» , » Mengenal apa itu Proses aplikasi di background android ?

Mengenal apa itu Proses aplikasi di background android ?

Mungkin sebagian pengguna Android pernah mendengar atau melihat di beberapa situs tips android yang mengatakan adanya 'Proses yang berjalan di Background'. Sebenarnya apa sih maksudnya aplikasi atau proses yang berjalan di background atau di balik layer OS android ?, apa dampaknya dan bagaimana cara mengetahui adanya proses yang sedang berjalan di background itu sendiri ?, Disini Admin dunia android akan mengulasnya secara singkat namun padat untuk pembaca setia semua.

aplikasi di balik layer android

Sebagaimana Operating System lainnya, tidak hanya di Android, di sistem Windows, Mac, Unix atau Linux dan OS lainnya pasti ada yang namanya proses di balik layer. Dimana ada suatu kode dan program yang berjalan tanpa diketahui oleh end User.

Adanya aplikasi yang berjalan di balik layar sebenarnya bukan dikonotasikan Negatif seperti virus, spyware atau konotasi miring lainnya. Program yang berjalan di balik layar yang notabene tidak ditampakkan oleh pengembang aplikasi maupun sistem operasi itu sendiri bertujuan untuk menyembunyikan berbagai script suatu sistem maupun aplikasi agar User tidak terjejali dengan berbagai kode yang sedang berjalan.

Di android sendiri, ketika anda memulai menyalakan ponsel walau tidak membuka satu aplikasi-pun ternyata ada program yang berjalan tanpa anda ketahui dibalik layar yang sedang anda lihat saat itu. Program yang berjalan tersebut dibutuhkan untuk menunjang kinerja berbagai aplikasi maupun sistem yang terinstall di ponsel anda.

Suatu contoh aplikasi maupun program yang berjalan tanpa anda ketahui di balik layar ponsel anda seperti Keyboard, Kontak, Syncronisasi jaringan, Layanan google, Playstore dan juga beberapa aplikasi social media yang pada umumnya akan berjalan secara otomatis tanpa anda kehendaki karena melakukan sinkron data dengan server aplikasi.
Baca : Aplikasi mempercepat kinerja RAM android


Seluruh aplikasi yang berjalan di balik layar tersebut juga membutuhkan space RAM di masing-masing kinerjanya. SSemkin banyak proses yang berjalan maka RAM ponsel akan semakin banyak digunakan. Beruntunglah sekarang ini banyak sekali ponsel android yang sudah mengadopsi RAM berukuran besar sehingga bisa mengatasi kekurangan space RAM sehingga tidak mengganggu kinerja ponsel secara keseluruhan. 

Bisa dibayangkan bagaimana jadinya kalau semua proses tersebut dimunculkan ke tampilan layar pengguna, tentunya berbagai proses tersebut akan menggangu pemandangan (tampilan) dan saya yakin tidak semua pengguna akan tahu apa arti berbagai proses maupun script yang tampil dilayar tersebut.

Nah, dengan mengetahui apa itu proses di balik layer atau backgroud di ponsel android, sebaiknya juga pembaca wajib tahu apa dampak yang bisa dirasakan ketika terlalu banyak proses di background bagi sistem android, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Dampak terlalu banyak Aplikasi berjalan di Background android :

1. Ponsel akan Lemot atau melambat.


Hal yang paling banyak dirasakan oleh pemilik ponsel pintar android ketika banyak aplikasi yang berjalan di balik layar adalah kinerja ponsel yang menurun. Hal tersebut diakibatkan oleh bertumpuknya aplikasi yang berjalan tanpa anda ketahui.

Banyaknya aplikasi yang anda install di smartphone juga berpengaruh terhadap kinerja ponsel seccara keseluruhan dikarenakan di beberapa aplikasi tersebut akan menjalankan dirinya di background walau anda tidak membukanya.

2. Baterai Boros daya.

Berjejalnya aplikasi di background yang berjalan juga bisa menyebabkan asupan daya baterai ponsel berkurang dengan cepat.

mengapa demikian ?, hal tesebut dikarenakan setiap proses membutuhkan kinerja dari berbagai hardware yang ada seperti RAM maupun prosesor. Hardware tersebut membutuhkan asupan daya untuk menjalankan setiap proses yang diterima agar berjalan sebagaimana mestinya.

Jadi, untuk anda yang merasa baterai terlalu boros padahal tidak menjalankan aplikasi berat, silahkan periksa beberapa proses yang sedang berjalan di balik layar. Matikan saja beberapa aplikasi tersebut agar tidak membebani kinerja ponsel anda.

3. Ponsel Hang dan restart sendiri.

Proses di background yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan ponsel (layar) tiba-tiba tidak bisa digerakkan. Hal tersebut bisa diakibatkan banyaknya aplikasi yang sedang berjalan tanpa anda ketahui. Asupan RAM yang berlebihan menyebabkan kinerja chipset juga harus bekerja ekstra untuk menjalankan semua aplikasi tersebut.

Begitu juga reaksi yang bisa dilihat dari banyaknya proses di balik layer yaitu gejala ponsel tiba-tiba restart dengan sendirinya.

4. Ponsel cepat panas.

Apa hubungannya ponsel cepat panas dengan proses aplikasi yang berjalan ?, tentu ada, begini penjelasan mudahnya, ketika suatu aplikasi berjalan maka RAM, GPU, Prosesor dan hardware yang terkait dengan aplikasi tersebut akan melakukan kerja. Nah untuk berat tidaknya kinerja hardware tergantung dari script atau kode yang dijalankan oleh aplikasi. Semakin berat suatu aplikasi maka semakin berat pula kerja perangkat keras di ponsel yang mengakibatkan panas pada setiap komponen terkait.

Mungkin sekian dulu pembahasan tentang aplikasi atau proses yang berjalan di balik layer (background), semoga ada manfaatnya dan menambah wawasan bagi pembaca Dunia android semua.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...