*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» , , » Cara ganti ROM MIUI Xiaomi tanpa PC

Cara ganti ROM MIUI Xiaomi tanpa PC


Cara ganti ROM MIUI Xiaomi palsu tanpa Komputer - Banyak sekali saat ini distributor Xiaomi yang memasukkan ROM Xiaomi dengan ROM yang tidak asli dari Vendornya. Dimana banyak fitur dan aplikasi yang tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya karena firmware yang sudah dioboh sedemikian rupa oleh pihak Distributor. Bagi sobat yang punya HP Xiaomi namun tidak bisa berjalan dengan Normal ketika membuka beberapa settingan atau aplikasi tentunya harus melakukan Update atau penggantian ROM MIUI resmi dari produsen Xiaomi.

ganti rom firmware xiaomi

Xiaomi sebagai produk buatan Tiongkok yang saat ini sedang naik daun dan laris manis di pasaran tanah air membuat beberapa distributor nakal memasukkan firmware atau Custom ROM yang bukan bawaan pabrikan dengan berbagai alasan tertentu. Nah, dengan ulah para distributor tersebut tentunya konsumen yang tidak tahu menahu soal sistem di HP Xiaomi yang dibelinya tentunya akan bertanya-tanya mengapa ponselnya tidak sama kinerjannya dengan contoh milik teman atau kerabatnya walau tipenya sejenis.

Sebenarnya ada trik mudah untuk mengetahui apakah ROM yang ada di HP Xiaomi palsu atau tidak yaitu bisa dengan cara cek update Firmware Via OTA (OnThe Air), Bila tidak bisa diupdate walau koneksi internet lancar maka ROM xiaomi anda bisa dikatakan abal-abal.

Sekilas tentang ROM atau kepanjangan dari Read Only Memory, adalah tempat menyimpan memori sistem yang hanya bisa dibaca tanpa bisa dihapus oleh pengguna ponsel. File yang tersimpan pada Chip berbentuk IC tersebut berisi file Custom ROM atau Firmware yang berguna untuk menjalankan berbagai proses yang ada di sebuah smartphone dengan menggunakan yang namanya kernel sebagai akses Input-Outpunya (IO).


Cara ganti ROM HP Xiaomi tanpa Komputer :


Kembali ke pembahasan diatas, bagaimana cara melakukan Custom ROM atau mengganti ROM abal-abal dari distributor dengan Custom ROM asli dari pihak pabrikan Xiaomi, yuk simak caranya di bawah ini.

1. Kunjungi situs Xiaomi dari browser HP sobat di http://en.miui.com/download.html

2. Silahkan Download firmware dan letakkan file yang diunduh tersebut di internal memory ponsel atau phone storage, jangan letakkan di eksternal memori.

3. Silahkan masuk ke mode recovery, caranya masuk ke Tools > Updater > klik option (letaknya kanan atas) >> Reboot to Recovery mode

4. Setelah proses reboot maka di tampilan recovery mode layar touchscreen tidak akan bisa digunakan, caranya hanya bisa melalui tombol volume datas bawah untuk bergerak dan tombol power untuk memilih opsi. Silahkan pilih bahasa english kemudian pilih Wipe and reset

5. Pilih opsi wipe cache dan wipe user data, jangan memilih wipe all data yang akan menghapus file update.zip yang tadinya terunduh.

6. Setelah proses wipe berhasil kembalilah ke menu utama dan pilih install update.zip to system dan tekan YES, nantinya proses update akan dilakukan, tunggu dengan sabar dan pastikan baterai dalam posisi lebih dari 50 persen agar tidak mati di tengah jalan update.

7. Setelah update berhasil, reboot atau restart ponsel Xiaomi dan anda akan mendapatkan hasil system yang masih fresh seperti ponsel yang masih baru dengan ROM MIUI yang asli dan resmi.

Semoga tips tentang mengganti ROM abal-abal Xiaomi dengan versi resmi diatas bermanfaat untuk sobat pembaca Dunia android semua.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...