*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» » Apakah Virus Ransomware WannaCry menginfeksi HP Android ?

Apakah Virus Ransomware WannaCry menginfeksi HP Android ?


Cara mencegah Virus Ransomware WannaCry menyebar di HP Android, Pengguna HP android juga dibuat khawatir dengan munculnya Jenis Virus Ransomware WannaCry yang saat ini sudah banyak menelan korban pengguna PC Windows di berbagai Negara. Dampak Virus WannaCry diantaranya Beberapa Data dan berkas penting di perangkat Komputer target akan terenkripsi (terkunci) dan untuk membukanya si pembuat virus meminta imbalan berupa akun BitCoin.

ransomware wannacry di HP android

Walau saat ini belum ada laporan dari pengguna smartphone android atau tipe smartphone dengan sistem operasi lainnya yang terkena dampak virus WannaCry Ransomware namun bukan tidak mungkin si pembuat script virus WannaCry akan menyasar ke pengguna smartphone yang saat ini kepopulerannya melebihi pengguna PC.

Seperti diketahui, saat ini varian virus komputer berjenis Ransomware yang terkenal dengan sebutan WannaCry sudah membuat beberapa perusahaan keamanan cyber dan jaringan berkutat melindungi perangkat komputer penting perusahaan dari infeksi virus WannaCry yang terkenal ganas dan sulit dijinakkan bila sudah berhasil menginfeksi sistem Komputer korban.

Di indonesia sendiri virus WannaCry ransomware sudah menelan korban data penting jaringan komputer milik beberapa instansi dan Rumah Sakit, dimana komputer yang berisi berkas penting terinkripsi dan hanya meninggalkan pesan cara membuka file terenkripsi dengan beberapa panduan mendaftar akun Bitcoin serta mengirimnya ke pihak pembuat virus.

Virus Ransomware WannaCry menyusup ke sistem PC korban yang rata-rata menggunakan OS Windows buatan Microsoft. Memang dari jaman dulu sistem inilah yang sering dibuat buan-bulanan oleh penyebaran virus daripada yang menggunakan sistem Linux ataupun MacOS.


Lalu pertanyaannya apakah bisa virus RansomWare WannaCry menyebar ke HP android dan mengunci data yang ada ?, Jawabannya tentu bisa Ya ataupun bisa Tidak. Semua tergantung dari perilaku pengguna smartphone itu sendiri disamping nantinya kemungkinan besar ada script khusus virus WannaCry yang akan secara masif dan tertarget disebar ke pengguna smartphone android yang terhubung ke jaringan Internet.

Cara Virus WannaCry mengunci Data Android


Walaupun Ponsel android belum terinfeksi dan terdampak virus WannaCry, jangan pernah melakukan share data atau menghubungkan ponsel ke media Komputer yang sudah jelas terinfeksi ransomware ini karena ketika terhubung ke jaringan PC maka penyimpanan ponsel akan dikenali sebagai drive baru dan juga dianggap oleh sistem sebagai drive removable dan akhirnya virus ransomware WannaCry akan menginfeksi data yang ada di memori internal maupun eksternal ponsel.

Ketika kondisi PC masih terhubung ke ponsel dan virus ransomware sudah menginfeksi berkas di memori HP maka file dan folder akan terkunci serta tidak bisa diakses.

Pertanyaannya, bagaimana kalau Ponsel sudah dicabut dari komputer apakah data atau berkas di memori HP yang terinfeksi virus WannaCry sudah bisa dibuka secara normal ?, untuk saat ini belum ada laporan dari berbagai forum yang mencoba-coba melakukan percobaan menancapkan ponsel ke PC yang terinfeksi virus ransomware ini.

Namun perlu juga diketahui bahwa karakteristik umum sebuah virus atau malware yaitu jarang yang berjalan dengan lintas platform, maksudnya bila tadinya ponsel yang menancap di PC sudah terinfeksi maka ketika ponsel dicabut script induk virus yang ada di PC tidak akan lagi mengenali dan meng-handle data yang ada di Ponsel tersebut, dengan kata lain script dan ekstensi virus tidak akan bekerja di dua platform sekaligus karena memang berbeda karakteristiknya kecuali memang oleh si pembuat malware juga diinject script untuk lintas platform, namun hal itu jarang terjadi.

Cara mencegah HP Android terkena Ransomware WannaCry


Berikut ini ada beberapa tips yang sangat disarankan untuk mencegah masuknya berbagai virus yang bisa menginfeksi smartphone anda :


1. Berhati-hatilah ketika ingin mengkoneksikan ponsel dengan Perangkat komputer, cek dahulu apakah computer bersih dari virus atau tidak sebelum menghubungkan ponsel ke PC.

2. Selektif memilih Situs dan selalu berhati-hati ketika melakukan klik terhadap link URL atau tautan yang berisi kata-kata menjebak atau phising.

3. Ketika menerima Inbox di email yang tidak diketahui siapa pengirim dan memang anda tidak mengenalnya jangan pernah terpancing dengan link yang ada karena bisa saja tautan tersebut mengarah ke malware berbahaya

4. Ketika ingin mengunduh aplikasi pastikan market aplikasi yang terpercaya seperti playstore (google play) dan lihat pula review serta feedback dari para penggunanya sebelum melakukan unduhan.

5. Bila memang ponsel terindikasi terpapar virus atau malware dan memori ponsel tidak mencukupi untuk menjalankan program antivirus maka langkah paling bijak yaitu melakukan reset pengaturan ponsel ke mode default alias factory reset.

Mungkin sekian dulu pembahasan tentang dampak dan cara mengatasi Virus Ransomware WannaCry di HP android, semoga tips dan ulasan diatas bermanfaat.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...