*Popular Topic*

Cara Melihat Kode batang QR akun WhatsApp

» , » Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?



Bicara mengenai Reset dan flashing ulang ponsel android memang bagi sebagian pengguna smartphone ini sungguh 'momok' yang menyebalkan dan sebisa mungkin menjauhinya. Mengapa demikian?, karena kalau sudah ada mendengar kata reset dan flash tentunya akan terfikir dibenak pengguna android nantinya semua data akan hilang dan harus melakukan settingan ulang yang memakan banyak waktu.

Kapan HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

Tidak hanya di Dunia Smartphone, di Sistem Komputer juga demikian halnya kalau sudah bicara tentang install ulang sistem atau setidaknya melakukan repair sistem, memang suatu pekerjaan yang sebisa mungkin dihindari oleh pemiliknya namun juga terkadang harus siap melaluinya untuk menjaga performa perangkat tersebut agar selalu bisa digunakan.

Reset ulang ke pengaturan awal atau sering dinamakan factory reset memang sudah disediakan opsinya di menu security sebagai alat untuk memulihkan sistem yang sedang bermasalah. Beda dengan Flashing, kalau opsi yang satu ini tidak akan anda temukan di menu android atau smartphone manapun karena memang fungsi flashing ulang merupakan opsi untuk menginstall kembali sistem operasi dengan firmware yang marih fresh sehingga sistem kembali sehat seperti sedia kala.

Beda mendasar antara reset ulang settingan dengan flashing yaitu bila anda melakukan factory reset maka tidak menutup kemungkinan masih ada masalah di sistem, namun kalau melakukan flashing ulang maka besar kemungkinan untuk memulihkan semua error yang ada karena sudah dimasukkan firmware yang fresh.

Setelah mengetahui secara garis besar reset dan flashing ulang di smartphone, kini saatnya membahas topik utama diatas yaitu kapan kita harus melakukan reset dan kapan harus melakukan flash ulang sistem operasi android, yuk disimak jawabannya di bawah ini.
Kapan harus Reset Ulang Android ?

1. Aplikasi Bermasalah

kapan harus flashing ulang android

Bila suatu saat anda merasa ada satu atau beberapa aplikasi bermasalah namun tidak menemukan persisnya apa nama aplikasi yang anda maksud maka melakukan reset ulang settingan android adalah suatu pilihan yang tepat agar nantinya sistem bisa berjalan kembali seperti sedia kala.

2. Sistem Lambat / Lemot

Jika merasakan ponsel anda terasa berat walau sudah membuang beberapa aplikasi dan juga tidak dalam posisi membuka aplikasi yang membutuhkan asupan RAM yang besar maka sesekali melakukan reset ulang settingan bisa mengatasi masalah tersebut

3. Jaringan Selular Error

Masalah jaringan selular dari kartu SimCard yang sering bermasalah seperti putus nyambung, sinyal jelek padahal dekat dengan antena BTS, Simcard kadang terdeteksi kadang tidak dan lain sebagainya bisa diatasi dengan melakukan reset ulang untuk memulihkannya

4. Jaringan Data Internet Error

Selain mengatasi jaringan selular yang trouble, reset ponsel juga bisa memperbaiki adanya problem pada jaringan data Internet seperti internet gampang putus, jaringan tidak stabil, sinyal Data mati-hidup dan lain sebagainya.

5. Jaringan WiFi bermasalah

Ketika mengalami gangguan pada fungsi jaringan Wifi seperti tidak bisa di hidupkan, sulit terhubung ke penyedia jaringan (hotspot) dan kasus lainnya maka coba lakukan reset ulang

6. Indikator baterai tidak presisi

Reset ulang juga bisa mengatasi adanya gangguan kesalahan pembacaan pada indikator status baterai

7. Ponsel restart sendiri



Ketika mengalami gangguan seperti ponsel selalu tiba-tiba restart sendiri padahal tidak sedang menjalankan aplikasi cobalah melakukan reset ulang pada ponsel anda

8. Tidak mau install aplikasi

Pernah mengalami tidak dapat mengistall aplikasi, baik dari play store maupun dari file APK padahal space memori internal masih banyak?, silahkan lakukan reset pada smartphone untuk mengatasinya

9. Fungsi tombol

Adakalanya ketika ada beberapa fungsi tombol atau menu di smartphone tidak bisa digunakan secara normal maka melakukan reset juga menjaddi alternatif pertama mengatasi masalah tersebut.

Kapan harus Flashing ulang Android?

Nah, setelah mengetahui beberapa jawaban diatas mengenai kapan harus dilakukan reset pada smartphone maka untuk jawaban yang terakhir ini sangatlah simple yaitu ketika semua opsi diatas tidak bisa mengatasi masalah maka opsi terakhir yaitu melakukan flashing ulang terhadap smartphone agar file sistem yang bermasalah bisa ditambal dengan file(firmware) yang baru.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...