*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» » Jutaan Ponsel Android terinfeksi Malware Judy asal Korea

Jutaan Ponsel Android terinfeksi Malware Judy asal Korea


Lagi-lagi Dunia sistem Android dibikin heboh dengan dikemukakannya laporan keamanan tentang terinfeksinya 36,6 Juta lebih pengguna smartphone android yang terinfeksi malware bernama Judy. Dimana laporan resmi telah dikeluarkan firma keamanan Checkpoint dan menyebutkan bahwa ada beberrapa aplikasi Dari play store yang menyebabkan penyebaran malware tersebut.

jutaan pengguna android terinfeksi malware judy

Dilaporkan ada 41 aplikasi yang diterbitkan oleh Enistudio Corp yang pengembangnya dari Korea yang telah digunakan oleh jutaan pengunduh dan pengguna Android serta malware yang berjalan didalamnya telah melakukan aksi dengan mengarahkan aplikasi agar melakukan klik iklan palsu sehingga pengembang mendulang keuntungan dari nilai klik yang didapat jutaan penggunanya.

Menurut Pihak Checkpoint, bahwa penemuan penyebaran malware Judy adalah yang terbesar terjadi selama ini dan bisa lolos dengan mudah ke jutaan pengguna aplikasi dari play store. Menurutnya, pihak Play Sudah dengan sigap menghapus aplikasi tersebut dari Google play setelah mendapat laporan resmi tersebut.

Dari sejumlah 41 aplikasi yang ditemukan mengandung malware tersebut, ada salah satu yang berbahaya yaitu 'Judy' yang ada dalam aplikasi Gim dan berjudul 'Judy'. Cara kerja malware tersebut yaitu ketika pengguna android melakukan unduhan dan menginstall aplikasi ke ponsel mereka maka secara otomatis pula malware akan terunduh tanpa diketahui pengguna dari server non google.


Malware Judy sendiri akan mengumpulkan informasi pengguna seperti Nomor telepon yang didaftarkan di aplikasi Gim dan akan disalah gunakan untuk melakukan klik iklan google dan tentu saja si pembuat malware akan mendapat keuntungan besar dari nilai klik yang dilakukan otomatis tersebut.

Baca juga :

Nah, untuk menghindari berbagai malware masuk ke smartphone android tentunya cara paling mudah dilakukan yaitu selektif memilih aplikasi yang ingin diunduh dengan melihat segi pengembang dan feedback dari beberapa penggunanya.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...