*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» , , » 3 Cara UNROOT HP android semua Merek

3 Cara UNROOT HP android semua Merek


Melakukan Root atau masuk ke sistem android dalam mode administrator memang bisa mendapatkan semua fitur yang tidak bisa ditemukan di android bawaan Pabrik. Namun disisi lain ketika Sistem sudah dalam mode root dan pengguna sembrono menggunakan Ponselnya tentunya hal-hal yang merugikan bisa terjadi seperti android gampang disusupi virus, kesalahan menghapus file system penting, dan garansi resmi Ponsel sudah tidak berlaku lagi bila di klaim di penjualnya.

aplikasi untuk melakukan unroot

Bila dirasa setelah melakukan proses root dianggap terlalu riskan untuk keamanan ponsel maka sebaiknya dilakukan UNROOT atau mengembalikan sistem dalam keadaan normal dan terbebas dari mode administrator (root).

Sebenarnya ada berbagai cara untuk dapat keluar dari mode root, namun kali ini Dunia android akan memberikan 3 cara saja untuk UNROOT ponsel android semua tipe. Jadi apapun merek HP android anda, silahkan gunakan salah satu dari ketiga cara yang akan admin berikan di bawah nanti.

Sebelum melakukan proses unroot terhadap android anda, sebaiknya melakukan backup data penting, silahkan pindahkan data ke memori eksternal seperti SDCard, HardDisk komputer atau juga boleh di flashdisk via sambungan OTG untuk ponsel yang sudah mensupportnya.

3 Cara UNROOT android

1. UNROOT dengan Kingo Root PC


Untuk cara keluar dari mode root android ini adalah menggunakan aplikasi Kingo Root, dimana bila anda menjalankan aplikasi ini harus mempunyai perangkat PC. Di bawah ini langkah-langkah unroot menggunakan Kingo Root.

1. Download aplikasi Kingo Root setelah itu ekstrak di komputer, filenya : kingo root

2. Aktifkan fitur mode Debugging USB di HP android anda, umumnya letaknya di Pengaturan android > Developer Option > USB Debugging Mode.

3. Siapkkan kabel data dan sambungkan USB kabel ke PC dan Ponsel kemudian jalankan aplikasi Kingo Root di komputer

4. Tunggu aplikasi mendeteksi Ponsel anda, Nantinya akan muncul pesan yang menyatakan bahwa ponsel anda dalam keadaan Root, Nah silahkan klik pilihan 'remove root'

5. Tunggu sebentar selama proses sekitar 2-6 menitan dan proses keluar dari Root sudah berhasil, reboot android sobat.

2. UNROOT dengan SuperSU

Nah ini dia aplikasi yang banyak digunakan untuk proses unroot android, banyak sekali testimoni mengenai aplikasi satu ini, SuperSU memang banyak digunakan karena prosesnya mudah dan banyak sekali versinya sehingga mensupport banyak tipe android dan tanpa bantuan PC, Silahkan simak cara Unroot menggunakan SuperSU di bawah ini.

1. Unduh aplikasi SuperSU dari Play Store

2. Buka aplikasi SuperSU dan masuk ke opsi Setting

3. geser agak ke bawah layar dan temukan opsi 'Full Unroot', silahkan klik (tap) opsi tersebut, nantinya akan ada popup notifikasi persetujuan, silahkan klik saja 'continue'

4. Setelah itu aplikasi akan menutup dengan sendirinya dan lakukan restart ponsel

5. Langkah selanjutnya adalah lakukan unistall aplikasi SuperSU dan ponsel sudah tidak dalam kondisi root lagi.

3. UNROOT dengan Root Eplorer


Mengapa hanya menggunakan aplikasi explorer ?, kan ini hanya untuk mencari letak file ?, benar, namun aplikasi ini bisa mencari file dan folder bahkan menghapus file yang ada di dalam akar (root) sistem. Perlu diketahui bahwasanya ketika ponsel dalam keadaan root maka tercipta suatu file di dalam sistem, nah fungsi root explorer adalah bisa untuk menghapus file ini dengan mudah. namun tidak semua pengguna android tahu bagian file system aman yang harus dihapus dan tidak, maka nilai keberhasilan melakukan proses unroot dengan cara ini bisa dikatakan 70-90 persen saja, bahkan bisa full unroot kalau si pengguna tahu bagian mana yang perlu dimodifikasi.

1. Silahkan unduh dan pasang aplikasi file explorer di HP anda, aplikasi bisa didapat dari Play Store : Root Explorer

2. Jalankan aplikasi dan masuk ke tab root, temukan folder dengan nama 'system' dan buka folder tersebut

3. masuk ke folder 'bin' dan temukan file 'SU' atau bila tidak ada cari yang bernama 'busyBox', silahkan hapus file tersebut.

4. Setelah itu reboot ponsel anda, selesai.

Bagaimana mudah bukan cara melakukan UNROOT HP android dengan tips diatas ?, silahkan pilih aplikasi apa yang sesuai dengan selera untuk melakukan Unroot android, semoga bermanfaat.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...