*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» , , » Perusahaan Penyedia Jaringan 4G-LTE di Indonesia

Perusahaan Penyedia Jaringan 4G-LTE di Indonesia


Fourth Generation Technology atau singkatan 4G merupakan standar Generasi keempat dari teknologi jaringan Telepon selular. Dimana standar 4G yang sekarang dikomersialkan dan sudah menjadi standar Internasional adalah WiMAX dan LTE. Dimana di Indonesia sendiri WiMAX sendiri pertama kali dipasarkan dan diluncurkan oleh PT FirstMedia yang mempunyai merek dagang Sitra WiMAX. Lalu siapa saja Penyedia 4G LTE di Indonesia saat ini ?, simak yuk ulasannya admin Dunia Android di bawah ini.

Jaringan BTS selular

Pertama yang perlu diketahui para pembaca semua, bahwa Teknologi Pita Lebar 4G mempunyai kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi dan bagus daripada generasi sebelumnya yaitu HSDPA atau UMTS. Dimana kecepatan tinggi 4G bisa mencapai 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik di dalam maupun luar ruangan yang mempunyai kualitas keamanan tinggi serta premium quality.

Di Indonesia sekarang ini sudah banyak penyedia layanan 4G-LTE, yang mana beberapa operator selular juga tidak mau ketinggalan dalam melirik pangsa pasar smartphone yang sudah banyak mengadopsi sistem jaringan data 4G. mari simak beberapa operator selular dan penyedia jaringan 4G Indonesia di bawah ini.

Perusahaan penyedia jaringan 4G di Indonesia :

1. Telkomsel 4G-LTE

Operator selular terbesar di Indonesia, Telkomsel sudah melebarkan sayapnya ke dunia 4G setalah pertama kali melakukan uji coba jaringan 4G-LTE di Bali.

Dimana Frekuensi yang dipakai untuk mengoperasikan 4G Telkomsel adalah di 1800MHz. Setelah itu Bertahap perusahaan ini melebarkan sayap usaha LTE-nya untuk cakupan Jawa-Bali.

Para pengguna Lama kartu selular telkomsel yang ingin beralih dari 3G ke 4G diharuskan menukarkan ke gerai GraPARI untuk mendapatkan kartu pengganti (uSIM) tanpa merubah nomor Telepon yang sudah dipunyai.

Untuk pengguna baru dan mempunyai perangkat selular yang mendukung 4G juga harus menggunakan tipe uSIM dan mengaktifasinya untuk menikmati jaringan data tingkat tinggi Telkomsel LTE.

2. Sitra Wimax


Penyedia Layanan Broadband inilah yang pertama kali memperkenalkan teknologi 4G WiMAX di Indonesia di bawah bendera Lippo Group serta mempunyai merek dagang PT FirstMedia Tbk.

Perusahaan Sitra ini melakukan coverage area jaringannya di wilayah Jabodetabek, Banten, Provinsi NAD dan juga di Sumatera Utara.

3. BOLT Super 4G-LTE

PT. Internux sebagai pemilik merek dagang Bolt Super 4Gsudah beroperasi sejak tahun 2013. Dimana area layanannya untuk pertama kali di coverage area Jabodetabek yang mempunyai Potensi pangsa pasar konsumen sebesar 30-an juta pelanggan.

Untuk Teknologi, Bolt Super 4G menggunakan Pita lebar di frekuensi 2300MHz dengan sistem TDD-LTE (Time Division Duplex).

4. Indosat Ooredoo 4G

Indosat sebagai Perusahaan penyedia layana selular juga juga tidak ingin ketinggalan cakupan pasar 4G yang semakin hari semakin diminati.

Operasi LTE indosat sudah pertama kali diluncurkan sejak tahun 2014 setelah diuji coba di Jakarta pusat tepatnya pada 20 November 2014.

Untuk kecepatan Internet yang ditawarkan, pihak perusahaan mengklaim jaringan 4G-nya mampu menembus kecepatan Download dan Upload sebesar 185Mbps DAN 41 Mbps.

5. XL HotRod 4G-LTE

Pada Oktober 2013 Pihak XL sudah melakukan percobaan Jaringan 4G-LTE pertama kali ketika ada konferensi Tingkat Tinggi APEC di Bali.

Untuk melanjutkan kesiapannya menyediakan jaringan internet kecepatan tinggi, Pihak XL saat itu juga melakukan uji coba di kota kasablanka, XL Xplor Senayan City, Central Park, Euphoria Lounge Menara Prima dan Graha XL Oktober 2014.

Kecepatan 4G XL diklam mempunyai kecepatan tinggi sampai 100 Mbps.

6. Smartfren 4G-LTE

Smartfren yang sudah terkenal dengan jaringan EvDo-nya juga tidak mau kalah dengan rival bisnis lainnya dalam menyediakan pita lebar 4G.

Jumlah BTS Smartfren sudah ditargetkan bisa mencapai 6000 sampai 10 ribu BTS.

Demikian Info sekilas tentang beberapa perusahaan selular penyedia jaringan pita lebar 4G LTE di Indonesia. semoga bermanfaat untuk pembaca Dunia android semua, terima kasih.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...