» , » Hati-hati Bahaya Channel Palsu di BBM android

Hati-hati Bahaya Channel Palsu di BBM android

Aplikasi BBM yang dulunya cuma sebatas sebagai aplikasi chatting yang aman dan terpusat saat ini sudah berbalik arah menjadi layaknya media Online seperti baca berita, lihat Video, streaming TV dan lain sebagainya yang semua itu bisa diakses melalui menu Saluran atau channel. Bahkan banyak sekali saat ini beberapa channel 'nakal' yang menggoda pengguna BBM untuk mengikutinya namun di balik itu semua ada sesuatu yang disembunyikan seperti inject virus, trojan, spyware, Hoax dan hal-hal yang merugikan pengguna BBM lainnya.

saluran palsu di aplikasi BBM android

Channel atau saluran di aplikasi BBM bisa dibuat dengan mudah layaknya FanPage atau halaman yang ada di Facebook. Dengan saluran itu pula pengguna lain yang mengikutinya akan selalu mendapatkan update terbaru ketika si empunya channel memposting sesuatu dan otomatis di umpan akan terlihat postingan tersebut.

Baru-baru ini Pihak resmi BBM juga telah merilis peringatan di akun Twitter resmi BBM yaitu tentang adanya channel palsu yang menyamar seolah dari pihak BBM itu sendiri.

Channel palsu yang menawarkan Update BBM tanpa menyedot kuota data internet yang banyak beredar saat ini semuanya palsu dan berbahaya. Pihak BBM sendiri menampik bahwa dirinya telah mengeluarkan update dengan versi yang tanpa beban kuota.

Ketika di umpan yang anda buka terlihat ada layaknya iklan promosi yang menjurus ke hal Update Aplikasi maka hiraukan saja jangan sekali-kali mengikuti channel tersebut.


Melakukan update aplikasi BBM secara resmi hanya bisa didapat melalui market resmi Google Play (play Store) dan juga ada notifikasi resmi di situs BBM itu sendiri.

Lalu apa bahaya sembrono dalam mengikuti channel yang tidak terpercaya atau mencurigakan ?, salah satunya adalah bisa membahayakan akun si pengguna BBM itu sendiri. Juga yang lebih mengkhawatirkan lagi bila saluran atau channel tersebut oleh si pemilik saluran sudah disusupi dengan script malware atau trojan maka data pribadi yang tersimpan di ponsel android bisa diakses oleh si empunya saluran dengan mudah tanpa anda sadari.

Banyak sekali kejadian pencurian akun, baik itu akun email, social media, akun Elekrtonik Banking dan akun-akun rahasia yang tidak boleh diketahui orang lain ternyata jatuh ke tangan yang tidak berwenang dikarenakan kecerobohan si pengguna aplikasi dalam mengikuti channel atau saluran yang berbahaya.

Bagi pembaca Dunia android yang sudah terlanjur mengikuti beberapa channel yang dianggap bermasalah atau berbahaya, bisa melakukan remove channel sekarang juga dan itu bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Dunia Android pernah memberikan tips untuk meremove Saluran, silahkan baca : Cara Keluar dari saluran Berlangganan BBM android.

Kesimpulannya, berhati-hati dan selektif dalam memilih saluran di BBM wajib dilakukan agar terhindar dari segala hal merugikan suatu saat nanti. Tidak Boros kuota karena banyaknya Notifikasi langganan channel dan juga tidak kepikiran..hehe. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk pembaca semua.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...