*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» , » Apa itu pengertian MIUI di ponsel Xiaomi ?

Apa itu pengertian MIUI di ponsel Xiaomi ?


Apa itu pengertian MIUI di ponsel Xiaomi ?, Mungkin banyak pengguna android Produk Xiomi bertanya-tanya apa sebenarnya MIUI itu dan mengapa produk HP Xiaomi sering dikaitkan dengan kata MIUI?, Apakah MIUI itu aplikasi atau nama lain dari Xiaomi ?, untuk menjawabnya yuk ikuti ulasan singkat Dunia Android di bawah ini.
MIUI adalah perangkat Lunak milik vendor smartphone asal Tiongkok Xiaomi, dimana software ini ini lebih mirip seperti operating sistem yang berdiri sendiri di dalam suatu sistem yang ada yaitu Android.

arti MIUI di hape Xiaomi

MIUI sendiri sebenarnya merupakan alat pelengkap yang berdiri secara individu untuk melengkapi antarmuka sistem android, dimana apa saja yang di stok ROM android tidak ada maka MIUI yang akan mengisinya menurut plot yang diinginkan oleh vendor tersebut.

Seperti halnya antar muka iOS pada produk Apple serta TouchWis milik vendor Samsung, MIUI juga berfungsi layaknya dua sistem tersebut dalam kata lain sebagai alternatif antarmuka atau User Interface default Android.

Oleh sebab itu, sebagian pengguna android yang sudah pernah memegang ponsel dengan versi android 'murni' akan sedikit canggung dengan User Interface yang disuguhkan oleh antarmuka MIUI yang dalam pengertian mudahnya adalah Tema (Theme).


MIUI diprogram menggunakan sistem Pemograman C, C++ serta Java dengan jenis kernel Monolitik yang merupakan modifikasi dari Kernel milik Linux. MIUI juga mempunyai Lisensi Apache 2.0 serta Lisensi Publik Umum GNU v3.

Seperti diketahui bahwa ponsel Xiaomi dengan MIUI tidak menyertakan adanya layanan Google Play di perangkat yang digunakannya walau menjalanka sistem utama Android. Namun hal itu hanya berlaku di daerah pengembangnya, Tiongkok. Namun di Luar wilayah tersebut seperti Hongkong, Taiwan, India, Indonesia, Singapura, Malaysia dan wilayah luar Tiongkok lainnya karena tanpa adanya Google play tentu akan sangat sulit bagi Xiaomi untuk melebarkan sayap penjualannya di berbagai negara yang rata-rata sudah dikuasai oleh produk milik google seperti Playstore, Gmail, Google maps dan lain sebagainya.

MIUI sendiri berasal dari gabungan nama MI dan UI, yang mana MI biasa disebut sebagai Mobile Internet, seddangkan UI adalah singkatan dari User Interface (antar muka tampilan)

Pabrikan Ponsel Xiomi sendiri sudah banyak merilis beberapa versi MIUI yang biasa digunakan sebagai UI di gadget mereka, mulai MIUI versi 1 yang berjalan di android Froyo sampai MIUI 8 yang berjalan di sistem android versi 4 sampai versi 6 ( marshmallow).

Android Xiomi yang menjalankan MIUI Sebagai tema di perangkatnya juga didukung oleh market secara independen, namun kebanyakan pengguna android masih setia dengan market bawaan asli android yaitu Play Store.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...