*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» , » Apa itu Efek Bokeh dan Light Painting di Fitur Kamera HP?

Apa itu Efek Bokeh dan Light Painting di Fitur Kamera HP?


Smartphone saat ini sudah banyak dibekali dengan fitur kamera yang bisa menciptakan efek-efek layaknya kamera DSLR seperti Efek Bokeh, Lukisan cahaya HDR, Watermark dan lain sebagainya, dan saat ini fitur kamera ponsel yang paling ngetrend adalah bisa menciptakan efek bokeh dan juga jepretan light painting, apa sih maksudnya kedua fitur itu ?

apa itu efek bokeh ?

Istilah Wide Aperture

Di dalam dunia seni fotografi pastinya tidak lepas dari yang namanya Wide Aperture, kalau istilah umumnya Lens Aperture atau Bukaan Lensa. di kamera yang dilengkapi dengan Lensa manual atau semi manual, bisa menciptakan jepretan image yang fokus pada salah satu benda dan image di sekitarnya akan terlihat blur, kalau jaman sekarang sering disebut sebagai efek bokeh.

Masih soal Lens Aperture, semakin kecil angkanya maka semakin besar pula bukaan lensa. Untuk menghasilkan efek blur di sekeliling objek karena memang ingin menjepret secara terang salah satu objek maka bukaan semakin besar yang ditandai kecilnya angka, depth field atau Ruang tajam yang semakin sempit maka efek bokeh akan semakin berpeluang tercipta.

arti bukaan lensa

Arti Efek Bokeh

Jadi Efek Bokeh merupakan teknik memotret dengan mengatur bukaan lensa di fitur kamera smartphone atau gadget lain yang ingin menonjolkan image dan gambar di samping serta belakang terlihat blur alias remang-remang.


Contoh penggunaan di smartphone yang mempunyai bukaan f/2.2, maka ada rentang cukup lebar bagi pengguna untuk memilih efek bukaan yang dihasilkan untuk menciptakan image bokeh, dimana pengguna kamera ponsel bis amemanfaatkan rentang nilai bukaan lensa mulai dari f/0.95 sampai f/16. Semakin kecil nilainya maka latar belakang image yang dipotret akan semakin kabur, begitu pula sebaliknya.

Efek Light Painting

Mungkin Pembaca Dunia Android pernah melihat ada foto yang menampakkan kilatan cahaya lampu mobil yang terihat menarik seperti efek di film the flash?, itulah salah satu hasil dari fitur kamera light painting alias efek lukisan cahaya.

Bila di menu kamera smartphone anda ada pilihan mode Light painting maka dengan mudah fitur tersebut bisa anda gunakan untuk memotret benda bergerak yang mempunyai sorot lampu sehingga nanti hasil foto akan terlihat benda seperti ada kilatan cahayanya.

Untuk menghasilkan efek light painting disarankan menggunakan tripod agar ketika melakukan pemotretan nantinya pnsel tidak bergerak selama proses penyimpanan data, mengapa demikian?

Sebenarnya cara kerja efek lukisan cahaya pada kamera berkat kerja sensor kamera yang secara terus menerus dan dengan kecepatan tinggi merekam image dan kilatan cahaya sehingga menghasilkan frame demi frame yang nantinya bila digabung bisa mencipta hasil efek cahaya yang bersambung, itulah sebabnya mengapa harus pakai tripod ketika melakukan pemotretan agar hasilnya bisa maksimal dan lighting akan terlihat halus dan bersambung.

Nah, sudah siap mempraktekkan pemotretan dengan efek Bokeh dan efek light painting di kamera smartphone sobat?, semoga tips diatas bermanfaat.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...