*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» , » Mengapa Ponsel China bisa lebih murah, ini rahasianya!

Mengapa Ponsel China bisa lebih murah, ini rahasianya!


Rahasia Mengapa Ponsel China bisa lebih murah, Sudah Bukan rahasia umum lagi kalau produk smartphone buatan China dibenderol sangat murah dibanding vendor ponsel seperti samsung mauppun Apple. Bahkan saat ini deretan statistik produk china melenggang menempati urutan ketiga sampai urutan 10 setelah produk Samsung dan Apple, seperti produk asal Tiongkok OPPO, Xiomi, Huawei, Vivi, ZTE, Meizu, Lenovo serta TZL. Apa rahasia dibalik harga murah ponsel buatan china tersebut ?

rahasia ponsel murah china

Smartphone ciptaan China yang selalu diidentikkan dengan harga murah memang seakan menjadi primadona konsumen saat ini. Bagaimana tidak, ketika produk sekelas Samsung mengeluarkan gadget dengan harga selangit namun di sisi lain merek china juga menyainginya dengan harga jauh di bawahnya dengan spesifikasi yang sama bahkan lebih tinggi dari produk samsung.

Rahasia Ponsel Murah asal China


Seperti dilansir oleh media Propethacker, ada beberapa alasan mengapa gadget China lebih mendominasi pasar dengan harga murah, silahkan simak di bawah ini.

1. Bahan Baku Komponen melimpah

Di dalam suatu produksi gadget maupun jenis produk lainnya, yang namanya bahan baku adalah paling menentukan dari segi harga final yang dihasilkan. Lihat saja china, produsen ponsel tidak akan kesulitan mencari harga komponen murah karena memang bahan bakunya sudah tersedia melimpah di negeri tersebut.

Di China ada 16 bahan baku utama perangkat elektronik yang langka dari 17 jenis bahan yang ada di Dunia, oleh sebab itulah tidaklah janggal kalau harga produksi bisa ditekan karena vendor smartphone china tidak usah membiayai import barang dan jenis pengeluaran lain ketika mendatangkan komponen dari luar negeri.

2. Upah Pekerja yang Murah

Dalam suatu prinsip ekonomi juga disebuatkan bahwa Upah pegawai yang bisa ditekan seminimal mungkin bisa digunakan untuk menentukan harga jual produksi. China merupakan Negara dengan upah pekerja terendah di Dunia, oleh sebab itu produsen smartphone china juga dapat dengan mudah menentukan harga jual produksi gadget karena pengeluaran produksi bisa ditekan seminimal mungkin.

3. Online Marketing

Ini juga salah satu trik dagang pabrikan china saat ini, dimana mereka tidak akan banyak menghabiskan banyak biaya untuk membangun pusat layanan maupun gerai-gerai khusus di berbagai kota di dunia karena banyak mengandalkan penjualan maupun pre-order secara Online.

Pabrikan smartphone sekelas Apple maupun samsung banyak menghabisakan Dana untuk membangun brand produk mereka seperti Service Center, Toko dan layanan purna jual lainnya dibangun untuk memanjakan Konsumen. Lain halnya dengan produsen China, mereka tidak banyak mendirikan gerai maupun service center di beberapa tempat karena memang Penjualan Online lebih menjanjikan saat ini untuk meraup untung yang banyak dengan minim budget.

4. Spesifikasi Tinggi

Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa dengan spesifikasi tinggi yang sama dengan produk Samsung namun harga bisa jauh lebih murah, apakah ada penjelasan ddari segi kualitas komponen?, jawabannya adalah iya.

Contoh sederhana, walau konsumen melihat spesifikasi RAM besarnya sama antara produk china dengan produksi samsung, namun jangan salah menilai kalau kinerjanya sama, dimana dalam teknologi RAM kebanyakan produksi murah masih menggunakan versi DDR3 dan produksi harga mahal sudha menggunakan DDR4 terbaru yang lebih handal walau ukuran kapasitas sama.

Begitu juga dari segi kualitas komponen, tentunya orang yang sudah lama bergelut di perangkat elektronik akan tahu kualitas dari setiap komponen seperti Kualitas resistor, kondensator dan jenis lainnya yang mutunya baik atau dibawahnya.


5. Departemen R&D

Dari sisi kualitas Research and Development memang produsen china tidak banyak mengeluarkan inovasi terbarunya selain memproduksi massal ponsel berspesifikasi tinggi namun dengan fitur itu-itu saja.

Lain halnya dengan Pabrikan ponsel Mahal seperti Apple, Microsoft atau Samsung, mereka mengeluarkan banyak dana untuk mencari ide terbaru dan unik sehingga ketika dipasarkan akan menaikkan harga jual tinggi.

6. Biaya Marketing Murah

Untung Rugi dari produksi smartphone juga dipengaruhi bagaimana cara marketing mereka. Sebut saja Xiaomi, produk China ini terkenal sebagai produsen harga ponsel yang murah meriah dan berspesifikasi tinggi tanpa banyak mengeluarkan dana marketing yang luar biasa besar karena memanfaatkan jaringan pemasaran internet.

Hal tersebut akan lain hal dengan vendor berbanderol tinggi, mereka menghabiskan biaya banyak seperti pembuatan iklan TV, Berbagai sponsor bahkan biaya sewa bintang iklan mahal mereka pakai untuk menanam brand sekaligus promosi.

7. Disukai Penjual Lokal

Mungkin anda pernah melihat betapa menjamurnya toko-toko penjual smartphoen bertebaran di beberapa tempat dengan memajang logo Khusus serta alat display dengan nama brand ponsel tertentu, Ambil contoh OPPO, gera besar maupun kecil saat ini banyak menggunakan logo mereka sehingga image pembeli setiap saat akan terpatri ke merek tersebut.

Begitu juga dari sisi Bonus yang diddapatkan penjual, banyak produk ponsel china yang menawarkan nilai kulakan lebih menggiurkan daripada produk branded sekelas samsung, Nokia maupun Apple. Dengan potongan harga yang besar dari pihak suplier maka penjual akan berlomba-lomba menawarkan produk china tersebut daripada produk mahal dagangannya.

Nah, mungkin itu dulu pembahasan Dunia android kali ini tentang mengapa ponsel china lebih murah dibanding produk lainnya, semoga bermanfaat.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...