*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» , , » Cara Buat charge HP Darurat dari Baterai ABC kecil

Cara Buat charge HP Darurat dari Baterai ABC kecil


Cara Buat charge HP Darurat dari Baterai ABC kecil, Mungkin Sobat Dunia android pernah berkeinginan utuk membuat sendiri alat pengisi daya baterai dari baterai kecil ukuran AA seperti merek ABC, Alkaline, Energizer dan sebagainya. Keinginan tersebut bisa muncul bila suatu saat nanti dalam keadaan darurat tidak ada sumber arus maupun powerbank sebagai pengisi baterai HP bahkan yang ada di sekitar hanya berupa baterai Jam dinding yang masih belum difungsikan, mubadzir kan kalau tidak dipakai untuk keperluan seperti melakukan charging ?

Pada dasarnya semua sumber arus listrik bisa untuk dipakai mengisi daya baterai asal menggunakan ukuran yang disarankan, baik itu nilai tegangan atau Ampere output untuk suplay arusnya. Nah, Baterai kecil seukuran AA atau sering dipakai untuk jam dinding maupun baterai mainan yang banyak dijumpai di toko terdekat rumah anda bisa digunakan sebagai alternatif alat pengisi daya baterai Ponsel.

cara buat powerbank dari baterai abc dan alkaline

Sebelum melangkah ke tutorial tentang cara membuat charge HP dari baterai ABC, perlu diketahui dulu bahwa pada prinsip dasar teori penyambungan baterai satu dengan yang lainnya haruslan sesuai dengan perhitungan dan penerapannya, Dimana nantinya akan admin jelaskan tipe hubungan baterai yang dipakai apakah serial atau paralel dan bagaimana perhitungan sederhananya.

Di dalam baterai kecil tipe AA bermerek ABC, Alkaline, sanyo dna lain sebagainya umumnya standar tegangan outputnya 1,5 Volt. Namun setiap baterai walau mempunyai tegangan yang sama namun berbeda satu sama lain dari besar daya yang dkeluarkan. Semisal Baterai kecil AA merek ABC mempunyai daya sebesar kurang lebih 400-600 an mAh dan untuk baterai bertipe alkaline mempunyai daya yang lebih besar sekitar 800an mAh Keatas makanya lebih tahan lama dalam pemakaiannya walau tegangan sama persis 1,5 Volt.

Sobat pembaca Dunia android juga harus memahami tentang tipe sambungan antar baterai yang dipakai seperti Serial atau Paralel, simak penjelasannya berikut ini:

1. Rangkaian Baterai Seri

Merangkai baterai secara berjajar seri akan menghasilkan nilai tegangan dari total baterai yang ada, sedangkan untuk total ampere-nya tetap, contoh ada 2 baterai yang masing-masing mempunyai voltase 1,5 volt 400 mAh maka bila anda melakukan sambungan seri di kedua baterai tersebut akan didapati output sebesar 3 volt 400 mAh. Bila dilihat maka tegangan merupakan penjumlahan dari total baterai yang ada, sedangkan untuk dayanya tetap tidak dijumlahkan.

Rangkaian seri baterai pasti sering anda lihat di peralatan senter, mainan anak, dan beberpa perangkat elektronika lain yang memang dalam pengaplikasiannya membutuhkan total tegangan dari beberapa baterai yang terpasang.


2. Rangkaian Baterai Paralel

Untuk rangkaian ini bisa dikatakan kebalikannya dari rangkaian seri diatas, dimana bila anda mempunyai 2 buah baterai seperti ukuran diatas dan disambung secara paralel nantinya hasil outputnya adalah tetap 1,5 volt namun dayanya menjadi dua kali lipat yaitu 800 mAh.

Nah, sesudah tahu bagaimana mengaplikasikan sebuah baterai untuk keperluan tertentu maka saatnya untuk melakukan praktek membuat powerbank atau charger HP dari baterai ABC, dimana dalam prakteknya nanti merek Baterai tidak harus terpaku pada ABC saja, anda bisa memakai baterai merek lain seperti Sanyo, energizer, alkaline dan sebagainya.

Praktek membuat charger HP dari Baterai ABC dan alkaline

1. Charge HP dari Baterai merek ABC tipe AA

charge HP dari baterai abc dan alakaline

- pertama siapkan dulu 8 buah baterai, mengapa harus 8 bukannya 4 ?, karena bila tetap menggunakan 4 buah baterai dan disambung secara seri nantinya ampere tidak mencukupi untuk melakukan charge dan tidak penuh-penuh walau di layar indikator sudah bergerak. Perlu diketahui bahwa jenis baterai alkaline lebih mempunyai nilai ampere tinggi daripada baterai ABC, makanya dari sisi harga memang terpaut jauh karena dari sisi pemakaian lebih tahan lama alkaline daripada ABC.

- sambungkan baterai sesuai dengan skema yang ada di gambar.


2. Charge HP dari baterai Alkaline

- Siapkan 4 buah baterai alkaline, mengapa hanya 4 tidak 8 ?, karena daya yang dihasilkan lebih besar dan mencukupi untuk melakukan pengisian daya baterai HP.

- sambung atau rangkai baterai seperti sekema atau gambar contoh.

Dengan menggunakan baterai sebagai alat pengisi daya Baterai HP tentunya bisa dipakai dalam keadaan darurat dimanapun anda berada walau tidak ada sumber Listrik atau tidak bawa powerBank buatan pabrikan. Smeoga tips diatas bermanfaat, bila ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar di bawah tutorial ini.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...