melakukan flash ulang silahkan bawa ke seervice center untuk melakukannya.

4. Dan apabila cara ke 1 sampai ke-3 sudah tidak bisa mengatasi permasalahan diatas, maka perlu dilakukan pengecekan terhadap hardware yang berhubungan dengan keluar masuknya arus dari baterai.

Untuk yang satu ii tentunya tukang service yang sudah berpengalaman yang bisa melakukannya. Jangan coba-coba untuk membongkar ponsel dan otak-atik komponen didalamnya tanpa mengetahui Ilmunya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah terhadap komponen lain.

Prosedur yang berurutan diatas bisa anda lakukan untuk memastikan penyebab ponsel anda yang mati tiba-tiba walaupun indikator baterai masih dianggap bisa menyuplai daya. Semoga ulasan Dunia android bisa bermanfaat dan silahkan layangkan pertanyaan di kolom komentar bila ada problem seputar dunia smartphone, terima kasih.

6 komentar:

  1. Baterai sy baru tp malah mati terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila baterai masih baru atau tidak bermasalah maka sistem bisa menjadi penyebabnya...coba lakukan reset ponsel agar sistem kembali seperti settingan awal.. atau cara paling ampuh untuk memastikan apakah sistem atau hardware komponen yg trouble maka bisa dilakukan flashing firmware

      Delete
    2. j500G saya masalah yg no 3 mas..
      reset vactory sudah, flash wirmware sudah, ganti baterai jg sdh.. tp masih aja dibawah 50% hp mati sendiri.. trus apa yg saya hrus lakukan lg ini mas?? trims

      Delete
    3. Berarti ada masalah dengan hardwarenya.. bisa juga IC power atau IC PMnya yang bermasalah.. silahkan bawa ke tempat service yg populer di tempat agan, agar dideteksi komponen mana yg terdampak

      Delete
  2. Hp saya sony z3compact
    Pada malam hari kondisi batre masih 66% trus saya caz dalam keadaan on dan saya tinggal tidur. Pagi harinya tiba2 hp saya sudah mati total. Sempat saya lakukan hard reset ( tombol on + volume up ) sempat berfungsi tapi tidak lama sekitar 15 menit hp kembali mati total...mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila dipastikan baterai masih normal dan sudah mencoba melakukan reset, masih ada kemungkinan file system corrupt atau rusak, coba lakukan flashing firmware, bila ternyata masih tetap masalahnya bisa dipasstikan ada pada hardware-nya yang kena

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...