» , » Cara Ketahui MAC Address WiFi Ponsel Android

Cara Ketahui MAC Address WiFi Ponsel Android

Kebanyakan Pengguna Ponsel Android memang tidak mau tahu dengan istilah dan cara kerja Jaringan Di geddget mereka. Tidak salah memang, asal proses berinternet maupun transfer data sudah bisa dilakukan maka pengguna tidak perlu pusing memikirkan masalah IP maupun MAC address WiFi di gadget mereka. Namun untuk sebagian user Android tentunya ada alasan khusus untuk mengetahui Alamat MAC di Ponselnya. Nah, kali Ini Admin Dunia Android akan membahas tentang cara mudah melihat Mac Address android, yuk disimak.

mac address wifi android

Sebelumnya lanjut ke tutorial, akan admin jelaskan dahulu secara sederhana Apa itu MAC Address. Media Access Control (MAC) address merupakan sebuah alamat dari suatu jaringan yang bersifat Unik. Dimana dalam pengertian mudahnya, Sebuah perangkat yang mendukung fungsi Jaringan mempunyai alamat khusus dan Unik yang tidak akan sama dengan perangkat lainnya, dimana dengan alamat khusus yang ada pada perangkat tersebut nantinya gadget atau hardware dapat dikenali oleh perangkat lain dalam sebuah jaringan.

Seperti halnya di Komputer atau PC, di smartphone semisal android juga mempunyai alamat MAC yang tidak akan sama antara satu dengan lainnya. Karena fungsi deretan huruf dan angka yang unik itulah sangat penting bagi pengguna untuk merahasiakan alamat MAC gadgetnya agar aman dari berbagai hal yang tidak diinginkan seperti Pembobolan sistem, Pemblokiran akses jaringan dan lain sebagainya.


Adakalanya pengguna android ingin melihat MAC Address miliknya untuk keperluan khusus, seperti contoh melakukan setting manual di Router jaringan dan sebagainya. Nah, pertanyaannya Bagaimana cara melihat alamat MAC di android tersebut ?, mudah saja, yuk lanjut ke tips di bawah ini.

2 Cara lihat MAC Address WiFi ponsel android :

  • 1. Silahkan buka settingan atau pengaturan di android.
  • 2. ada 2 cara untuk melihat alamat MAC WiFi, yang pertama silahkan masuk ke menu About (tentang).

lihat mac address wifi android
  • 3. Kemudian masuk ke opsi Status, anda akan melihat di deretan satatus ponsel anda nampak Alamat MAC WiFi (lihat gambar contoh)

cara lihat Mac Address WiFi di ponsel android
  • 4. Cara yang kedua untuk melihatnya yaitu bisa masuk ke menu WiFi di Pengaturan Android.
  • 5. Setelah masuk ke menu WiFi, silahkan masuk ke Opsi Lanjutan, Nah disanalah alamat MAC WiFi tertera sama dengan cara yang pertama (Lihat contoh gambar)

Dengan kedua cara diatas user android akan dengan mudah melihat Media Access Control address di perangkatnya. Semoga tips dari admin Dunia Android diatas bermanfaat dan Bisa dipraktekkan dengan mudah untuk pecinta android semua. Bila ada pertanyaan seputar Android, jangan sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar di bawah artikel ini, terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...