*Popular Topic*

Cara Melihat Kode batang QR akun WhatsApp

» , » Cara mengatasi keyboard android stopped / Macet

Cara mengatasi keyboard android stopped / Macet



Cara mengatasi keyboard android berhenti / stopped. Banyak juga pengguna android yang mengalami masalah dengan tampilan keyboard di layar yang salah satunya yaitu di layar muncul error seperti 'Unfortunately Android Keyboard(AOSP) has Stopped', yang mana ketika muncul peringatan tersebut dilayar maka keyboard tidak bisa digunakan untuk mengetik dan aplikasi terkadang juga ikut keluar dengan sendirinya. apa sebenarnya yang terjadi ?

cara keyboard android berhenti sendiri

Kata AOSP di dalam tanda kurung diatas sebenarnya bisa berlainan macam, tidak semua aplikasi keyboard berinterface AOSP seperti halnya di samsung Keyboard dan ponsel merek lainnya. Namun demikian hal tersebut hanyalah antarmuka perinngatan saja yang pada dasarnya inti dari masalah tersebut umumnya sama di android.

Mungkin hal paling menjengkelkan ketika sudah menulis pesan atau mau update status di medsos tiba-tiba keyboard macet tidak bisa digunakan mengetik huruf dnegan ditandari error notifikasi di layar.

Keyboard macet atau terhenti sendiri atau biasa disebut force close (berhenti paksa) tersebut bisa dikarenakan berbagai sebab seperti sistem yang bermasalah maupun antarmuka aplikasi yang error.


Mengatasi Keyboard Force Close

Lalu bagaimana cara mengatasi keyboard android yang tiba-tiba berhenti sendiri tersebut ?, simak beberapa tips di bawah ini :

1. Tutup aplikasi dan restart


Coba close aplikasi yang berjalan, semisal anda membuka aplikasi perpesanan dan tiba-tiba keyboar macet, silahkan tutup aplikasi dan buka kembali. Namun billa cara tersebut tidak bisa mengatasi silahkan restart ponsel anda.

2. Bersihkan Cache data

Bila keyboard android macet di sebagian besarr aplikasi yang terinstall di ponsel anda, silahkan bersihkan cache data di ponsel seluruhnya. caranya masuk ke menu pengaturan android > masuk ke penyimpanan > kemudian tekan 'cache data' , nanti akan ada peringatan apakah akan menghapus cache atau tidak, tekan saja yes.

3. Gunakan aplikasi Keyboard pihak kedua

Bila keyboard bawaan sering error, cobalah untuk mengunduh aplikasi papan ketik dari playstore atau market aplikasi lainnya. Ketika keyboard sudah disetel dengan default tampilan aplikasi yang terunduh dan ternyata bisa digunakan tidak error lagi maka sistem di keyboard anda memang bermasalah atau ada file yang corrupt

4. Reset Ulang


Ketika dengan menggunakan aplikasi pihak lain juga tidak mengatasi masalah keyboard macet maka yang harus anda lakukan adalah mereset ponsel ke setelan awal (factory reset).

5. Flashing firmware

Ketika semua opsi diatas tidak mengatasi masalah maka jalan saatu-satunya yang bisa anda tempuh adalah melakukan install ulang firmware OS android karena memang ada file program bawaan android yang sudah rusak.

Semoga tips mengatasi papan ketik android menutup sendiri atau error diatas bermanfaat untuk pembaca Dunia adroid semua.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...