» » Aplikasi di Android untuk Menunjang Bisnis Online

Aplikasi di Android untuk Menunjang Bisnis Online


Di era digital seperti saat ini, peluang bisnis online di pandang cukup menjanjikan. Meski memiliki sejumlah resiko, namun banyak orang di tengah kesibukannya lebih memilih untuk membeli di online shop dari pada belanja langsung ke tokonya. Selain karena ketersediaan banyak pilihan, harga yang ditawarkan di sejumlah online shop biasanya cenderung lebih murah. 

Oleh karena banyaknya masyarakat yang menyambut baik kehadiran oline shop, maka tak heran jika saat ini banyak bermunculan online shop baru yang mencoba meraih peruntungan. Dan ngomong-ngomong mengenai online shop atau bisnis online pada umumnya, tentu tak bisa lepas dari smartphone android. Nah, jika anda ingin bisnis online yang di geluti bisa berkembang pesat, pastikan dalam smartphone anda tersemat beberapa aplikasi berikut ini.

bisnis online aplication

1. Aplikasi Sosial Media


Aplikasi sosial media berguna untuk menjaring relasi dan menemukan klien yang akan membeli di toko online anda. Biasanya hal ini dilakukan dengan mengenalkan barang yang anda tawarkan kepada kerabat atau pun teman yang sudah anda kenal. Ketika mereka merasa puas maka mereka bisa mempromosikan ke teman atau saudara mereka. 

Di media sosial juga biasanya juga disediakan fasilitas untuk membuat grup sebagai tempat anda mempromosikan barang anda. Anda dapat mengunggah foto barang yang akan anda tawarkan di dalam grup tersebut dan menyebutkan spesifikasi barang beserta harganya untuk memberi penjelasan kepada klien sehingga mereka tertarik untuk membeli barang anda. Beberapa aplikasi sosial media yang dapat anda pasang di hp andoroid anda adalah facebook, Instagram, Twitter, Path.

2. Aplikasi Online Messanger


Aplikasi kedua yang bisa menunjang bisnis online anda adalah aplikasi online messenger, seperti facebook messanger, BBM, Line dan What’s up. Jumlah karakter dalam aplikasi online messenger cenderung tidak terbatas. Disana juga dilengkapi fitur emoji yag membuat chat lebih hidup. 

Untuk menghadapi klien yang ingin banyak bertanya seputar barang anda, aplikasi ini bisa lebih hemat biaya dibanding dengan via SMS biasa. Anda juga bisa bebas mengirim data berupa gambar atau video untuk menambah kepercayaan klien terhadap barang anda.

3. Aplikasi Pengelola Email



Ketika seseorang hendak memulai bisnis, biasanya mereka memiliki lebih dari satu email untuk membedakan email pribadi mereka dan email yang digunakan untuk keperluan bisnis mereka. Nah tentunya hal ini membutuhkan suatu aplikasi pengelolaan email untuk mempermudah mereka login ke bebarapa email di beberapa kesempatan agar tidak telat cek inbox. Beberapa jenis aplikasi pengelola email yang dapat anda gunakan adalah my email, Mail Bird, atau MailDroid.

4. Aplikasi Mobile Banking

Ketika anda melaksanakan bisnis online tentunya anda akan membuka rekening di bank untuk digunakan melakukan transaksi dengan klien. Nah, Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mengecek transaksi yang terjadi, ketika pelanggan menyatakan bahwa mereka sudah membayar via bank. Anda pun bisa mengeceknya lewat aplikasi ini di hp anda dan sebagai bukti kuat anda bisa meminta pelanggan anda untuk memfoto bukti transfer yang sudah dilakukannya.

5. Aplikasi Cek Ongkos Kirim

Apabila anda melakukan usaha online shop maka anda juga melayani pembelian di luar tempat anda. Nah untuk melakukan pengiriman barang, tentunya anda menggunakan jasa pengiriman barang tertentu. Untuk merespon lebih cepat ketika klien bertanya seputar biaya yang dibutuhkan untuk mengirim barangnya adalah dengan menginstal aplikasi cek ongkos kirim, seperti JNE Mobile, Raja Ongkir atau ongkirku.

6. Aplikasi Penyedia Lapak Gratis

Ketika anda membuka bisnis online, ada baiknya anda juga mempromosikan barang anda di market place gratis tertentu yang didalamnya berisi fitur pasang iklan, pesan dengan pelanggan, RekBer atau Escrow. Disini anda juga bisa mengetahui harga barang yang mirip dengan barang yang anda tawarkan jadi bisa digunakan sebagai perbandingan, atau bahkan anda bisa melakukan pemasokan barang ketika menemukan barang yang cocok baik dari segi spesifikasi atau pun harga.

Nah ketika anda sudah menaruh barang anda di marketplace anda tentu butuh untuk memantau iklan anda agar bisa merespon lebih cepat pertanyaan klien bukan. Disinilah letak kebutuhan anda untuk menginstal aplikasi penyedia lapak gratis. Beberapa aplikasi penyedia lapak gratis yang dapat anda instal yaitu lazada, olx, kaskus, tokopedia, atau buka lapak.

Nah itu tadi di atas beberapa aplikasi di android yang bisa menunjang bisnis online anda. Anda bisa mengoptimalkan usaha anda dengan menginstal berbagai aplikasi tersebut.

1 komentar:

  1. menurut saya aplikasi mobile banking cukup penting untuk menunjang bisnis online

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...